12 Februari 2011

Cara kerja dan memperbaiki rice cooker

Bagian-bagian kelistrikan rice cooker, yaitu :



Cast Heater
Heater ini menyatu dengan logam. Menghasilkan daya 300-400 watt, tergantung jenis cookernya. Apabila kerusakan pada bagian ini, sudah tidak memungkinkan untuk diperbaiki.

Mica heater / termistor
Heater jenis ini tertutup oleh semacam kertas (mica) yang berfungsi pada waktu warming. Heater ini juga berfungsi sebagai termistor, yaitu tahanan makin besar bila bertambah panasnya. Makin besar tahanan maka tegangan yang masuk berkurang sehingga mengurangi daya panas yang dihasilkan heater. Sehingga mampu mengontrol panas cooker saat warming supaya panasnya tetap di kisaran 70-80 celcius.

Thermostat
Dalam thermostat terdapat magnet dan pegas, pada suhu ruang gaya magnet lebih besar dari gaya pegas. Bagian metal thermostat (bagian yang kontak langsung dengan panci tempat nasi) menyensor panas dari panci apakah panasnya sudah mencapai sekitar 134 derajat celcius. Metal bila terkena panas maka daya magnet berkurang sehingga gaya pegas lebih besar dari gaya magnet. Akibatnya pegas terlepas dari magnet (menjauh) sehingga menekan tuas dan tuas menekan saklar.

Thermal Fuse
Thermal fuse berfungsi memutus arus bila panasnya melebihi kewajaran akibat adanya kerusakan dari rice cooker.

Saklar
saklar berfungsi untuk memindah dari posisi cooking ke warming maupun sebaliknya. Tombol saklar ditekan oleh tuas yang digerakkan otomatis oleh thermostat maupun secara manual melalui tombol panel.

Panel led (lampu)
Terdiri led indikator untuk posisi cooking dan warming.


Cara kerja rice cooker




Pada posisi cooking, saklar (swicth) terhubung. Arus listrik dari L langsung ke cast heater dan led cooking. Lampu led cooking menyala, dan cast heater menghasilkan panas secara maksimal. Bila tegangan listrik 220 volt maka cast heater juga mendapat tegangan 220 volt. Pada panas 100 celcius (titik didih air), air dalam panci sudah menguap semua. Panas dilanjutkan hingga pada 134 celcius thermostat trip (pegas lepas dari magnet), selanjutnya menekan tuas dan menggerakkan saklar menjadi off (putus), masuk ke mode warming. Saat warming, arus listrik dari L melalui mica heater (termistor) dan led warming. Tegangan yang keluar dari mica heater kurang dari 25 volt. Posisi warming, cast heater hanya mendapat tegangan kurang dari 25 volt, tegangan yang masuk ke cast heater dikontrol oleh termistor (mica heater) sehingga didapat panas yang stabil (sekitar 70-80 celcius) untuk menjaga nasi tetap hangat.

Untuk memperbaiki kerusakan rice cooker, saya kira sudah mudah bila memahami cara kerjanya.

Semoga bemanfaat.

221 komentar:

  1. Infomasi yang sangat berguna. Baru-baru ini ada kerusakan pada rice cooker. Thermal fuse sudah rusak/trip maka terputus arusnya. Bila di check heating element menggunakan multimeter ia memberikan bacaan 118 ohm. adakah heating element ini sudah rusak? bila dibuat direct connection dari AC 240V ke heating element, ianya panas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. gan knapa kalo nasi sudah matang , terus lampu sudah hijau , tapii kemudia rice cooker gak bisa panas knapa gan .,.

      Hapus
    2. Masalah apa ya kalau rice cooker klau nak masak nasi on plug utama terus rice cooker berbunyi bep bep bkali kali selama 6 kali seperti menunjukan nasi sudah masak lepas tu bunyi tu berhenti nak pilih menu kepada memasak atau apa sahaja tak boleh dia jem terus tekan start pun tak boleh .cancel pun tak boleh,preset pun tak boleh dekat skrin menunjukan macam E0 @ 3 terbalik.

      Hapus
  2. heating elemen langsung diberi ac 220 volt, bila panas menunjukkan kondisi masih baik. Coba periksa saklar apa masih fungsi dengan baik

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau guna fuse biasa selain thermofuse boleh ka?untuk rise cooker....

      Hapus
    2. gan knapa kalo nasi sudah matang , terus lampu sudah hijau , tapii kemudia rice cooker gak bisa panas knapa gan .,.

      Hapus
  3. makasih mas mantap

    BalasHapus
  4. dimana ya ngebenrin RC rusak?
    lg stengah masak tiba2 off. sambil menahan lafaar..kenyang dgn wangi bumbu stengah jd..
    aneh aja, itu RC uda lbh dr 5 thn, apa uda waktunya ko'it?

    BalasHapus
  5. termostatnya rusak. Ganti termostat, biasanya dijual di toko elektronik.

