17 November 2011

TV changhong no OSD (display tidak keluar)

TV changhong ini sebelumnya gejalanya OSD kadang muncul kadang tidak, kalau muncul disertai dengan OSD bergetar. Akhirnya tidak mau muncul sama sekali OSDnya. Data teknis TV yaitu IC micom TMP87PS38N, IC chroma TB1238N, dan FBT BSC65A.

Sebelum ke TKP, kulihat dulu skema changhong 21bm50 yang kebetulan memakai IC micom dan chroma yang sama. Didapat data-data yang berkaitan dengan munculnya OSD.
IC micom TMP87PS38N, yaitu
pin 26 = horisontal sinkron, jalur input AFC dari FBT.
pin 27 = vertikal sinkron, jalur input dari IC vertikal
pin 28 dan 29 = osilator OSD
pin 25 = Y/fast blanking, sinyal switch osd ke IC chroma.

TV saya nyalakan, pengukuran pada pin 26 didapat 3,4 volt, pin 27 = 4,2 volt. Dari situ kusimpulkan sinyal horisontal dan vertikal tidak ada masalah. Sebelumnya sempat curiga bahwa sinyal horisontal kurang besar, saya coba Resistor 120 K yang menjadi penghubung antara kaki FBT menuju pin Horisontal sinkron, saya ganti dengan nilai yang lebih kecil 82 kilo ohm. Hasilnya tetap aja OSD gak mau keluar, saya ukur pada pin 26 tegangan jadi naik menjadi 4,3 volt. Akhirnya resistor saya kembalikan seperti semula.

Coba-coba saya solder ulang pada kaki-kaki osilator osd, dan pin 22-pin29 dari ic micom, tetap aja tidak ada hasilnya. Akhirnya sambil istirahat coba-coba buka internet. Browsing ke beteve.com lihat-lihat servis log, didapat data adanya kerusakan pada OSD osilator, yaitu capasitor pada OSD osilator sedikit konslet dengan pin ground. Dan solusinya pin ground dari osilator cukup di open.

Setelah dapat pencerahan dan jurus baru, langsung saja saya praktekkan. Dengan sebelumnya "trial and error" akhirnya OSD berhasil muncul juga. Berikut gambar hasil akhirnya:


Tidak lupa terima kasih pada beteve.com dan algadut.blogspot.com atas informasinya.

3 komentar:

  1. polytron 123 kerusakan blok regulator R 3,3 ohm hangus udah di ganti dua kali tetap aja hangus kira kira apanya ya pak trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba cek dioda zenernya semua baik yang 13v maupun 2,1V dan tak upa cek transistor c1815,A1015 biasanya zener 13v nya bocor coba cek dng x1k.slmat berjuang

      Hapus
  2. Baru tahu ada televisi merk changhong

    BalasHapus

Berikan komentar Anda