10 Juni 2011

PS2 rusak bagian power supply

PS2 dengan gejala tidak nyala LEDnya, kipas juga tidak jalan. Kecurigaan rusak bagian power supplynya. Setelah casing PS2 saya buka semuanya, saya ukur tegangan 12 volt pada power supply tidak keluar sama sekali.

Saya lepas power supply dari board ps2. Sangat penting, dalam memperbaiki power supply harus dilepas dari board ps2nya untuk menghindari hal-hal tidak diinginkan, misalnya power supply mengeluarkan tegangan di atas 12 volt bila terhubung dengan board ps2 dapat merusak komponen-komponen dari psnya.

Untuk mengetes power supply terpisah dari board, dengan cara memberi beban lampu dop (lampu sepeda motor) 12 volt 35 watt, pada output tegangan 12 volt.

Kebetulan power supply yang diperbaiki jenis TW memakai IC mosfet STP4NK60Z. Pertama saya periksa dioda-dioda, tidak ada yang short. Transistor dan mosfet juga tidak ada yang short. Lalu pemeriksaan beralih ke resistor. Pertama yang dicek adalah resistor, dari jalur 300 volt melalui R4 (620K) menuju IC mosfet STP4NK60Z. Lha dalah ketemu juga kambing hitamnya, ternyata R4 sebesar 620K ini putus.

Cari-cari resistor pengganti tidak ketemu juga dengan nilai yang sama. Didapat resistor sebesar 680K, terpaksa saya pasang, tidak ada rotan akar pun jadi. Cuma hal ini jangan ditiru, karena nilai resistor pada smps --pada bagian-bagian tertentu-- sangat kristis (berubah sedikit saja dapat mempengaruhi kerja smps secara keseluruhan). Saat pengetesan, lampu dop nyala terang (normal). Saya ukur dengan AVO digital keluar tegangan 12,7 volt. Wah ini terlalu besar, harusnya 12 volt (dalam kisaran normal biasanya sekitar 11,5 volt sampai 12,1 volt).

Untuk menurunkan tegangan, R17 (100 ohm) yang berada dekat IC TL431 pada bagian sekunder saya lepas, langsung dijumper. Lalu saya tes lagi, terukur tegangan 11,7 volt. Nah ini baru pass.



Akhirnya pekerjaan pun beres, tinggal pasang dan tutup lagi casingnya. Semoga pengalamanku ini dapat bermanfaat bagi yang membutuhkan.

206 komentar:

  1. trims infonya gan..ps ane koit..ane coba dulu gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. I wanted to thank you for this excellent read!! I definitely loved every little bit of it. I have you bookmarked your site to check out the new stuff you post. Lenovo Power Supply

      Hapus
  2. gan bohon bantuannya.,.
    power ps ane seri 3..
    seperti konslet, saat power dihubungkan ke arus listrik mati lampu jadinya..
    seprtinya + dan - ketemu.,
    cara mengatasinya gmana gan.??..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ganti k2545/ k2543 tergantung TR power suplay nya

      Hapus
    2. gan apakah cara mengukur komponennya dalam keadaan berarus atau tidak, trus apakah komponen dilepas dari pcbnya kalau ingin diukur, mohon penjelasannya gan

      Hapus
  3. rusak mosfetnya, kerusakan komponen ini biasanya diikuti dengan short pada beberapa dioda. Ganti mosfet dan periksa dioda-dioda kalo ada yang short.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mosfet tuh yg mna sih gan...

      Hapus
    2. maksudnya tunjukan dengan gmbar gan...

      Hapus
  4. gan knapa power suplai ps2 sering rusak y?
    temen2 ane ps2ny jga rusak, eh pas d priksa yg rusak tu power suplainy rusak
    gmnatuh gan?

    BalasHapus
  5. power supply yang ada kebanyakan didesign dengan input tegangan 110 volt, sesuai tegangan listrik di negara asalnya Jepang. Sedang di Indonesia memakai 220 volt, sehingga power suply yang aslinya 110 volt dimodif/direkayasa supaya dapat dipakai pada 220 volt. Hasilnya power supply ya seperti itulah, mudah rusak. Bagaimanapun yang original tetap lebih baik.

    BalasHapus
  6. Power supply yang aslinya 110 volt, pada pcbnya dekat konektor listrik terdapat tulisan (sablon) 125 volt. Power supply yang dimodif, biasanya akan dijumpai beberapa komponen yang sengaja diputus.

    BalasHapus
  7. trus solusiny gmn gan ,spaya powersuplainy awet?
    trus tegangan dc yg dibtuhin ps2 tu berapa volt?

    BalasHapus
  8. gan tpi klo kta turunin teganganny jdi 110v gmn?

    BalasHapus
  9. gan temen ane pny trafo step down
    yng bsa ngbah tegangan 220Vac ke 110 Vac
    mnurut agan klo pke trafo tu powersuplainy bsa awet gk?

    BalasHapus
  10. Power supply yang design aslinya 110volt, tentu akan lebih awet jika inputnya juga 110volt. Untuk turunin 220 ke 110 bisa menggunakan trafo step down, ataupun menggunakan rangkaian tambahan untuk menurunkan tegangan, skema lihat di http://technosains.com/Down-Converter-220v-to-110v-for-PS2.htm

    BalasHapus
  11. gan fungsi komponen diac di gambar yng agan kasih tu pa sih?
    trus sya kan mo bwt rangkain tu ,klo dah jdi tinngal dpasang d input powersuuplainy ja y?

    BalasHapus
  12. Cara kerja diac seperti halnya dioda zener, bedanya dioda zener dipakai pada tegangan dc, sedangkan diac pada tegangan ac. Diac sebagai pengaman agar Triac T1 tidak mudah rusak. Buat pada PCB sekecil mungkin, lalu dipasang pada power suplynya, tentunya dengan mengorbankan/membuang beberapa komponen induktor filter, ceramik agar muat tempatnya

    BalasHapus
  13. tempat komponen induktor filter yg hrus d lpas da d sbelh mana gan ?

    BalasHapus
  14. gan tmpat induktor filter yang harus d buang da d sblah mana gan?