    BalasHapus
  6. klo Thermostatnya rusak, bisa diakalin gak? (contoh: Switch Coock-Warm nya diganjal)

    BalasHapus
    Balasan
    1. pintor buatonApril 30, 2012

      kalau lampu rice cooker rusak,itu di sebabkan karna apa ?

      Hapus
  7. Bisa aja, tapi Rice Cooker sudah tidak otomatis lagi. harus sering-sering periksa nasi sudah masak apa belum, jangan sampai nasi menjadi gosong.

    BalasHapus
  8. Bos.kemaren rice cooker saya sekringnya putus,trus saya sambung langsung tanpa sekring,tp pas saya masak nasi,tau2 gosong,krn tdk mau pindah ke posisi warm,otomatisnya ngga berfungsi.itu kenapa ya?apa pengaruh dari saya sambung langsung?(tanpa sekring),thx atas infonya.

    BalasHapus
  9. Tidak mau otomatis pindah ke warm, kerusakan dapat terjadi pada thermostat atau pada relay/saklar. Secara manual, cek apa mau pindah dari cook ke warm, kalau ok bisa dipastikan thermostat yang rusak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apakah itu masih bisa di perbaiki gan....

      Hapus
  10. bro cek juga disini http://pintarbengkel.blogspot.com
    cukup lengkap

    BalasHapus
  11. bos, cara check thermostat masih bagus ato nda secara manual gimana? tuas saklar sih ok ndak ada hambatan, tapi nasi jadi gosong krn ga mo pindah ke warm. thanks

    BalasHapus
  12. cek manual, thermostat yang bagian metalnya (yang kontak dengan panci)panaskan dengan api dari lilin/kompor. Tunggu beberapa saat, apakah pegas mau lepas dari magnet, bila mau berarti ok.

    BalasHapus
  13. rice cooker dirumahku cm bisa masak tapi gak bisa panasin pdhl lampu warmnya nyala, jadi begitu mateng pegasnya naik udah deh lsg dingin jadi...itu yang perlu diperbaiki apanya?

    BalasHapus
  14. mica heater atau termistor putus

    BalasHapus
  15. thank's infonya
    semoga bermanfaat untuk anak didik saya
    trima kasih

    BalasHapus
  16. kalo ane sama masalahnya dgn diatas, nasi kudu diperiksa setiap saat, takut gosong, itu thermostat bentuknya kek gimana yah??? bisa diganti yang baru gak? klo iya brpan harganya??
    trus maslahnya lgi, cari bongkar penutupnya ituloh, susah amat, padahal sekrup udah di buka semua, masih keras juga tuh dibongkarnya, sampai tanya lecet ,, hehehe

    BalasHapus
  17. lampu led tidak menyala, perkiraan arus ndak masuk, kira2 apanya yg masalah, kalo misal cek arus yg bermasalah di bagian mana aja mas

    BalasHapus
  18. mas saya mau tantya ada kasus pemasak nasi maspion dan pemasak nasi sanken ngak mau pindah posis cook ke warm pada posisi memasak nasi""
    itu masalahnya apa ya mas""
    makasih atas informasinya mas"

    BalasHapus
  19. secara manual apa masih bisa saklar pindah dari posisi cook ke warm. Kalo masih bisa, kemungkinan besar termostat rusak

    BalasHapus
  20. Artikelnya sangat bagus. Perlu ditambah banyak.

    BalasHapus
  21. Mengapa tuas dapat mendorong saklar ketika nasi sudah matang?

    BalasHapus
  22. tuas digerakkan/didorong oleh termostat, sedangkan tuas menggerakkan saklar. Dalam termostat ada pegas dan magnet. Pada suhu ruang (belum matang), gaya magnet lebih besar dari pegas, cooker makin panas maka gaya magnet juga makin berkurang. Akhirnya setelah nasi matang (pada suhu tinggi hingga 134 celcius) gaya magnet lebih kecil dari gaya pegas, hingga pegas terlepas ("ngeper" bahasa jawanya)menekan tuas.

    BalasHapus
  23. masalah yang saya hadapi,kadang tuas saklar tiba2 naik sendiri sebelumnya diposisi COOK kalau memang thermostatnya yg rusak tetapi sering juga rise cooker masih bekerja baik,Kira problemnya dimana yah?
    sampai saat ini ketika saya masak harus bulak-balik periksa saklar takut tiba2 naik.

    BalasHapus
  24. secara otomatis, satu-satunya komponen yang dapat menggerakkan tuas saklar hanya termostat. Dalam termostat terdapat pegas, magnet, dan sensor panas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pak termostat nya saya cek bagus. Kira2 kerusakan selain termostatnya apa yah? Soalnya kasus saya sma seperti yg diatas

      Hapus
  25. ketika saya menanak nasi dengan RC, saklar untuk memindahkan ke warming tidak bisa ( tidak otomatis ), malahan nahan di cooking, tiba2 lampu indikator ga bisa nyala lagi, warming pun juga ga bisa, tow apa penyebabnya ?

