6 Maret 2011

Solusi game yang hang di OPL

Kehadiran OPL Open PS2 Loader, kayaknya sebentar lagi akan menggusur HDLoader. Saat ini pun sudah banyak pemilik PS2 rental yang berpindah dari HDLoader ke OPL. Bahkan hampir semua PS2 yang memakai USB (tidak pakai network) menggunakan OPL.

OPL dapat digunakan pada HDD internal, menggantikan HDLoader. Format game sama antara OPL dengan HDLoader. Pada HDD internal (pakai network adapter, alasan utama harus berpindah ke OPL adalah:
  • Adanya game yang hang di HDLoader tetapi dapat jalan dengan mulus di OPL. Contohnya Captain Tsubasa. Dan hampir semua game yang jalan di HDLoader dapat dijalankan lewat OPL.
  • OPL masih terus giat dikembangkan, berbeda dengan HDLoader yang sudah pada posisi tak ada lagi yang harus dikembangkan.
  • Adanya versi OPL child proof, yang cocok buat pemilik rental.
  • Customisasi tampilan lebih menarik, ada cover art, cover icon, background yang dapat berubah-ubah.


Meski demikian, juga ada beberapa kekurangan OPL dibanding HDLoader (PS2 HDD internal):
  • Tombol child proof yang setengah hati, tombol 'start' dan 'segitiga' masih berfungsi.
  • Saat reset, bila pada slot 1 mmc terpasang mmc maka OPL akan langsung masuk menu setting, karena OPL membaca konfigurasi OPL ke mmc1.


Mengingat OPL masih giat dikembangkan, mudah-mudahan kekurangan di atas sudah tidak ada pada versi-versi yang akan datang.

Beberapa hal yang harus diperhatikan, supaya game jalan di OPL :
Pertama. Gunakan mode kompatibilitas.
Sebagai contoh : game rumble racing mode 7, dinasty warrior 6 mode 5.
Kedua. Perhatikan id game.
Maksud id game yaitu SLUS, SLES, dll. Saat install game lewat winhip bisa terjadi id game tidak sesuai. Misal 'mortal combat shaolin monk' id game seharusnya SLUS_210.87, tetapi bila kita install dari file iso maka id game yang muncul saat install pakai winhip adalah SLUS.211.89; Maka id game ini kita edit, dirubah ke yang benar yaitu SLUS_210.87.
Ketiga. Install dari game yang belum diedit (asli)
Game yang diedit (dihilangkan atau dikompress videonya) kadang tidak jalan di OPL. Misal 'smackdown here comes pain' yang diedit (video dikompress) tidak berhasil jalan di OPL.
Keempat. Coba rebuild kembali file ISO.
Sebagai contoh, file iso 'Teken Tag Tournament' langsung diinstal pakai winhip tidak jalan. Lalu saya coba extrax file isonya, lalu dengan CDVD Generator saya buat file iml, lalu dengan UltraIso saya compile menjadi ISO lagi. Dan hasilnya setelah diinstall pakai winhip dapat jalan dengan baik di OPL.

Begitulah yang saya tahu, mungkin ada yang mau nambah silahkan.
semoga bermanfaat. Selamat ber-OPL-ria.

138 komentar:

  1. bagaimana caranya kita tau id game yg seharusnya?mohon petunjuknya...bila tidak keberatan tolong kirimkan list id game nya ke banehelow02@yahoo.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. artikelnya sangat lengkap gam, mampir juga ke blog ane ya
      http://idcheat.com/2016/03/playstation-2-sistem-hdloader-vs-open-ps2loader.html

      Hapus
  2. Ambil contoh game Mortal Combat Shaolin Monk, buka file "system.cnf" dengan notepad. Terlihat text "BOOT2 = cdrom0:\SLUS_210.87;1". Jadi id game = SLUS_210.87

    BalasHapus
    Balasan
    1. apa semua game sama menggunakan id game = SLUS_210.87 ??

      Hapus
  3. Gimana agar game yang sudah jalan di OPL macet-macet?

    BalasHapus
  4. Pakai OPL lewat USB, game sering macet bisa disebabkan power suply untuk hdd kurang mencukupi, atau fragmentasi data.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gan ane mau nanya ni,saat isi game di winhiip kok drive ps2 saya kebaca sama winhiip nya tlong pencerahannya gan

      Hapus
    2. Mksud ane gak kebaca

      Hapus
    3. Format dlu hdd nya gan pake winhiip

      Hapus
  5. kesalahan game terfragmantasi, itu giomana bos?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Defrag aja mas usb flashdisknya....search di google aplikadi defragment nya...