    BalasHapus
  15. gan sya mo nny gi, tu bedain kaki gate, anoda, katoda di triac ma anoda katoda di diac gmn sh?
    maaf y gan dri kmren ngrepotin mulu ,maklum msh awam?

    BalasHapus
  16. diac bolak balik sama saja. triac pin no 3 = gate, pin lainnya bolak balik ok. Induktor yang dilepas dekat fuse (soket AC), pokoknya pada jalur AC sebelum ke dioda penyearah

    BalasHapus
  17. gan output power suplai ps 2 brp sh?
    power suplai saya kn ancur sya berniat bikin sendri , sya mnta ptunjuk donk gan?

    BalasHapus
  18. Power supply PS2 yang fat/gemuk 12 volt. Beli yang sudah jadi biasanya gak sampe 50ribu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yg bener gan cma 50 rb.
      tpi klo saya pke power suplai biasa yang outputny 12v kira2 bsa gk?

      Hapus
  19. Daya PS2 sekitar 80 watt, dengan tegangan 12 volt jadi arusnya sekitar 7 ampere. Jadi power supply harus mampu menghasilkan minimal 7 ampere, tegangan 12 volt. Bisa digantikan dengan power supply komputer, ambil yang output 12 volt saja.

    BalasHapus
  20. gan, saya punya 4 buah ps2 bawa dari jpn yg masih 110v. kalo mau di rubah ke 220v gimana caranya dan alat/komponen apa ja yg saya butuhkan?
    kalo ada situs yg bisa di contek tolong kasih tau,, thx gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kl itu komponennya emg Ori bawaan sononya 110 V AC, saran saya mending jangan di apa-apain. kalo pun mau, pasang Trafo Step Down aja. trus jgn lupa tambah Fuse..

      Hapus
  21. http://technosains.com/Down-Converter-220v-to-110v-for-PS2.htm

    BalasHapus
  22. Kalo setiap Seri di PS2 itu output DC nya berbeda-beda nggak? soalnya wkt saya ukur output nya cuma 9,2 V di Ps2 Seri 1000xx, tapi waktu saya ukur pake AVO meter di seri 6000xx itu outputnya 11,8 Volt.

    BalasHapus
  23. salam kenal dr ane...hehe mau nayak ne gan.ane pny ps2 tk nyala setelah ane lepas pwr supply 12v tk ad,ic mosfetK2545,board nmr zssr093ma.michicon japan.mhn bantuanya gan?maturnuwun.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mas saya adi, saya punya PS2 model SCPH-30000, baru-baru ini rusak. setelah saya coba buka ternyata komponen elco yang 1000uF/25 Voltnya rusak. ketika saya coba ganti, elco nya jebol lagi..kira-kira komponen apalagi ya mas yang menjadi penyebab kerusakan power supplynya.. mohon bantuannya ..dan terima kasih sebelumnya.

      Hapus
  24. Jelas output yg harusnya 12volt melonjak naik hingga elco yg kemampuan kerja 25volt sampai meletus, berarti output sudah melebihi 25volt, tegangan di atas 25volt ini tentunya sdh masuk ke board psnya, akibatnya board pasti juga ikut rusak. Bagian power supply periksa fotocopler, ic, resistor sekitar fotocopler.

    BalasHapus
  25. gan,power supply ps yg fat yg 50rb tu yg mna nya gan? yg petak besi keras atau smua yg di papan gambar agan tu?
    saya bingung soalnya ps saya rsak,trus org servis nya blg power spply nya hrus dgnti,185rb. waduh mhal bgd.
    "tomy"

    BalasHapus
  26. satu pcb/blok komplit seperti gambar di atas, ada dua macam yg biasa sekitar 50rb, yg orisinal 100rb. Sebaiknya beli power suply sendri lalu dipasang sendiri, jadi tdk kena ongkos tukang servis. Sekarang di toko elektronik (bukan toko ps) sdh banyak yang ikut jualan, coba cek aja di toko terdekat di kotamu.

    BalasHapus
  27. tu lah gan,,mau nipu saya tukang servis tu. yg orisinil atw yg biasa bgs nya gan? emg klo orisinil tu cpt kena lagi dya karna lonjakan volt itu gk stabil d pkanbaru ne. tp saya gk tw gmna yg biasa tu, mana tau gk optimal
    "tomy"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gan ps gua ini eror kalo buat stik PS .. Stik Nya Nyala Tapi Enda Bisa Di Gerakin Caranya baGaimana GAn???

      Hapus
    2. Yg rusak psnya apa stiknya, dicoba stik dipakai di ps lain. Kalo sdh yakin kerusakan pada psnya, bongkar psnya, coba bersihkan slot stik (pada icnya), periksa kabel slot apa konektor masih bagus. Bila perlu pinjam dari ps yg normal, spy tahu yg rusak kabel slot, slot stiknya, apa board ps.

      Hapus
  28. Gan, saya punya PS2 Fat model 39001, dengan input 120 (atau 110 CMIIW) lalu regulator saya ganti dengan 220V supaya bisa langsung colok di listrik sini. saya pasang HDD PC 3.5" sata dengan tambahan USB to IDE/SATA (R-driver) dan tegangan saya ambil dari Fuse 9 dan 10 (5 dan 12 volt) karena lihat dari keterangan fuse tersebut untuk supply tegangan 12v dan 5v HDD. Selama ini normal, tapi setelah tiga bulan HDD bunyi pada putaran seperti kurang daya (sy cek HDD via PC gak ada masalah, begitupun PS2 normal kalo tanpa HDD), apa regulator yang udah lemah atau apa? sy cek tegangan dari soket power HDD masih nunjuk 12 dan 5 tapi belum sempat cek arusnya...nah kira2 masalah di mana ya?

    thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari pengalaman saya, permasalahan pada bagian power supply amperenya kurang mencukupi. Coba elco besar (pada tegangan 300 volt) nilai kapasitor diperbesar.

      Hapus
    2. Jangan lupa kunjungi http://wira-reload.blogspot.com ; Mungkin ada keperluan pengisian pulsa utk dipakai sendiri maupun buka kounter, produk dari pengasuh yang sama dari blog ini, Dijamin amanah, smoga membawa berkah.