    BalasHapus
  26. Thermostat rusak sehingga waktu nasi sudah matang tidak mau pindah ke warming. Karena tetap pada posisi cooking akhirnya RC panasnya berlebihan, yang akhirnya thermo fuse pun putus.

    BalasHapus
  27. thermo fuse rusak bisa di perbaiki kan ?

    BalasHapus
  28. bisa. kalau terpaksa gak ada spare part langsung aja dijumper kabelnya. Cuma harus kontrol itu RC jangan sampai nasi menjadi gosong atau panas berlebihan, soalnya RC sudah gak ada pengamannya.

    BalasHapus
  29. yg jual thermo fuse ada dimana mas ?

    BalasHapus
  30. termofuse cari di toko elektronik atau toko peralatan listrik, bukan di wartef tentunya

    BalasHapus
  31. magicom sya rusak,g twu karena apa,,yang pasti g nyala lagi lampu cook sma warm,,,x tu masih bisa d btulin g?

    BalasHapus
  32. magicom saya rusak,lampu cook sma lampu warm x dah g nyala laghi,saya masih mahasiswa,jadi sulit klo mo beli ghi,,mhon info x ya untuk memperbaikinya,,,saya sedih jadinya,sya makan apa doonk klo magicom x rusak masa kudu beli nasi tiap hari,,,
    seeedddiiihhhhhhhhhhhhhhhh

    BalasHapus
  33. kira2 harga thermal fuse berapa ya?

    BalasHapus
  34. kalau rice cooker baru awalx aman tp slanjutnya berbunyi didalamnya waktu cooker.bunyix kyk meletus2 gimana ya memperbaikinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jelas bongkar dulu cookernya, nanti akan kelihatan komponen mana yg meletus, terlihat bekas2 terbakar, rusak.

      Hapus
    2. sebelum pake dilap pancinya boss...

      Hapus
  35. permisi maaf ,saya ada kasus ni RC saya kalo sudah selesai masak kan ke warm nah itu air nya masi bnyak trus akibatnya nasi cepat basi deh, pdhal pembuanan sudah saya buang, trus gmn solusinya? makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa jadi perbandingan air dan beras, air terlalu banyak. Atau cara lain, setelah warm secara manual kita tekan saklar supaya cook lagi, kalau air masih terlalu banyak bisa diulang lagi.

      Hapus
  36. pintor buatonApril 30, 2012

    kalaw lampu saklar tidak nyala,itu di sebabkan karna apa ?????

    BalasHapus
  37. maaf mo nanya...RC saya klo pas posisi masak, saat airx mendidih, airnya kok keluar smua dari lubang udarax tu...jadi nasix jd keras.
    dah tak coba tak kasih air dkit tetep aja airx pada kluar..tu krusaanx apa za..trus cara memperbaikix dimana...?

    BalasHapus
  38. mas,klw lampu normal,tp nasi mudah basi,kira2 apa yg hrs dicek mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pada waktu panci kosong, coba saklar dipaksa ke posisi warm, pegang bagian panci (logamnya) terasa hangat apa tidak? Kalo tdk terasa hangat maka mica heater (termistor)putus. Proses pencucian beras yg kurang bersih dan kualitas beras yg buruk juga bisa mengakibatkan nasi cepat basi.

      Hapus
  39. Jangan lupa kunjungi :
    http://wira-reload.blogspot.com/
    siapa tahu cocok!!!

    BalasHapus
  40. kalo nasi jadi cepat bau dan berwarna kuning harus apa yaaa? tolong donk bos... maklum drpd beli baru... kalo beli dimana yaaa... apa di semua toko listrik ada sparepartnya..tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Panci sdh banyak goresan, sehingga bahan metal ada yang ikut termasak sama nasi bisa menyebabkan nasi bau & cepat kuning, waktu cuci beras (jawa:mususi) kurang bersih juga bisa

      Hapus
  41. rc saya, gak mau pindah ke cook.
    Itu masalahnya ap ya ?

    BalasHapus
  42. rc saya, gak mau pindah ke cook.
    Itu masalahnya ap ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba baca lagi komentar2 di atas, kayaknya sudah ada. terima kasih sdh mampir kesini

      Hapus
  43. Begini mas, magic jar saya tidak mau warming. tp saat cooking bisa. jd setelah beras sudah mjd nasi. saklar pindah ke indikator warming. tp sudah berpa lama nasi tidak hangat lg/dingin. mohon solusinya mas ya....?

    BalasHapus
  44. Begini mas, magic jar saya tidak mau warming. tp saat cooking bisa. jd setelah beras sudah mjd nasi. saklar pindah ke indikator warming. tp sudah berpa lama nasi tidak hangat lg/dingin. mohon solusinya mas ya....?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buka cookernya, cari komponen yg namanya termistor, silahkan ganti

      Hapus
  45. Nice artikel.. Sy mw nanya mas, ap akibat'y kl bahan lapisan pd panci RC sudah trkelupas, dan 1 lg lapisan pd panci RC tu dr cat jenis ap ya, bs ga di cat sndri? Thank's b4..