      Hapus
  6. maksud fragmentasi, karena proses hapus game dan install game, satu game tersimpan pada hdd pada beberapa sektor yang berbeda. DENGAN istilah lain tidak menjadi satu kesatuan

    BalasHapus
  7. ane butuh panduan install opl ni. kemana ya?
    send ke email obiedlabs@live.com

    BalasHapus
  8. panduan OPL klik di http://opl.sksapps.com

    BalasHapus
  9. ps2 mania lam kenal. aku pakai opl yg di bakar ke CD bersama u launch nya,jd aku jalankan opl pakai optik. pertanyaanya.. bs gk tema opl ku di gonta ganti seperti opl versi free mc boot?game downhill kok gk jalan di opl 0.7/8?tolng d jwb.xman_bengkulu

    BalasHapus
  10. Program OPL membaca tema, lebih dahulu mencari data tema di USB, bila usb tidak ada baru membaca dari memory card, bila mc tidak ada lalu ke hdd internal. Jadi tema OPL hendaknya disimpan ke usb atau mc. Game downhill jalan di opl, baik yang lewat USB maupun hdd internal. Yang lewat usb, game downhill pakai yang masih aslinya dari dvd (belum dipatch). Kalau lewat hdd internal, game harus dipatch seperti halnya pada hdloader.

    BalasHapus
  11. bisa gak opl baca tema yg kita simpan di cd/dvd. soalnya aku jalankan opl pake cd.thanks game downhill nya.ada yg tau gk cara benerin port 1 stik yg rusak. jadi kl stik dimasukan ke port 1 gk bisa tp kl di masukan di port 2 bisa.

    BalasHapus
  12. OPL tidak bisa baca tema lewat CD/DVD. Lahirnya OPL dari sononya memang dimaksudkan untuk dapat mainin game PS2 TANPA MEDIA OPTIK. SLot 1 tidak detect, coba slot dan ic dekat kabel konektor dibersihkan dulu, kalo tetap gak bisa ya slot stick minta ganti. Harganya mungkin sekitar 40-50 ribuan

    BalasHapus
  13. Kenapa dlam setengah permainan tiba tiba permainan macet?itupun keseluruhan dari semua game game yang ada?apa penyebabnya,dan bagaimana cara mengatasinya?
    trimakasih untuk solusinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. install an game nya ada kesalahan...
      persis pny ane....

      Hapus
  14. Pada PS2 yang pakai HDD lewat USB, power suply untuk hdd bila dayanya kurang bisa menyebabkan pembacaan data pada hdd jadi terganggu shg game macet. Atau mungkin hdd sudah ada bad sector

    BalasHapus
  15. Hentai-samaMei 29, 2012

    mas admin mau tanya, gimana cara menggunakan codebreaker di OPL?

    BalasHapus
  16. Coba klik di http://rubenps2.blogspot.com/2011/06/codebreaker-untuk-pengguna-opl.html

    BalasHapus
  17. gan klo ngisi game OPL pke aplikasi apa? pke WINHIPP bisa gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. OPL dipakai di HDD internal, yg pakai network adapter, install game memakai winhip. OPL dipakai lewat USB, instal pakai USButility

      Hapus
  18. om admin, caranya instal Ulauncer di mmc ps2 gmana caranya? jdi gk usah pke disk lagi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. PS2 sdh pakai IC matrik apa belum? Kalo sdh pakai matrik cukup dgn file Ulauncer direname jadi BOOT.ELF (huruf besar), paste ke mmc ke direktori BOOT. Jadi di mmc:\BOOT\BOOT.ELF cara jalanin waktu masih keluar logo matrik tekan&tahan RI di sticknya. Kalo belum pakai matrik pakai FreeMC. Udah gitu aja dulu, kayaknya perlu posting tersendiri utk jelasin

      Hapus
  19. gan...
    solusi untuk hdd lewat usb supaya lancar terutama berkaitan dengan power supply/daya gmn y gan?
    thx b4
    O iya gan masalah mode kompatibilitas itu kita tahunya dari mana ya? koq bisa tahu rumble racing mode 7 dll...
    thhx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mode kompatibilitas saat di menu pilih game pilih rumble racing kemudian tekan segitiga kmdian set di mode 7 jadi on terus jngn lupa di save

      Hapus
  20. Pakai power supply punya Komputer. Tahu mode asalnya dari trial dan error (coba-coba).