      Hapus
  29. gan power suplay w lg error nih..koq bs yg out strum smua kga ad ground or masa nya knpa y...?

    BalasHapus
  30. eh sory power suplay ps2 w koq bs out strum smua nya kga ad masa or ground nya..plisss ksih tau donk knpa & gmna cara memperbaiki nya..? thank

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya tegangan tidak ada? Kerusakan power supply ps2 fat terbagi 2, rusak mosfet short dan kerusakan tapi mosfet tdk short. Kerusakan karena mosfet short, periksa fuse sekring, mosfet ganti, cek semua dioda apa ada yg short. Kerusakan tanpa merusak mosfet, periksa capasitor/elco yg menuju kaki basis mosfet, ganti transistor (biasanya ada 2), periksa dioda bagian output (cold). Semoga membantu

      Hapus
  31. minta tolong donk kalau power supply saya sering mati terus sekring nya udah diganti terus putus lagi apa ya minta tolong dong

    BalasHapus
    Balasan
    1. Periksa semua dioda dan mosfet, ada yg short. Komponen yg short/konslet diganti

      Hapus
  32. minta tolong donk kalau power supply saya sering mati terus sekring nya udah diganti terus putus lagi apa ya minta tolong dong

    BalasHapus
  33. gan tolong ane donk , ps gw yg adaptornya d dalam ,
    rusak gak mau nyala lampu hijaunya , lampu merahnya sih nyala tpi pas di pencet gak mau nyala ,
    trus power suplay nya d mana gan ..??
    mohon bantuan nya gan ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari gejalanya, kerusakan bisa pada power suply atau pada main pcb PS2nya. Supaya tahu mana power supplynya, PS2 harus dibongkar dulu (dibuka casingnya). Power suply = Bagian/pcb yg langsung kontak ke kabel listrik.

      Hapus
  34. thanks gan informasinya .:D

    BalasHapus
  35. gan klo lampu ijo nya nyala nya redup tapi lampu merah nya terang itu berarti rusak nya power suply ya gan
    trms...

    BalasHapus
  36. gan gw mau nanya lagi nih ,
    tadi gw k tmpat electronik ,
    katanya kalo mati total itu harus ganti ICU nya ,
    mahal bnget 200rbu katanya ganti ,
    jadi bingung gw , rusak apanya sih ps gw nih ..
    tolong infrmsnya gan ..
    trms.

    BalasHapus
    Balasan
    1. PS mati total, kerusakan bisa pada power suply atau pada board psnya. Kalau yg rusak hanya power suply, biaya 75-100 sdh cukup. Tapi kalo board psnya bisa 125-200.

      Hapus
  37. gan kalo ganti papan PCB nya brpa ..??

    BalasHapus
  38. oia om, waktu ngecek tegangan nya posisi ps idup apa mati om..???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo power supply baru (habis servis ataupun beli baru), sebaiknya dicek dulu tanpa dihubungkan dengan board psnya. Kalau sdh aman (tengangan normal 11,7-12volt) baru dipasang ke board psnya.

      Hapus
  39. cara ngukur nya gmna om ? msih bngung ane, power kan d.lepas dri board ps,tpi nyolok kelistrik gak om,, trus ngukur nya kbel mrah kmna, hitam nya kmna.. ???

    mklum om gua lgi belajar..
    tolong yah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. power suply dilepas dari mainboard ps, tapi socket listrik (kabel dari saklar on-off) tetap dipasang. Avo pada posisi voltmeter (analog set pada 50volt), kabel hitam pada (-) power suply, kabel merah pada (+). Lihat -/+ bisa dilihat pada elconya, yg sejalur dg elco + berarti (+). Ingat -/+ yg dicolok AVO pada socket yg menancap di board psnya. Hati2 jangan sampai kena STROM. Tangan jangan kondisi basah, kaki pakai alas kaki (jangan ada kontak badan dengan tanah/dinding, demi keselamatan)

      Hapus
    2. Kalau belajar elektronik, belajar dasar dulu:
      1. Komponen elektronik : dioda, resistor, transistor, kapasitor, dll. Tahu bentuk fisiknya, membaca nilai, fungsi
      2. Bisa menggunakan AVO meter, dpt menentukan baik/buruknya komponen dg avo, membaca nilai komponen, mengukur tegangan ac/dc
      3. Bisa membaca skema elektronik
      4. Belajar cara kerja perlengkapan elektronik.

      Hapus
    3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  40. mas klo tegangan ps2 seri10000 itu berapa y ?

    BalasHapus
  41. mas klo tegangan output ps2 seri 10000 itu berapa y ?

    BalasHapus
  42. 12volt. PS2 fat/tebal all 12volt (maaf kalau keliru). Seri 10000 blm pernah periksa soalnya, jarang ada di pasaran.

    BalasHapus
  43. om, gua pnya ps slim seri 7, tombol reset kapan dipencet langsung merah, kpan gua cek ada tr yang mati, eeh kapan tr nya gua idupin mala ps nya mati total..
    tau gak om pnyakit nya apa...???

    tolong dibantu yak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba power suply (adaptor) diganti dengan yg lain. Kalau tetep gak nyala, board ps2nya ada yg rusak.

      Hapus
  44. mas kalo ps2 mati sudah diganti power supply yang baru, kok mala meledak lagi yah,, daerah mna ya yang konslet.. ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. dicoba power suply dites tanpa dipasang ke board ps2, cara tes bisa pada output 12volt dikasih dop lampu sepeda motor

      Hapus
  45. gan ,powersuply saya fusenya putus terus saya dah ganti bridge msh tetep dan saya lepas smua dioda dan tr msh putus jg..kira2 yg rusak apanya?mhn pencerahanya.mksh gan

    BalasHapus
  46. bos aq ada ps 2 udah ta ganti mostwate nya dioda nya sekring nya lilitan nya ko tetap ya pas di colokin listrik langsung down dr dastang.. dan mostwaite kebakar terus ta ukur udah ga ada yg sot.. yg mana lagi yg musti ta ukur.. pusing gan..tq

    BalasHapus
  47. bos aq ada ps 2 udah ta ganti mostwate nya dioda nya sekring nya lilitan nya ko tetap ya pas di colokin listrik langsung down dr dastang.. dan mostwaite kebakar terus ta ukur udah ga ada yg sot.. yg mana lagi yg musti ta ukur.. pusing gan..tq

    BalasHapus
    Balasan
    1. urutan part dari yg paling mudah/sering rusak : mosfet, dioda, transistor, optocopler, resistor, capasitor. Jadi kalau merasa yakin mosfet dan dioda sdh ok, lalu diperiksa juga part lainnya. Atau kalau memang susah diperbaiki, ada baiknya diganti yg baru, harga yg biasa/tw cuma sekitar 50ribu.