    BalasHapus
  46. salam kenal,
    mohon pencerahan.
    pa rice cocer saya tuasnya ga mau blik ke hangat,nasi jadi gosong,knp ya pak.
    thanks atas pencerahan nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. rusak bagian thermostat, sensor panas tidak bekerja.

      Hapus
  47. Boss.. RC aq brmsalah.. Tdi'y kan saklar gk mau on untuk m'msak.. Jdi klo ditkan psti balik lagi... Trus akhir'y trpaksa saklar aq gnjel pke krtas bru mau on.. Tpi lma klmaan nasi jadi gosong. Mcb kwh turun and panci juga nyetrum.. Trus untk di pke lgi udh gk bsa... Kra" kruskan ada dimna y bos...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari gejalanya, pertama : thermostat rusak. Kemudian dipakai sampai nasi gosong, panas berlebihan sehingga thermofuse putus. Triks masak dengan thermostat rusak, bisa aja saklar diganjal, tapi harus sering2 ditengok, bila sudah masak steker listrik dilepas, jangan sampai kedahuluan nasi menjadi gosong

      Hapus
  48. salam kenal om,kalo tanpa thermofuse aman ga ya?soalnya aku uda keliling cr ga ada yang jual
    kira2 resikonya apa aja ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selama rice cooker dapat beroperasi dengan baik, komponen2 lainnya tidak ada yg rusak, tanpa thermofuse pun tidak jadi masalah. Namun bila seandainya thermostat rusak, cast heater akan makin panas terus (karena tegangan masuk terus ke heater) mengakibatkan nasi gosong dan mungkin rice cooker bisa terbakar

      Hapus
  49. kalo rc rosak kerna terlalu panas, komponen apa yang rusak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba baca lagi semua comment di atas, sepertinya sudah terjawab pertanyaannya. Coment tertanggal 25/11/12

      Hapus
  50. RC saya bermasalah nh, setiap dicolokin kontakx listrik langsung mati, colok lg mati lg masalahx dimana ya mas, tolong dibantu...thank's

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya mati, mcb PLN trip/off? Bila betul, terjadi konslet pada RC. Periksa mungkin ada kabel yang terkelupas isolatornya

      Hapus
  51. Iya mas mcb PLN x, saya periksa kabelx jg g ad masalah, msh kelihatan baik, apax ya mas...thank's

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dicoba hubungan kabel dari pemanas ke komponen lain dilepas. Lalu hubungkan lagi dari AC PLN langsung ke pemanas/heater. Kalau masih MCB off, dipastikan heater/pemanas konslet(rusak)

      Hapus
  52. maaf ya mas, trus cr gantix gimana ya ? hargax kurang lbh brp mas...thank's

    BalasHapus
  53. mas mau nanya rc saya.., pas saya nanak nasi selang 5 menit langsung warm .,kok bisa ya.,padahal nasinya belum masak..!! dan diturun kan lagi gak mau..

    BalasHapus
  54. masmau naya rc miyako 6 in 1 lampu indikatornya berkedip nyaa semua apanya ya yang rusak, thanks

    BalasHapus
  55. mas rc saya g bisa hidup,,,knp ya ?

    BalasHapus
  56. thank u infonya... sangat membanu dan bisa dikerjain sendiri

    BalasHapus
  57. mica heater atau termistor putus, diganti bisa beli di toko eletronik ga?

    BalasHapus
  58. mohon solusinya, RC saya,sehabis masak nasinya blm 24 jam udah kering sekililingnya... Mohon solusinya, tks.

    BalasHapus
  59. Pak mau tanya,
    klo RC bekerja/bsmenghasilkan panas tetapi lampu kontrol cook dan warm tdk nyala sm skl. Problemnya dimn ya? Jd RC nya dlm posisi cook/warm jd ga tau.
    tks

    BalasHapus
  60. Led putus. Harga led di toko biasanya 500-1000 rupiah

    BalasHapus
  61. pak mau tanya
    klo rice cooker bagian plastik nya rusak trus nasi jadi cepat kering tu ada yg jual ga ya bagian plastiknya aja(tutup bag dalam)

    BalasHapus
  62. Kalau panci tempat beras/nasinya ada yg jual, kalau yg ditanyakan sepertinya tidak ada.

