9 Januari 2011

Solusi instal game PS2 hdd yang bad sector

Idealnya harddisk (hdd) yang dipakai untuk playstation yang memakai hdd atau pada PS2 hdd, tidak boleh ada bad sector. Adanya bad sector akan membuat proses pembacaan game menjadi gagal apabila game tersebut kebetulan datanya ada yang bad sector. Demikian pula waktu install game pakai winhip, ketika proses intall game sampai pada daerah bad sector maka winhip jadi hang atau "non respond" sama sekali.



Untuk keluar dari hang, hanya dengan mencabut kabel power dan kabel usb solusinya, bila kita memakai kabel IDE to USB.

Untuk menyiasati bad sector ini, caranya pada daerah bad sector kita isi dengan game dengan ukuran yang kecil (misal 500 Mb) namun dengan menggunakan software PS2 HDhandines. Mengapa menggunakan HDhandines, karena dengan software ini meski proses install game gagal karena bad sector, namun sector pada hdd sudah terisi sesuai ukuran gamenya. Tentunya game ini kalau dimainkan akan beresiko macet karena proses install sebenarnya gagal. Saat instal game memakai HDhandines ini, bila sudah mencapai daerah bad sector maka proses install akan terhenti meski belum mencapai 100%, kemudian akan tampil daftar game seolah-olah instal game sudah sukses.


Setelah itu buka winhip, dan lakukan scan hdd (lewat menu utility). Akan tampak blok-blok merah pada sector yang menunjukkan install game memakai HDhandines. Lakukan repair lalu save.



Selanjutnya, game untuk mengcover bad sector tadi kita edit atau kita beri nama tertentu misal "bad sector" (atau nama terserah). Hanya sebagai tanda supaya game tidak dibuka waktu main di consol ps2-nya. Atau game tadi dapat dihapus setelah kita selesai menginstal game sampai kapasitas hddnya penuh.

Semoga membantu !!!

4 komentar:

  1. Dmn sy dpt download software PS2HDHANDINES?

    Tnx sangat membantu

    Salam Kenal

    BalasHapus
  2. ps2hdhandines download di www.sksapps.com

    BalasHapus
  3. untuk mengetahui dimana tepatnya terjadi bad sector sendiri gimana mas???

    BalasHapus
  4. Lokasi bad sector, saat instal pakai winhip kemudian gagal, berarti itu lokasi bad sector. Langsung aja bad sector dicover dengan instal pakai hdhandines.

    BalasHapus

Berikan komentar Anda