      Hapus
  48. gan bagaimana cara mengukur ampere fuse ps2 slim pakai avometer digital?mohon bantuannya

    BalasHapus
  49. gan maaf baru gabung saya mau tanya ps saya klw di mainkan lama tiba tiba mati penyebabnya apa yach....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba periksa kipas berputar apa gak? Atau berputar tapi kurang kencang. Mungkin itu penyebabnya

      Hapus
  50. Permisi bos, ijin gabung sekalian mau tanya nih.
    PS2 seri 3001/fat.Sebelum saya lepas/bongkar normal.
    Setelah power suplay dilepas/dibersihkan pake kuas trus dipasang lg, malah listrik dirumah njeglek. kira" apa sebabnya ya? Mohon bantuannya, saya bingung nih. Makasih sebelumnya.

    BalasHapus
  51. gan,ps2 saya buat main tiba2 mati.lampu ndak nyala,kipas ndak berputar.trus saya coba lepas kabel powernya.pas dipasang kembali dan saklar dinyalakan,tetap ndak mau nyala,tapi malah ada suara krek di bagian soket powernya.apa masalahnya ya?trims

    BalasHapus
  52. bos,kalo power suply ps2 yang mati diganti sama power suply komputer yang dayanya 480 watt gimana ya.bisa nggak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa sekali, ambil yg output 12volt saja

      Hapus
  53. Mas Wira ,, saya mau nanya PS 2 ,,, sering mati sendiri setelah 5 - 20 an menit,, di diamin lagi kira2 5-15 menit hidup lagi,, trus mati lagi - hidup lagi - mati lagi... kira2 kerusakan pada apanya?mohon bantuannya mas Wira.. terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Periksa kipas berputar apa gak, berputar tapi kurang kencang. Ganti kipas!

      Hapus
    2. coba besuk saya cek lagi kipasnya Mas Wira,,, pada saat V out 0v,, teg C yang ukuran 330v(seingat saya) malah jadi naik...adakah kemungkinan saya harus ganti P suplay?

      Hapus
  54. mas wira, saya pnya p2p portable lexus, pnyakit nya kluar logo p2p nya aja, kira'' apa yah yang rusak.. ?

    maaf mlenceng dri pembahasan , kira'' aja mas wira bisa bantu..
    trima kasih

    BalasHapus
  55. gan klau PS saya mati total biasanya ap tuh pnyebab nya, , , ??

    BalasHapus
  56. gan ,ps2 saya kalo mw maen harus nunggu lama dulu agar stik 1 bisa berfungsi tpi kalo stik 2 nya normal aja, itu knapa ya gan ,kalo baru d hdup kan lampu merah pada stik aja tidak lgsug hdup ,jadi nya kalo maen cuma bisa pke kaset yg bsa d kontrol pke stik2 ,,

    BalasHapus
  57. Sudah dicoba ganti slot stik atau kabel slotnya apa belum? Cek solderan pada slot ada yg retak?

    BalasHapus
  58. Bos wira, ini tadi ps2 fat saya dbawa adik, pas kabel baru dtancepkan di stop kontak lalu on/off dinyalakan bisa nyala cuma sktar 2 menit dan tiba2 blaaam mati lampu indikatornya,dan ga mau nyala lagi. . .ini pasti power suplay nya ya gan??
    kira2 berapa ya budget untk perbaikannya?
    Terima kasih bos.

    BalasHapus
  59. Harga power supply yg TW sekitar 50rb, ori sekitar 100rb

    BalasHapus
  60. owh iya bos,terima kasih pencerahannya ya bos hehe. . . .
    doa kan yang bermasalah hanya power supplay nya hehe

    BalasHapus
  61. kang wira, saya mau nanya nih, saya kan punya ps2 seri 10000 yg rusak itu power supply-nya, power supply ps2 saya ori japan, kira2 bisa gak ya di betulin dan kira2 kerusakannya di komponen apanya ya...untuk tegangan out putnya tak keluar sama sekali tapi kalau di colokan ke listrik 220v tak turun atau konslet. mohon pencerahannya ya kang. matursuwun sanget.

    BalasHapus
  62. kang wira, saya mau nanya nih, saya kan punya ps2 seri 10000 yg rusak itu power supply-nya, power supply ps2 saya ori japan, kira2 bisa gak ya di betulin dan kira2 kerusakannya di komponen apanya ya...untuk tegangan out putnya tak keluar sama sekali tapi kalau di colokan ke listrik 220v tak turun atau konslet. mohon pencerahannya ya kang. matursuwun sanget.

    BalasHapus
  63. mas..stik slot ps2 aq analog nya nyala..tapi ga bisa gerak..stik slot 2 ga ada masalah..udah d periksa kalo ada retak atau apa-apa..tapi ga ada..mohon pencerahan nya mas..makasih

    BalasHapus
  64. Dicoba ganti slotnya dulu, pada ps2-nya.

    BalasHapus
  65. bos sy mau nanya.. ps2 sy power nya nyala, tp di colok ke tv knapa ga mau muncul gambar maupun suara yah.. tp di mesin ps nya nyala.. tolong info nya

    BalasHapus
  66. misi, mawnanya. kalo lampu ijo nya redup. kondisi blank.power baru di ganti. apa nya yang bermasalah ya??

    BalasHapus
  67. Kalau power suply yg bermasalah, dari led warna merah kemudian hijau sebentar lalu kembali ke merah. Gambar blank (no signal) bisa disebabkan kerusakan pada ic bios, modchip, ic motor

    BalasHapus
  68. ada yang punya diagram dan daftar nilai komponen untuk PS2 10000 gak? thanks sebelumnya kalo ada yg punya. beri tahu saya pada blog komentar. OK ?