    BalasHapus
  63. mas, saya dah ganti RC 3x...rata2 karena sehabis nasinya masak ,lalu saklar bergeser ke warm...eh 3jam kemudian nasinya berkerak / hangus di dasar pancinya. apa yg rusak yah ? matur nuwun mas,

    basuki/ Pennsylvania-USA

    BalasHapus
  64. Pada RC ada komponen termistor, yg berfungsi membatasi tegangan yang masuk ke heater. Bila heater makin panas maka tahanan termistor makin besar sehingga tegangan yg masuk ke heater turun, sehingga RC pada posisi warm panasnya tetap stabil pada kisaran 80 celcius (tergantung spek termistor telah diset pada suhu berapa)

    BalasHapus
  65. Mas punteun nanya, RC saya Yong Ma model MC-4300, baru+/- 4 bln saya beli. Awalnya bagus, tapi dari sebulan terakhir kalo masak nasi pagi dah lewat tengah hari or sore pasti dah mulai bau gitu.. Dah coba ganti jenis berasnya sama juga, "mesusi" juga bersih.. Posisi indikator dah berubah ke warm. Kadang pas malem jam 19an di t4 nasinya ada airnya sedikit (mungkin uapnya yg dah turun) Apanya yang rusak y?

    BalasHapus
  66. masalah yang saya hadapi ... RC saya blom sa't y nasi mateng dah k warem , itu masalah nya pa ya bos ??

    mohon di bls dgn secepat nya... makasiiihh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ganti termostart (otomatis cooker), harga sekitar 10rb. Letaknya di dasar panci, bentuk silinder yg kalau ditekan bisa "ngeper"

      Hapus
  67. rc ada arus listrik tpi ngga mau panas...apa yg rusak

    BalasHapus
  68. Klo' msalah ane tiba2 listrik-a korslet gmna tu mas bro..??
    gosong dah RC ane...

    BalasHapus
  69. mas RC ane teriak-teriak, mohon solusinya..thx :D

    BalasHapus
  70. Bagaimana kalau rice cooker nyaa di tester masih jalan, tapi kalau dicoba mati ???? mohon solusinya

    BalasHapus
  71. kalau ada bau terbakar itu, apanya yah yang kebakar ? elemen.a atw fuse nya? kalau fuse biasanya harganya berapa?
    mohon direspon ya.. lagi butuh banget. Thanks .
    ini sangat membantu

    BalasHapus
  72. RC yg bau gosong, kerusakan sering pada fuse, dan thermostart. Biasa thermostart diset pada 90 derajat celcius, jadi bila RC panasnya sdh melebihi batas maka thermostart berfungsi memutus arus. Jadi bila komponen ini rusak, panasnya akan berlebihan (sampai gosong) hingga fuse putus.

    BalasHapus
  73. Rc kepanasan sehingga nasi mejadi kering

    BalasHapus
  74. kalo pancinya nyetrum itu kenapa mas yaa..tks sblmnya

    BalasHapus
  75. Mas, kalau rice cookernya masuk air, bagaimana? bahaya ga?
    Maksudnya kemasukan air sewaktu pancinya dikeluarkan.

    BalasHapus
  76. Gan rice cooker ane kalo cook bisa panas, tapi kalo warming ga mau panas, malah dingin,,
    Kira" rusak apanya ?

    BalasHapus
  77. mau nanya rupanya sdh ada yg nanyain beserta jwbnya.permisi,mksh mas

    BalasHapus
  78. mantappp!!!

    BalasHapus
  79. bos, mau tanya RC saya g mau panas gimana ni??
    apa msh bisa di perbaiki, mks

    BalasHapus
  80. Mohon maaf kepada yang bertanya mengenai Rice Cooker, sebaiknya dibaca dulu dari awal sampai akhir termasuk komentar-komentar yg ada. Karena banyak pertanyaan yang sebenarnya sudah terjawab pada komentar sebelumnya. Terima kasih atas kunjungannya.

    BalasHapus
  81. Mas..RC Miyako MCM 706 begitu dicolokin semua LED nya berkedip-kedip. Kenapa ya ?. Thanks

    BalasHapus
  82. waktu masak, gak tau kenapa,,, tiba-tiba saklarnya hangus.. jadi rice cookernya gak bisa masak lagi..kira-kira apanya yang rusak....

    BalasHapus
  83. terima kasih

    BalasHapus
  84. makasih mas sangat membantu.. ada artikel mesin cuci gak mas??

    BalasHapus
  85. Mohon bantuannya, saya masak nasi di rc pas dah mateng kok jadi roti, ada yg rusak ga..gimana cara betulinnya...hahahaa

    BalasHapus
  86. mas tanya klo kerusakan pada cast heater pada RC ada tanda2 nya ga?

    BalasHapus
  87. mantaps..jadi tambah ilmu nih,

    BalasHapus
  88. betuk termistor kaya apa mas n posisinya dimana...?

    BalasHapus
  89. brp ya kira-kira harga termistor, soalnya nasi cepat kering,
    cara ngukur ternistor kalau udah rusak bagaimana? tq.