    BalasHapus
    Balasan
    1. Power supply computer?? prakteknya gmn gan?
      btw thx responnya he he...

      Hapus
    2. Power supply komputer kan ada socket utk power hdd, itu yang dipakai. Caranya pin PS_On (kabel warna hijau) dihubungkan dengan pin Ground (hitam). Spy lebih jelas coba googling gambar "pinout pc power supply", nanti akan tahu mana yang kabel PS_On dan Ground.pinout pc power supply

      Hapus
  21. gan apa bsa maenkan game ps2 lewat flashdisk ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa. Sesajen yang harus disiapkan :
      1. Consol PS2 itu sendiri
      2. Memory card
      3. Software FreMC
      4. Software OPL
      5. PC dengan sofware USB utility, utk install game ke flash disk.

      Hapus
  22. gan, opl q kok gak bisa ganti tema ya... pdhl di hdd/fd udh di kasih THM.... dah msuk seting display, yg ada cuma tema opl doank.. kira" knpa ya...

    BalasHapus
  23. Waktu masuk setting, tema OPL yg dibuat sudah muncul apa belum, terus jangan lupa disave. Periksa lagi gambar background yg dipakai, format gambar (ukuran dan jenis file) sdh betul apa belum.

    BalasHapus
  24. mksh sblumya dh ditanggpi pertanyaan sya.. waktu msuk seting yg ada cuma tema gak sa di ganti2, klo format jpg, dgn nama background di folder thm, klo ukuran dah di kompres sekecil mkin... kra2 hnya 26 kb aja... sya pke opl vo.8

    BalasHapus
  25. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  26. gan kok game ane banyak yg ga jalan yaa? ane masih awam banget (ps2 fat hdd usb seri 18xxx)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak penyebab game tdk jalan :
      1. Game tidak kompatible
      2. Perlu pakai mode tertentu (OPL)
      3. Fragmentasi data hdd
      4. Power suply ke hdd tidak mencukupi
      Perlu dicari dulu penyebabnya apa

      Hapus
  27. gan ada solusi untuk game we 10 yang sering macet di opl 08? padahal hardisk sudah saya defrag, semua game yang macet sudah bisa jalan lagi tapi untuk we 10, kok masih saja macet...saya sudah ganti game we 10 yang baru tetep masih sering macet juga,...gi mana gan ada solusinya gak,...mohon di bantu, makasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba hapus beberapa game shg tersisa space di atas 5GB (lebih besar lebih baik), instal WE10 lalu defrag. Selanjutnya bisa install game yg lain.

      Hapus
  28. udah gan malahan saya pakai hardisk baru saya isi cuma winning eleven,...macetnya pas buat main, setelah 2jam-3jam. kadang macet, kadang tidak, kira2 apanya yang bermasalah ya gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Power supply utk hdd bisa dijadikan tersangka utama

      Hapus
    2. Jangan lupa kunjungi http://wira-reload.blogspot.com/ Yg perlu pulsa, voucher game, pulsa PLN, pembayaran online.

      Hapus
  29. power supply dan sambungan usb to ide-nya juga baru saya belikan gan, wah pokoknya pusing ni mikirin opl

    BalasHapus
  30. mw tanya ne,.
    hddisk ps2 q g detek stelah aq format hddisk, tpi sebelum d fotmat, enak2 ajha haddisknya,..
    tologn solusinya donk

    BalasHapus
  31. Supaya PS2 dapat mengenali Hdd harus dalam format FAT.