    BalasHapus
  69. Gan mau nanya donk ps2 saya on/off nyala tapi blank hitam GÉ‘̤̈ da gambaar nya sama sekali,,??
    Ap nya yg rusak ya,,trus gmana cara benerinnya,,??
    Terima kasih seebelum nya,,.

    BalasHapus
  70. gan, saya mau tanya, ps2 saya stlah di hidupkan kotaknya butuh wktu 5 mnt baru lampu merahnya nyala, mohon solusinya gan....

    BalasHapus
  71. bagian power supply bermasalah, ganti elco kecil di bagian HOT

    BalasHapus
    Balasan
    1. oke trimakasih sblmnya, akan saya coba ke TKP...

      Hapus
  72. gan ps 2slim gh 70 lampu resetnya ga nyala, udah diganti power, lidah reset, fuse semua oke kira2 apanya ya ???

    BalasHapus
  73. halo mas wira, mau tanya nih, PS1 aku kemaren ngak nyala, kata temen2 sih katanya bagian power supplynya hrs di ganti elconya
    sekitara berapaan ya mas biaya pengantiannya?
    terimakasih

    BalasHapus
  74. Kalau elco harganya murah, 500-1000. Tapi biasanya jarang sekali sekali rusak bagian elconya. Power suply ps1 sudah ada dijual modulnya, tinggal ganti aja gak usah mikir, harga sekitar 50rb

    BalasHapus
  75. agan ane nnya dong kalau p2 30001 ane mati mendadak, udah dicoba power supply yg hidup tetap gak nyala, ganti satu set flexibel on/of ya juga tetap gak nyala. kira" apanya ya gan. trim's sebelumnya

    BalasHapus
  76. Ps2 saya tiba' tersambar petir kira' apa yg kena yah??

    BalasHapus
  77. Ps2 saya tiba' tersambar petir kira' apa yg kena yah??

    BalasHapus
  78. bang, ps2 saya kok, aneh ya. waktu malem main, oke oke aja, pas pagi bangun tidur, kok kagak bisa nyala yah ? penyebabnya apa ya ?

    BalasHapus
  79. Kemungkinan besa power supply rusak

    BalasHapus
  80. Gan anekan belum tau tentang bongkar2 atau tentang elektronik
    ps2 gua gk mau hidup gan
    apanya yg rusak gan?
    mohon bantuannya gan

    BalasHapus
  81. Tersangka utama bagian power suply, meski bisa juga bukan

    BalasHapus
  82. Maksaih Gan tipsnya, sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  83. gan...
    saya kayanya ni punya masakan powersupply juga, tiap makin ps2 ane pasti listrik langsung padam (njeglEk) tu bagian apanya ya gan di powersupplynya?

    ane tanya ma kakakku yg ngerti elektronik katanya icnya/transistornya, ic yg bagian AC, ane nanya di toko komputer g ada yg jual ic dg seri tersebut, kira2 ic spa ya gan yg sefungsi dg ic tersebut dan banyak dijual di toko2?

    thank.

    BalasHapus
  84. tambahan lagi

    maaf banyak nanya gan

    klo powersupplynya diganti adaptor biasa bisa g ya gan?(baca2 diatas , bisa yah?)
    trus masukin tegangan 12vnya kebagian sebelah mana board psnya ya gan?, tu kan ada 4 mata pin buat 12v nya, jd mana yg bagian +(plus) atau -(ground) nya?

    thank.

    BalasHapus
  85. http://imageshack.us/photo/my-images/21/regulatorps2.jpg/

    ic yg bagian itu gan yg ga ada jual di toko elektro, kira2 ic apa ya gan yg sefungsi itu, mohon pencerahan gan,

    thank

    BalasHapus
  86. gan ps2 saya smua lampu dan hardis berpungsi, lama2 tidak dapat menbaca hardis,direset tombol reset malah hang gak bisa baca hardis dan buka browsur ps2nya, kira2 apa gan?

    BalasHapus
  87. gan ps2 saya smua lampu dan hardis berpungsi, lama2 tidak dapat menbaca hardis,direset tombol reset malah hang gak bisa baca hardis dan buka browsur ps2nya, kira2 apa gan?

    BalasHapus
  88. gan mo nanya nih. Ps ane waktu d nyalain kipas sama tmbl lmpu resetnya g nyala, tp hdd nya nyala. Hrs d bolak balik dulu ps nya br nyala. Masalahnya apa ya gan

    BalasHapus
  89. gan, Ps2 ane model 30000 rusak power supplaynya. trus ane mau ganti, cmn dipasaran ada di dosnya tertera 35008. apa bisa power supplay tersebut dipake gantinya yg type 30000?? thanks

    BalasHapus
  90. Power suply tipe 35008 sama dengan tipe 3900x. Juga bisa utk tipe 30001R, 30002, 30003, 30004

    BalasHapus
  91. mas wira, maaf saya mau tanya, tapi tolong dijawab. heehehe maksa. ps2 ane seri 10000 rusak. awalnya seringkali saya biarkan standby lama. ketika saya main tiba2 mati tetapi lampu standby(merah) menyala. saya restart lagi,bisa nyala gak lama begitu lagi. saya cabut kabel listriknya. malah makin parah ga mau idup dan lampu merah pun mati. jadi pertanyaannya; apakah yang rusak dari ps2 saya itu power supply-nya jugakah????

    BalasHapus
  92. oya, itu udah di colok lagi loh kabelnya & saklar udah on. tapi gak idup juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Awalnya nyala kemudian stanby sendiri, lalu direstart dpt nyala lagi, saya duga kerusakan kipas tdk berfungsi sehingga mesin panas over lalu stanby (karena protek). Namun lama-lama kemungkinan protek tdk bekerja sehingga mesin ps panas berlebihan akhirnya ada komponen yg rusak. Dugaan saya yg rusak board ps2nya (maaf bila nantinya dugaan saya keliru)

      Hapus
  93. MAU nanya MAS.. PS2 sudah sya ganti powr saply karna meledak. setelah pasang Power Saply baru, PS nya normal setelah sehari ga normal lagi.. hanya sampe kluar MATRIX aja, ga bisa baca HD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba ditukar dgn hdd dan network lain biar tahu yg rusak yg mana. Power suply yg kurang bagus juga bisa menyebabkan tidak bisa baca hdd.