    BalasHapus
  90. hatur nuhun kang solusinya mo tak coba
    udah ada pasien 2 biji nih perlu diobatin

    BalasHapus
  91. terima kasih bos rice cooker kami ternyata ada nasi hitam yang mengganjal, ketika sudah diambil si nasi hitamnya, mudah2an nyala lagi yah bos tolong doakan rice cooker kami supaya lekas sembuh dari penyakitnya makasih semuanya

    BalasHapus
  92. saya mau menanyakan apa penyebab fuse putus ? Saya juga mau tanya dimana beli fuse 20 A 250○C ??

    BalasHapus
  93. Aduh.. mas.. nih rice cooker saya parah banget nih, dari pertama beli sampai sekarang, klo nasi sudah matang beberapa jam kemudian langsung habis.., apa yah pneyebabnya..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu karena Nasi di RC anda dimakan GENDERUWO... ternak genderuwo ya mas ?

      Hapus
  94. Saya punya rc yg besar (6kg) knapa micro swithx sering meleleh,thermostat sudah saya ganti knapa tetap ga mau k posisi warm.? Thk seblumx

    BalasHapus
  95. Maaf mw nanya nih, RC saya tiba" langsung mati. pdahal sblumnya pas lg cook baik" aja. Eh pas naik ke warm lngsng mati. dan skrg gak bisa lg dgunain. itu rusak dmana nya ya? tolong dbantu. klo me service kira" mahal gak? trimakasih

    BalasHapus
  96. saya mau nanyak, kalau lampu led cooking dan warming tidak menyala, yang mana yang harus diperbaiki? trimakasih

    BalasHapus
  97. Mas saya uda baca komen yg diatasnya, tp saya ga paham masalah beginian..
    RC Miyako sayamati total ga bisa dinyalain setelah RC dipake buat goreng telur,, hehe...
    RC saya teken terus tombol cooknya supaya bs buat goreng...
    Saya sudah sering goreng pake RC dan baru rusaknya sekarang...
    Sebelum mati total ada bunyi letupan2 yg ga jelas...
    Pas saya bongkar ga ada kabel yg putus, tp ada sedikit bekas kayak gosong gitu di besi2annya...
    Berhubung saya ga ngerti masalah kabel2an, jd saya ga berani ngotak-ngatik, takut konslet lagi kostan saya jd mati lampu & panggil tukang listrik buat benerinnya...
    Tolong dibantu ya mas...

    BalasHapus
    Balasan
    1. fuse putus, kalau ambil contoh gambar di atas bagian thermal fuse.

      Hapus
  98. mau tanya brow.... rc saya buat masak nasi -ok, tp warm cm 7 jam.... kira2 apanya yang rusak?

    BalasHapus
  99. Mas ,sy punya RC Miyako buat cooking normal tp buat warming nasi jadi kuning , apanya yg hrs diganti mas..
    Ceking: input 7805= 13volt
    output =5volt
    Tr 9013 =normal

    BalasHapus
  100. mas, mau tanya sy punya microcomputer rice cooker miyako type mcm 718 pas di colokin power lampu indicator semua berkedip-kedip kira-kira knp ya? trims atas jawabannya

    BalasHapus
  101. kalo led tdk nyala dan rc tdk panas sama sekali kan fuse nya yg rusak pak, apa ada yg jualan sehingga bisa diganti fuse nya? tlg infonya, 2 rc sy pny mslh yg sama, mksh

    BalasHapus
  102. Sya sudah coba cek thermostetnya pake lilin dan pegas masih mau kembali. Tp wktu sya pasang tetep nasi blm matang tp sdah d posisi warm. Kira-kira komponen apa yg prlu d ganti. ? Trima ksih.

    BalasHapus
  103. thermostat diganti aja, kemungkinan sudah tidak normal

    BalasHapus
  104. Kalo pemasak nasi yang blm ada fungsi warmingnya bsa ga dipasang penghangat

    BalasHapus
  105. Maaf numpang nanya klau lampu led nya mati walau pun udah di cok tapi tetap ga masak....!
    Itu knapa ya...?
    Tolong bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Periksa fuse putus, lokasi kira2 seperti pada gambar.

      Hapus
  106. mau tanya mas,, punyaku kalo di buat masak tiba2 mati knp itu?

    mkasih sbelumnya

    BalasHapus
  107. Mas saya mau tanya saya baru beli RC miyako pas cooking itu ko lama ya padahal itu RC yg kecil yg cm 1,2liter itu knp ya?? Trus pas posisi warm itu tiap bbrp menit bunyi cklek cklek itu knp ya mas?? RC nya pas dipegang bagian luarnya panas. Apakah itu aman??

    BalasHapus
  108. Mas mau tanya..MC saya gk mau hdup lg stelah masak air tp smpe kering..lupa soalx..yg komen d atas gk da yg sama..kse solusi mas.alx gk ngerti mau bongkar2 sndiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Periksa fuse putus, lokasi kira2 seperti pada gambar.