    BalasHapus
  32. om wira salam kenal,
    ane punya masalah game tidak keluar saat akan dimainkan menggunakan flashdisk (list gameny terbaca di usb advance) penyebabnya apa ya, saya pake ic matrix 5.0 ps2FAT seri 3000x tks

    BalasHapus
  33. Tidak semua game support usb advance, untuk compatibilitas OPL lebih baik dari usb advance. Game tidk jalan semua atau game tertentu saja. Kalau hanya game tertentu kemungkinan karena tidak compatibel, atau fragmentasi data

    BalasHapus
  34. Gan ane mau tanya, Star Ocean Till the End of Time, kompabilitasnya di OPL yg mana gan? thx

    BalasHapus
  35. mas bagai mana cara atasi bila fil game tidak bisa tampil di list game

    BalasHapus
  36. Assalamualaikum?
    permisi mau tanya
    kenapa settingan di OPL saya tidak lengkap ya?
    di sini cuma ada About,exit,n power off doang.
    kenapa ya? tolong jwabanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. OPL ada yg versi child proof, ada menu-menu yang dimatikan. Cocok dipakai di rentalan sehingga setingan tidak bisa dirubah oleh pemain

      Hapus
    2. Cara Memuluhkanya gimana ya?
      trus ada juga beberapa game yg gak jalan, kya The warriors,Spongbob the movie, DLL.. apa HDD hmpir penuh bisa jadi penyebabnya?

      Hapus
  37. Mau tanya kalau game nya itu gk jalan tapi game nya tersebut sudah di defragmenter itu bagaimana y ????

    BalasHapus
  38. Mau tanya kalau game nya itu gk jalan tapi game nya tersebut sudah di defragmenter itu bagaimana y ????

    BalasHapus
    Balasan
    1. Game yg tidak jalan di OPL
      1. Dicoba mode compatibilitas
      2. Hdd perlu diDEFRAG
      3. Game tsb tidak suport di OPL

      Hapus
  39. cara setting mode compatibilitas gimana mas?pake pc atau lwat ps2 lngsng.mhon d jwab.oh ya sm game hitam putih thu kenapa ea?

    BalasHapus
  40. Pakai hdloader, setting kompatibilitas bisa lewat pc (winhip) maupun di ps, tapi kalau lewat ps2 hdloader menu select tidak disable (waktu bikin patch lewat HDLpatch GUI). Untuk OPL, seting kompatibilitas lebih mudah lewat ps2nya.

    BalasHapus
  41. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  42. gan ps2 ane ngak bisa booting/blank saat pertama di hidupin,entah itu pakai OPL maupun pakai Optik gan, kadang bisa,dak sampek 1 menit ngeblank lagi gan.
    mohon pencerahannya gan

    BalasHapus
  43. boss mau tanya klo game ps2 pakek flasdisk 32gb trus saya isi 5 game tapi cuma bisa 2 game yg bsa di mainin..udah saya defrag tapi masih tetap macet knpa ya...mhon bantuanya...

    BalasHapus
  44. Sistem usb sebaiknya memakai OPL karena kompatibilitas lebih baik. Tidak semua game berjalan di OPL, dicoba mode2 kompatibilitas (1-7) bagaimana hasilnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada masalah mengenai saat pengisian game di usb utill, setelah game di add saya coba tekan ctrl+u atau dipilih strukture checkup justru data tidak dalam keadaan ok. muncul tulisan zero. kira-kira kenapa itu boss?

      Hapus
  45. ada masalah mengenai saat pengisian game di usb utill, setelah game di add saya coba tekan ctrl+u atau dipilih strukture checkup justru data tidak dalam keadaan ok. muncul tulisan zero. kira-kira kenapa itu boss?

    jawaban dikirim aja ke facebook https://www.facebook.com/abu.zulkarnain.12?ref=tn_tnmn

    BalasHapus
  46. ikit nanya..kenapa ya waktu mau instal game ke hdd or flash pae usbutil selalu error in system.cnf.non readable or in not well....itu kenapa ya....

    BalasHapus
  47. kenapa game guitar hero tidak jalan di opl??

    BalasHapus
  48. kalo game yang tipenya bukan iso bisa jalan di opl gak mas??

    BalasHapus
  49. mas,saya main game GOW1,ditengah permainan gamenya gak jalan/macet,permasalahannya dimana ya?Apa file gamenya corrupt?atau OPL 0.9 nya gak compatible?sya pake ps2 slim versi 7000,dgn menggunakan Flashdisk.Mohon pencerahannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. instal game yg masih full, bukan yg sudah dikompress. Kalau game msh aslinya (blm dikompres) ukuran sekitar 4gb

      Hapus
    2. file isonya copya dari kaset apa download di internet? biasanya klo dari kaset, filenya memang korup dari sononya

      Hapus
  50. master tolong pencerahan.a..
    aku pake matrik,trus sbagian besar game ku hitam putih..
    itu gmna master,
    tolong ya..