      Hapus
  94. Mas.. Minta bantuannya nih,,
    PS 2 saya yg tebal.. Tipe fat ya???
    Masalahnya kalo saya maen di kos2an saya bisanya paling lama 5-15 menit trus lampunya jadi merah( reset). Dan kalo dihidupin lagi ijo sbntar trus merahh lagi..
    Tapi kalo maen di rumah lain bisa.. Dan tidak ngereset seprti di kos2an...
    Kira2 apa ya penyebabnya??? Aneh juga nih ps!! Mohon bantuannya
    Makasihhh....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba dperiksa, waktu nyala (lampu ijo) kipas bag, belakang berputar apa tdak. Kalau tdk berputar maka kipas/fuse mungkin rusak.

      Hapus
  95. mas mau nanya ps 2 ane yang slim gak mau tampilin gambar ke tv kenapa yah Av multi out nya nudah di ganti sama ane tapi ga bisa juga batuin dong gan

    BalasHapus
  96. mau tanya. ps2 tebal pake hardisk, dihidupin hardisknya langsung korslet. kira2 penyebabnya apa ya???

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemungkinan hdd sdh konslet duluan sebelum di pasang di ps. Kalau power suply utk hdd diambilkan dari power suply luar, maka tes dulu output power suply apa sdh benar (12 volt dan 5 volt)

      Hapus
  97. pagi ..
    gan ane mau minta tolong neh ..
    PS ane kan gak dpke2 ada 2 bulanan mah ..
    truz pas ane nyalain lg buat ngtes doank normal ..
    cuma ane matiin lg ..
    cma ngtes kan niatnya .
    pa bsok'a ane niat main ..
    PS'a nyala tapi gak connect ke video TV
    truz ane mnjm ps tmn buat ngtes kbel AV ternyata normal ..
    berarti apa'a tuh gan ..
    connector AV MULTI OUT nya ya ..?
    gmn cra btulin'a gan ,,
    maklum newbie . thanks

    BalasHapus
  98. PS2 nya type SCPH 15000 ...
    ane pake hardisk cuman yg USB ..
    pake FreeMCBoot ..
    tolong pencerahannya ya gan ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tdk ada gambar ada 2 kemungkinan, 1) no signal/layar biru; atau 2) blank/gambar gelap. Yg no signal kemungkinan rusak pada ic bios, ic upgrade, atau ic motor. Gambar gelap kerusakan pada ic kaca, atau resistor di sekitarnya

      Hapus
  99. kakak mau tanya travo kecil dekat ic itu nilai nya berapa ... seri power supply 35008.. itu berdesis, dan saat saya colokin mati total , mohon bantuanya kakak, terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. kerusakan trafo sangat jarang, yg sering mosfetnya. Sebaiknya ganti 1 set aja, utk yg biasa cuma 50rban

      Hapus
  100. mas Wire, power suppli ps2 tipe 30000 rusak, trus ane ganti dg psu tipe 35008. kl lampu merah ada bunyi derit criiiiit (tapi pelan), tapi kl udah tekan tombol dan nyalah lampu hijau, hilang jg tu bunyi deritnya. kira2 kenapa ya tu mas??

    BalasHapus
  101. Mas Bono mohon bantuannya. saya punya PS2 yg gak mau hidup. pas cek board powersuply nya, ternyata sekeringnya putus. sudah saya coba ganti sekering,tapi sekering yang baru ini juga langsung angus. kira2 apa yg rusak ya mas?? sebelumnya terima kasih atas petunjuk nya.

    BalasHapus
  102. mosfet rusak (komponen yg dipasang di pendingin), biasanya beberapa dioda ikut short

    BalasHapus
  103. mas bono saya mau tanya ,ps saya gak mau nyala setelah listrik mati terus hidup dalam waktu singkat ,kira2 rusak bagian apanya,terus biayanya berapa sparepartnya

    BalasHapus
  104. Mas mau tanya.. PS 2 saya type 10000.. sudah di mc boot. Belakangan ini hanya bisa jalanin game ps dari flash disk saja. Tiap kali di coba jalanin game dari hardisk usb selalu macet (stop di gambar pelangi). Apakah karena masalah power supply nya yang sudah jelek? atau karena sebab lain? makasih sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. dengan power supply yg sama, coba dicek di pc. Apa pc msh bisa membaca hdd dengan normal?

      Hapus
  105. Mas wira, itu kalau mau menurunkan tegangan 12,++ menjadi 11,++ gimana ya?
    ni power board untuk scph50000 agak beda sedikit sama yang digambar, outputnya keluar 12,5, resistor yang dihilangin trus dijumper sebelah mana ya? (dari apa ke apa) coz R17 yang disebutkan berbeda... (atau kalau ada diagramnya mas?)
    Thanks...

    BalasHapus
    Balasan
    1. di bagian output ada ic kaki 3 dengan kode TLxxx (atau KIxxx), cari resistor yg menghubungkan antara ground dengan salah satu pin ic tsb, nilainya diperbesar spy output tegangan berkurang, pakai trial & error utk mendapatkan teg out yg sesuai

      Hapus
  106. gan ps2 ane nyala saat harddisk ane copot lampunya bisa jadi ijau ... tapi pas ane pakein hdd nya ... ga mo ijau ya lampunya ... balik lgi ke merah ... knp ya gan ... mohon pencerahan nya .... makasih .....

    BalasHapus
    Balasan
    1. gan kirimin ke email aja ya ...balasan nya ....
      garuda.tangkas2@gmail.com

      Hapus
  107. smt siang mas wira,mohon pencerahan nya,saya lgi perbaiki power ps 2.kmarin fet nya jebol,saya ganti k2996,gak sampai tengah jam jebol lg.trus saya ganti pakai k252545,sebentar aja panas ic tsbt,kira2 apa penyebab nya kang,mhon solusi nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. periksa resistor2 ada yg putus atau nilai berubah

      Hapus
  108. agan agan kalo seri scph-30000 di pasangi power supply jenis 35008A itu boleh atauy tidak agan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa, scph3000 yg baut 10 sama dengan 35000

      Hapus
  109. Mas wira,,matur nuhun saya maw tanya nc,PS saya fat hardisk,tapi ada bbrpa game HD yg ga bs kebaca alias blank,,kira2 masalahnya apa y mas?