      Hapus
  109. Mas saya mau tanya. Saya baru beli RC. Pas dinyalakan langsung kluar asep dan mati. Ternyata pas di check beda voltase. Itu voltase 110. Sedangkan disini 220. Bisa di perbaiki ga? Sayang kan harus di buang. Padahal baru. Terima kasih

    BalasHapus
  110. mas saya sudah baca komentar diatas xuman saya belum paham btul

    gini mas. Saya punya RC merek miyako. Dia siap masak nasi berkisar 24 jam itu nasinya jadi kering dan kuning... itu apa apa yang rusak y mas? Tlong di bantu mass. Trims

    BalasHapus
  111. MC normal, nasi udh matang tp ada sebagian nasi yang basah n lembek, sehigga nasi cepat bau dan basi, kira2 apa yang rusak mas????
    Trims sebelumnya....

    BalasHapus
  112. ,mz mau tanyaa: kalau semisal fuse nya rusak bisa di ganti tidak? apa thermofuse bisa di cari di toko elektronik?

    BalasHapus
  113. thermostat sudah diganti, tapi koq tetep gak mau pindah dari cook ke warm ya. kira2 apa yg rusak mas? trim.

    BalasHapus
  114. Kalo masak nasi pake RC , masaknya pagi kenapa kalo sorenya sudah bau dan magak coklat nasinya

    BalasHapus
  115. Mas mau tanya..nasi baru dimasak setengah hari kok bau kayak basi ya..apa pemanas tutupnya rusak. Trus gimana cara ngeceknya ..thanks

    BalasHapus
  116. Mas kalau posisi normal terlalu panas gimana caranya coz nasinya cepat kering

    BalasHapus
  117. mas knapa kalo nasi sudah matang , terus lampu sudah hijau , tapii kemudia rice cooker gak bisa panas knapa mas

    BalasHapus
  118. Q mau tanya kalau skalarnya konslet gimana memperbaikinya?

    BalasHapus
  119. Tp gk bisa dibuat untuk cokking

    BalasHapus
  120. Indikator warm nyala,bila ditekan cook,listriknya langsung mati

    BalasHapus
  121. Mas, magic com saya, lampu warmnya prepet-prepet, kedip2 waktu warming, tp pas cooking normal. Kenapa ?

    BalasHapus
  122. Mas, magic com sy bermasalah.. kalau masak nasi hasilnya bagian tengah nasi basah tapi pinggir dan bawahnya kering kadang sampai gosong, tapi bagian tengah tetap basah. Itu gimana ya? Mohon bantuannya.. terima kasih

    BalasHapus
  123. Gan tanya ricecooker saya sering putus thermalfuseny,sudah saya ganti putus juga setelah pakai 1 2 kali salahny apa ya?

    BalasHapus
  124. Lampu warm tidak menyala pada saat warming. Padahal tuas pd posisi warm dan lampu led msh normal ketika di cek dan thermostat juga msh berfungsi dg baik. Ttapi pda saat cooking.. lampu cooking menyala. Hnya pd saat warming lampu tdk mnyala. Mhon pencerahan nya..

    BalasHapus
  125. alhamdulillaah sangat mmbantu... terima kasih semoga bermanfaat

    BalasHapus
  126. Mas, RC bisa ke posisi warm tapi lama2 nasi gosong itu apanya ya yg rusak?

    BalasHapus
  127. Mas ketika saya masak airx kluar lwt lubang uap mhon bantuannya

    BalasHapus
  128. Mas tanya mas,, rice cooker saya kalo masak hasilnya koq kurang mateng ya. padahal fungsi cook dan warmnya bagus. nasinya mateng sih tp tidak terlalu empuk ,,sepertinya fungsi penghantar panasnya krg maksimal. kira2 apa ya penyebanya. oh ya setelah nasi mateng pada posisi warm nasi nya jg kurang terlalu panas.(hangat sedikit aja). thanks.

    BalasHapus
  129. mas mau tanya...sya punya RC merk cukoo made in korea dengan tegangan 120v tp tiba tiba sma ibu gk tau di colokin ke 220v..dan tiba tiba rusak.kira kira bagian mana yang rusak ya mas...mohon pencerahanya..makasih

    BalasHapus
  130. gan...saya punya magic com miyako, masak nasi bisa tapi buat manasin nggak bisa? nasi tetap dingin, gimana betulinnya gan? mksh!

    BalasHapus
  131. gan...saya punya magic com miyako, masak nasi bisa tapi buat manasin nggak bisa? nasi tetap dingin, gimana betulinnya gan? mksh!

    BalasHapus
  132. Mas. Mau Tanya sy punya rice cooker yongma kl lg masak cooking posisi tdk lama bunyi munculki E03. Bagaimana atasinya yah? Thanks

    BalasHapus
  133. Terimakasih informasninya gan, semoga bermanfaat.

    visit : http://www.rajalistrik.com/

    BalasHapus
  134. pagi mas, thanks buat sharing yg bermanfaat ini. Rice cooker saya masak sih normal, begitu matang saklar pindah ke warm, tp sepertinya panasnya masih berlebih, nasi jd cepet kering dan kuning. sudah ganti termistor ttp sama, please sarannya apa yg harus saya ganti lagi. sekali lagi thanks buat responnya

    BalasHapus
  135. Cara ngetes mica heater atau termistor putus gimana gan??