    BalasHapus
  51. ane butuh bantuan.... ane salah setting gan.... yang tadi nya harus nya "USB GAMES" ane ubah jadi "HDD GAMES" ane udah nyoba balikin lagi k setting awal tapi hhd eksternal ane malah jadi ga jalan. mohon bantuan cara ngubah nya lagi..... thnx

    BalasHapus
  52. ane butuh bantuan,gmn ya caranya isi game agr muat banyak ke flasdis 16gg.dah aku cb cuma muat 5 game,sementara klo aku liat punya kwn muat sampai 24 game

    BalasHapus
    Balasan
    1. cari game yg size filenya kecil2

      Hapus
  53. gan, ane udah isi game pakai usbutil, terus waktu dipasang di PS nya ada muncul lingkaran 4 biji, didalamnya tanda tanya gan.?
    itu knapa ya gan,? mohon penjelasannya gan,
    terimakasih gan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ituv belum ada file system nya. download aja di internet. banyak kok

      Hapus
  54. Mode GTH dan BULLY pake mode berapa yaa gan? Soal'e ga bisa dii maenin,macet dii tengah jalan padahal sudah dii defrag,,,
    ..Blz

    BalasHapus
  55. Gan kok game ane bnyak yg gk bsa jlan yahh d OPL pi low sya tes pke emulator ps2 d komputer bsa jaln itu knapa yhh trimms,,?

    BalasHapus
  56. Gan kok game ane bnyak yg gk bsa jlan yahh d OPL pi low sya tes pke emulator ps2 d komputer bsa jaln itu knapa yhh trimms,,?

    BalasHapus
  57. Gan maf nie ganggu . .gan mau tanya nie ps2 ane pke hardisk external,tpi game nya kadang macet kadang mulus. .mohon penjelasannya . .

    BalasHapus
  58. nompang nanya gan, saya punya ps 2 dengan hardisk/hdloader, tapi setelah memilih game yang ingin di mainkan gag bisa kebuka, gag cuma satu game, tapi semua game yang ada di hardis saya gan, saat memilih game awalnya loading, trus tiba2 loadingnya berhenti/macet.
    mohon beri pencerahannya gan?

    dody.doenista@gmail.com
    pin:74ab6687

    BalasHapus
  59. gan mw tanya kenapa klw q masukan game melaui usbuntil ke fd trus q colok fd ke ps terdeteksi sama ps game yg q masukan tadi trus q pilih game tadi kenapa macet ya gan awal nya aja skitar 4 detik macet (mohon pencerahan)

    BalasHapus
  60. nompang nanya gan, ps ane slim menggunakan hardisk, tapi saat ps di hidupkan muncul free mcboot, setelah itu hanya layar kosong gan, mohon beri pencerahannya gan,,,
    please balas gan.

    terimakasih

    BalasHapus
  61. game kompatibilitas untuk PES 2014 gimana nih! ga jalan terus! mohin bantuan nya admin

    BalasHapus
  62. game kompatibilitas untuk PES 2014 gimana nih! ga jalan terus! mohin bantuan nya admin

    BalasHapus
    Balasan
    1. utk PES 2014 gak masalah, bisa jalan di OPL. Coba hddnya didefrag dulu

      Hapus
  63. pny ane knp nih bang... baru 1 hari dimainin udah byk masalah..
    seperti sering nge hang kalau dimainin.. ada beberapa game yg ga bisa dibaca..
    bikin setress aja..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hdd sepertinya bermasalah, bisa karena bad sektor atau power suply ke hdd gak mencukupi

      Hapus
  64. om
    di hardisk saya habis matrix ada 4 pilihan
    1.USB advance,,2.simple player system,,,3.ulauncherelf,,,4.system browser

    1.apa hardisk saya sudah di pasang OPL
    2.bagaimana cara mengganti tema game list

    BalasHapus
  65. terpasang ic MODBO v.05, dari tampilan game listnya sdh bisa diketahui OPL atau bukan

    BalasHapus
  66. Permisi bang, saya mau nanya
    sya pake OPL di PS2 HDD Eksternal, pas install game dari DVD kaset PS2 sebagian besar gamenya bisa di jalankan di OPL, tapi pas saya install game dari FIle ISO yg saya download secara Online pasti selalu saja tidak bisa dijalankan di OPL, kemungkinan itu apa penyebabnya ya? dan bagaimana cara mengatasinya agar file game ISO tadi bisa di jalankan di OPL? dan sebelum nya file ISO itu sudah pernah saja coba jalankan di PC dengan emulator PCSX dan hasilnya berhasil dijalankan di PC