    BalasHapus
  110. Gan wira n mas bono,,saya maw nanya nc,PS 2 saya tiba2 mati total saat lg dimaenin,,kedengar bunyi jeglek gitu,LED power mati n kipas jg mati,saya pkir masalah di kabel power n colokan,trus saya pindah colokan,,,eee,,malah listrik padam krna korslet mas,,kira" kenapa bisa gt y gan?n apa ga rusak total PS2 saya krn korslet?mohon penjelasan y gan,,terimakasih sebelumnya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. power supplaynya bos...lbh gampang ganti sj satu kit..sekita 80-100rb,kl tau cr dl rangkainnya dioada2nya lalu fetnya...

      Hapus
  111. gan juragan...kenapa ya regulator ps1 kponakan gue sering mati panas lagi wktu hdupnya...udah 2 kali ganti tetep aja.tr apa yang kuat ya..

    BalasHapus
  112. bos mohon bantuanya saya punya ps2 tiba" mati lampu merah berkedip kipas udah saya ganti tapi ga muter kipas nya....?

    BalasHapus
  113. Gan. Tanya dong. Ps 2 saya lampu merahnya kalo di on nyala hijau sebentar aja trus balik merah lagi. Kenapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Info tambahan. Pernah dibawa ke service katanya ada ic rusak tapi icnya nggak dijual musti cabut punya ic ps lain. Apakah betul? Terima kasih sebekumnya

      Hapus
  114. gan lagi bingung nih cari skema electronik ps2,kalo agan tahu tolong dong informasinya?makasih sebelumnya...

    BalasHapus
  115. Mas Wira Dharma saya mau nanya ps2 slim seri 90006 saya mati total udh di cek power supplay masih ada arus DC 7,50 Vol.udah tak tuker dgn minjem power supplay ps2 temen yg masih hidup bagus ( sy tes tetep sama dgn power supplay punya sy 7,50 Vol ) tak pasang ke ps2 saya tetep gak mau hidup ps2 nya?? kira² apa yg bisa saya lakukan supaya si PS bisa nyala kembali mas ..... .

    BalasHapus
  116. Mas wira aq mo ikut nanya nih...klo ps2 rusak suara kira'' yg rusak d bagian mana eah...?!

    BalasHapus
  117. gan, pada kabel output power supply dua-duanya memiliki arus smwa, itu bener apa salah ya..

    BalasHapus
  118. zainuddinJuli 21, 2014

    Mas mau nanya nih, ps 2 saya pasang hardisk, bisa berfungsi hanya sehari , setelah itu lampu led merahnya mati, tapi kipas tetap menyala ???? kenapa ya mas....

    BalasHapus
  119. Ps 2 ane kok rusak si ga bisa nyala ??
    Awal nya kabel yg warna merah kuning putih ane kenain raket nyamuk, terus lampu power nya ga nyala... Itu gimana cara betulinnya ??

    BalasHapus
  120. Bro ane ps2 slim, ga bisa di pencet tombol resetnya, ga"cklik" gitu, apa ada komponen yg ngilang gitu, apa ada pernya mas bro, jadi bisa bunyi klik gitu, jadi intinya ga bisa nyala psnya. mohon pencerahanya.......

    BalasHapus
  121. Gan ane mau tanya, ps2 ane kok gambar,y agak redup kontrasya gak bisa terang, kira" apanya ya yg rusak? Mohn bantuanya gan,,thk,s

    BalasHapus
  122. gan ane mau tanya ps 2 ane terkena air lalu mati total...kira kira apa yang rusak gan....

    BalasHapus
  123. gan punya saya mati total kabel power nya udah saya ganti tapi masih gabisa. itu gimana gan?

    BalasHapus
  124. gan saya mau tanya, saya punya ps2 slim, hdd external, power suplay external adapter. jika power suplay di ganti dengan yang internal biasakah? cara pasang bagaimana? mohon bantuan solusinya. trimakasih
    jika bisa balas via email di 4dhenmaztu2t@gmail.com

    BalasHapus
  125. asalamualaikum...
    Gan, ana pengen nyari info sputar kluhan playstation. playstation 2 slim ana rusak gan, gak bisa beroperasi. setiap ana touch tombol reset, bukannnya menu p.s yang kebuka malah jadi mati begitupun dengan lampu hijau dan lampu merahnya. bisa sih lampu merahnya idup lagi tapi kabel kabel buat incoming power yang langsung di colokin ke sirkuit/terminal listrik kudu si cabut. kira kira, kluhannya apa tuh gan

    BalasHapus
  126. Asslmalkum gan nanya tegangan output ps2 slim adaptor di dalam berapa ? disitu tertera 7.5volt

    BalasHapus
  127. Diganti degan acmatic dvd bisa gk ?

    BalasHapus
  128. ps2 saya nunggu dipanasin dulu, kalo dah 10 menit pencet reset baru bs muncul menu dan daftar gamenya dan bs dimainin.

    BalasHapus
  129. Gan ps2 gw slim,pas kabelnya di colok ke sto kontak gak bisa gidup itu salah apanya gan please cepet jawab

    BalasHapus
  130. Please gw mau main ps2 slim gw lagi

    BalasHapus
  131. Bang,saya mau Tanya,ceritanya gini..
    Saya kan waktu itu baru main ps2 saya tiba" mati listrik terus ps2nya saya nyalain lagi setelah listriknya nyala nah pas saya nyalain power adaptornya gak mau nyala itu cara mengatasinya gimana ya Gan??
    Mohon pencerahannya
    Trims..