    BalasHapus
  67. untuk jawabannya bisa abang jawab langsung aja, atau bisa jawab ke email saya: rama.indrawan@yahoo.com, terimakasih untuk informasinya

    BalasHapus
  68. game yg sudah dikompres/dihilangkan video bisa menyebabkan tidak jalan,

    BalasHapus
    Balasan
    1. dari pngalamanku direbuilt ulang file iso nya biasanya bisa jalan. tapi bisa juga gak jalan (untung-untungan)

      Hapus
  69. gan ane mau nanya ane udah pake mode 5 untuk game dynasty warrior 6 emang jalan tapi kok pas setiap movie macet melulu.tolong gan pencerahan nya

    BalasHapus
  70. bang, ane punya masalah.. Saat pertama main di fd 4gb guitar hero aman, terus pas ane hapus trus dimasukin lagi ko jadi malah hang diawalnya. Knpa to mas?? Mohon bantuanya

    BalasHapus
  71. Gan ane mau nanya,kenapa ye sya mau isi game di winhiip tpi di psnya gak kedetek/kebaca sama winhiip tlong pencerahannya gan.

    BalasHapus
  72. Gan mau tanya ane mau ganti tema di opl udah ane buat folder THM di hardisk sama udah ada temanya tapi pas mau di ganti pilihan menu settingnya cuma ada about,exit sama power off aja
    Mohon solusinya gan
    Tanks

    BalasHapus
  73. Dan bagaimana cara memulihkannya

    BalasHapus
  74. Knapa yah setelah sy pakai copy folder ART di HDD eksternal ane,setelah pilih game jd hang gk bs di apa2in lg. Tapi kalo Folder ART nya di apus, lancar jaya. Ane pakai opl 0.8, modbo 5.0 di slim 90006. Cover art nya nimbul saat pilih game, tp setelah pilih game jd hang......mhn bantuan para master yah....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Loading data lewat usb itu berat/lama, menambah ART = menambah kerja loading, tidak jalan berarti gagal loading

      Hapus
    2. pake opl v9 100% work

      Hapus
  75. Assalamualaikum nas..mau nanyak ps 2 saya udah isi gane di flash tpi pas main yg macet cuman winning 10 sama pes doang yg lain lancar..masalah nya apa yaa?
    Pusing banget udah mikirin nya.. Mohon di bntu ya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya pakai flash berkapasitas 16 GB yg isi cuman wining 10 sma pes..maceet nya keseringan selang wktu 20 menit ..kadang 2 jam belum macet kadang 10 menit main udah macet..masalah nya apa yaa mas?

      Hapus
  76. Kalo dihardisk gue pas di list gamenya ga bisa dipencet atau diseting apapun gimana cara ngubah mode kompabilitasnya bro ?
    Cuma bisa dipencet x o start select itu doang.
    Tolong dibantu

    BalasHapus
    Balasan
    1. File OPL ada yg child proof (diproteksi) dan ada yg tidak, ganti dulu file opl dengan yg tanpa proteksi.

      Hapus
  77. mas bsa ps pakai hdd sata to usb adaptor baca ke slot ps2 fat,,
    soalnya ps2 ane blom penah pakai hardisk, pakai aoptik aja trus optik nya rusak, pengen masang hardisk ,,tp hardisk sata bisa tak

    BalasHapus
  78. trus ane blom punya chip mobo,kira2 bsa tak pakai mc boting

    BalasHapus
  79. dan bisa tak usb to adaptor ane baca nantinya di komputer pas mau format fa32 nya,, soal nya hardisk ane baru,,mohon penjelasan nya.....??? maksih mas wirra

    BalasHapus
    Balasan
    1. maklom blom di bli sata to usb nya takut nya nanti tak bsa ...???

      Hapus
  80. aslmkm gan, salam kenal ane mau tanya ne, kalau PES 2014.iso yang gak bisa load di opl kesalahannya dimana ya, padahal udah di buat ps2 image nya pake ultraiso. tolong solusinya , thnks

    BalasHapus
  81. bang, ane lagi masukin game from .iso,, pas mau transfer timbul bacaan ""error in system.cnf not readable file or in not well"" itu maksudnya gmn ya??

    BalasHapus
  82. gan mengapa hairdisk ps 2 aku stuck di loading boot menu v1.00
    tolong pencerahan nya
    klo bisa sms ke 089686003938
    makasi gan.....

    BalasHapus
  83. Gan,saya kemaren ngisi game dari CD yg beli ditoko maupun dari donlod,trus saya isi pakai ubulil persis dengan diatas caranya dan masuk ke flasdisnya,tp setelah saya colok dan saya mainkan cuma gelep aja gambarnya,apakah ada yg salah gan?
    Tolong infonya gan... mksh

    BalasHapus
  84. bro,saya mau nanya ps2 saya kok gamenya gk bisa kebuka,trus saya restart lagi nah waktu saya restart setelah ikon matrix ada tulisan open ps2 loader 0.7 tapi loadingnya malah macet.kenapa yah bro???Tolong banget bantuin bro..

    BalasHapus
  85. Gan ane mau buka rental ps,,apa sudah ckup dgn ps dan tv yg bru qta beli ato msih ada prangkat lain

    BalasHapus
  86. Gan ane mau buka rental ps,,apa sudah ckup dgn ps dan tv yg bru qta beli ato msih ada prangkat lain

    BalasHapus
  87. Gan kok OPL ane berhenti loading pas masuk menu game? Mohon jawabannya

    BalasHapus
  88. Nascar rumble udah pake mode 7 on tp masih tidak jalan ( blang hitam ), sudah defragment juga. padahal itu game di HDLloader jalan, mohon solusinya

    BalasHapus
  89. Di emulator PcSX2 Video Lancar - Game Lambat
    Di OPL Ps2 Video Patah2 - Game Lancar
    Sama 2 Goblok
    Apakah Ada Solusi Agar Kesempurnaan Bermain Ps2 Berfaedah: Jawabanya kembali Fake Optic

    BalasHapus
  90. Mau tanya,
    Di opl, list game urutan ke 1 aj yg bisa jalan, urutan ke 2 dst gj bisa masuk2, knapa ya gan?

    BalasHapus
  91. Gan PS saya selalu hang beberapa saat setelah main, solusi awal sampe paling susahnya ada gak gan artikelnya, penjelasan di atas kurang mendetail jadi agak susah gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba di Defrag hardisk nya pake aplikasi Auslogic Defrag, kalo masih gak bisa berarti gamenya ada yang corrup

      Hapus
  92. Bang saya punya 2 game yang gak bisa dibuka lagi sampai sekarang. Yaitu game bully sma dinasty warrior, dulu masih bisa dibuka lancar juga. tapi sekarang diklik 2x gtu gak ngrespon. gimana ada saran?>??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba di Defrag hardisk nya pake aplikasi Auslogic Defrag, kalo masih gak bisa berarti gamenya ada yang corrup

      Hapus
    2. Masuk setingan compitbl

      Hapus
  93. Gan mau nanya game PES sama winning ga bisa d mainkan,,dari menu awal sampai formasi lancar,,,pas mau kick off nge hank,,d format hardis nya ttp ga jln pas kick off pncerahan ny gan

    BalasHapus
  94. game captain tsubasa supaya bisa dimainin di matrix gimana ya?? punyaq gbisa terus

    BalasHapus
  95. Minta tutor cara pasang OPL V9 di ps2 Matrix, apa opl nya bisa di instal dlm hdd ?
    Jdi gantiin usb advance bawaan matrix

    BalasHapus
  96. Minta tutor cara pasang OPL V9 di ps2 Matrix, apa opl nya bisa di instal dlm hdd ?
    Jdi gantiin usb advance bawaan matrix

    BalasHapus
  97. Makasih Info'a gan dynasty ane jdi bisa

    BalasHapus
  98. Gan mau nanya saya copy 2 game yaitu game soulnomad dan shadow of colossus ke flashdisk tapi di daftar gamenya yang muncul cuman shadow of colossus, dan soul nomadnya ga muncul di daftarnya padahal udah di opl scan itu knp gan?? Tolong di bantuu

    BalasHapus
  99. Game Ultraman Rebirth - mode compatibilitas berapa?

    BalasHapus
  100. Kok mode kompatibilitas saya hanya ada 6 saja opl saya versi 0.7 gimana solusinya pliss jawab pertanyaan saya

    BalasHapus

Berikan komentar Anda