    BalasHapus
  132. Mohon bantuan nya gan..
    Saya punya ps2 tebal yang masalahnya mati total..
    awal nya saya tes udah gak hidup..
    Saya bongkar dan liat fisik semua komponen masih mulus semua.. Tapi fuse nya putus..
    Saya ganti kan fuse nya dengan tegangan asal 3A.
    Tapi pas saya tes ..lanGsung dorrrrr..
    meledak lah elco 470 uf / 25 v..

    mohon bantuan nya gan kira kira apa y masalah nya..???

    TQ

    BalasHapus
  133. Mohon bantuan nya gan..
    Saya punya ps2 tebal yang masalahnya mati total..
    awal nya saya tes udah gak hidup..
    Saya bongkar dan liat fisik semua komponen masih mulus semua.. Tapi fuse nya putus..
    Saya ganti kan fuse nya dengan tegangan asal 3A.
    Tapi pas saya tes ..lanGsung dorrrrr..
    meledak lah elco 470 uf / 25 v..

    mohon bantuan nya gan kira kira apa y masalah nya..???

    TQ

    BalasHapus
  134. Di mana ya tempat beli resistor k2543 untuk ps2?? Selain di penjual cendol..

    BalasHapus
  135. Di toko bangunan banyak mas

    BalasHapus
  136. Gan itu pada power supply... R4 dilepas dan di jumper langsung apa boleh dan apa bisa tegangan berkurang lagi. Soalnya R17 udah tak jumper langsung tegangan masih 12.4

    BalasHapus
  137. Gan itu pada power supply... R4 dilepas dan di jumper langsung apa boleh dan apa bisa tegangan berkurang lagi. Soalnya R17 udah tak jumper langsung tegangan masih 12.4

    BalasHapus
  138. Gan itu pada power supply... R4 dilepas dan di jumper langsung apa boleh dan apa bisa tegangan berkurang lagi. Soalnya R17 udah tak jumper langsung tegangan masih 12.4

    BalasHapus
  139. gan mau tanya nih . ane punya ps 2 slim scph 90006.
    pas ane idupin gambarnya langsung biru doang , gak ada suara juga.
    rusak apanya tuh ya gan.?
    dan brapa harga barang yang mau di ganti..?
    trimakasih

    BalasHapus
  140. tanya ya gan, saya punya ps2 yang power supplynya rusak( boardnya sama pada gambar di atas ). setelah saya buka ternyata 4 elco 1000mf/25v meletus. dan ada 1 resistor yang kebakar,yaitu R10. nilai R10 nya berapa ohm,y gan ? makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. R10=560 ohm. elco-2 jebol menandakan ada lonjakan tegangan . sebelum dipasang supaya dites dulu tegangan sdh pas 12vol

      Hapus
  141. gan mw tanya, ps 2 sy yg tebal regulator sama dengan gambar di atas,, sy udah cek regulator saya tp keluaran cuma, 5volt saja,,kira2 apanya yg rusak gan, mohon bantuannya

    BalasHapus
  142. mas ps2 saya tegangan power suplay normal.. tapi dak tampil di layar.. saya cek tegangan di hardis awal swicth on naik 12 volt tak lama tegangan langsung turun jadi 0v. tapi tegangan di power suplay masi 12v..knp itu maa?

    BalasHapus
  143. Gan sy mo nanya knpa ps2 tebal punya sya tiba2 mati total, itu pnyebab nya apa? Kira2 biaya service nya brapa

    BalasHapus
  144. mas saya mau nanya, pas saya minjem ps temen terus maen pake tv saya eh tv saya di setiap sudut layar nya jadi ada warna ijo nya, tv saya jadi rusak gara gara ps itu apa gmna? soal nya tv saya baru terus belum perna di pake maen ps.
    mohon pencerahan :)

    BalasHapus
  145. Gan mohon bantuannya kenapa ps2 slim saya gak keluar api 8,5 voltnya tolonggan

    BalasHapus
  146. mas wira mau nanya tlg bgt d jawab,ps 2 saya matot seri 18000,kira"biasa gak d ganti power suply dengan type yg laen,karna saya cari untuk type 18000 susah bgt,kira " bisa di ganti dengan type berapa,atau pakai power suply pc bisa gak,

    BalasHapus
  147. Mas wira saya mau nanya PS2 sy hidup tapi ga ada muncul gambar sama sekali.kabel AV normal.mohon solusinyA.

    BalasHapus
  148. Gan gimana caranya benerin ps2 matrix. Gak hidup, tapi ada bunyi "tek tek tek" terus terusan di t1 nya. Tolong gan solusinya.

    BalasHapus
  149. Gan gimana caranya ngatasin nya punya saya pas kemaren bisa lalu tadi pas saya coba colokin kok lampu supplhnya (tombol reset ) gak hidup, terus kipas gak jalan

    BalasHapus
  150. Izin gan... Mau tanya ps 2 anak saya mati, saya coba coba iseng buka buka sambil belajar pas di cek fuse nya putus, saya beli fuse yang sama saya pasang lagi pas di sambungin ke arus listrik putus lagi fuse nya, masalahnya biasanya di mana ya gan? Mohon infonya trims

    BalasHapus
  151. As... gan mau tanya ps 2 type scph39001 sya bongkar power suplay nya. Yg rusak fuse putus. Di papan tertulis 3A. Yg sya punya 4A. Boleh kah gan pake yg 4A. Soalnya posisi sya di pedalaman ga ada jual fuse. Yg 4A itu pun sya dpat di stavol sya. Balas gan...

    BalasHapus
  152. saya kena 225.. katanya power suplaynya rusak...g boleh kurang barang asli katanya....😢😢

    BalasHapus
  153. Gan mau tanya pas ps dimatiin kok led nya ga merah dulu malah langsung padam. Dan kipas nya malah jdi kenceng pdahal ps udh mati. Mhon solusinya.

    BalasHapus
  154. Mohon masukannya gan..ps2 aku tiba2 ngga bisa nyala pas naikin saklar on lampu ps yg warna hijau dan merah ngga mau nyala trus kipas juga ngga berputar...gmna solusinya gan?..sy bingung, mhon bntuannya gan

    BalasHapus
  155. Mas ps2 sya matot ap yng hrus di perbaiki

    BalasHapus
  156. Gan boleh nanya cara menjemper itu seperti apa tlong y..mksi

    BalasHapus

Berikan komentar Anda