    BalasHapus
  136. Misi gan,Rc sy merk yongma model 3800g dan indikatornya berkedip trs tp tidak panas mohon pencerahannya,makasih sblmnya

    BalasHapus
  137. Maaf gan.lo rc dah matang trs saklar ke posisi warm tp indikator tetep di cooking..nasi jd gosong..mslhnya apa gan..tq..klo dimanual indikator tetep ga mau..

    BalasHapus
  138. Maaf gan.lo rc dah matang trs saklar ke posisi warm tp indikator tetep di cooking..nasi jd gosong..mslhnya apa gan..tq..klo dimanual indikator tetep ga mau..

    BalasHapus
  139. Mas mau tanya magic com sewaktu saya memasak nasi, tombol cook sudah berubah menjadi warm. Tp ketika sy buka magic com nya ternyata nasi belum matang dan masih banyak airnya. Itu kira2 kenapa ya?Apakah sy terlalu banyak memberi air ketika memasak nasi?atau ada bagian magic com yg rusak?

    BalasHapus
  140. Maaf mau nanya, kalo rice cookernya kemasukan air terus mati total itu gimana yah? Udah coba dikeringin pake hair dryer tapi tetep ga mau nyala. Saya ga berani bongkar soalnya ga begitu tau masalah alat elektronik. Mohon bantuannya kalo ada yang mau ngasih saran. Makasih sebelumnya

    BalasHapus
  141. maaf nanya mas thermal fuse pada RC saya kok sering putus ya padhal saya ganti baru itu trjadi setiap 2hari sekali pasti putus...

    BalasHapus
  142. klo buat nanak nasi slalu basi mohon infonya

    BalasHapus
  143. mau tanya mas admin... klo rc miyako 6in1 pas sedang cook...nasi blm matang...tiba2 ktiga lampu indikatornya nyala semua kedip2..itu krn ada krusakan d bgian apanya y mas? bls email z mas...
    trmksh

    BalasHapus
  144. Mau tanya min, tombol yang buat buka tutup rice cooker patah, bisa diperbaiki kah?

    BalasHapus
  145. gimana cara mengatasi masalah nasi berbau pada rice cooker??? Fisika Info.

    BalasHapus
  146. Bru aja goreng pkai magic com,eh skitar 30mnit lmpu pda magic com mati&g nyala lgi,knapa ya gan? Sprti ada kabel yg kpanasan

    BalasHapus
  147. Kang nasi saya tadi pagi mau sarapan tau tau dingin blasss terus coba masak nasi posisi di cook weh baru satu menit pindah ke wsrm gimana kang cara perbaikan nya tolong kang jawab ya keburu laper nih belum sarapan trims kang

    BalasHapus
  148. Mas saya mau tanya.
    RC saya tegangannya 110V. Kepengen di ganti ke 220V jadi yang harus diganti apanya ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebaiknya memakai trafo step down 220v ke 110v

      Hapus
  149. Mas, mo tnya neh..klo RC arus nya msuk di taspen tp lmpu led nya mati opo ne yo..n klo buat msak nasi panci nya gosong? Tlg nyuwun penjlsan njeh..

    BalasHapus
  150. Terima kasih artikelnya sangat membantu. Berkat baca artikel ini beserta baca komentar2nya saya coba bongkar sendiri, akhirnya RC saya bisa digunakan kembali.
    Masalah yg saya hadapi sebelumnya RC saya tiba2 mati, sudah colok ke listrik tapi tetep gak mau nyala. Saya coba cari di google lalu ketemu artikel ini. Setelah membaca artikel ini saya coba bongkar, setelah itu langsung saya lepas thermal fuse nya, saya cari di seluruh toko di jayapura tapi gak ada yg jual, akhirnya saya jumper. Dan finally RC saya kembali normal. Tapi harus sering di cek saat memasak nasi karena gak ada pemutus arusnya.

    BalasHapus
  151. Mas, rice cooker sy merk tefal. Setelah terjatuh/terbanting tidak dapat berfungsi lagi walaupun lampu indikator display masih baik. Sudah saya bongkar sendiri tidak ada wayar kabel yg terlepas atau terbakar. Kerusakannya dimana ya mas, trims sblmnya...

    BalasHapus
  152. Mas, rice cooker sy merk tefal. Setelah terjatuh/terbanting tidak dapat berfungsi lagi walaupun lampu indikator display masih baik. Sudah saya bongkar sendiri tidak ada wayar kabel yg terlepas atau terbakar. Kerusakannya dimana ya mas, trims sblmnya...

    BalasHapus
  153. rise cooker quantum error ada k0d3 E3 dimana ?

    BalasHapus
  154. Saya sdh ganti elemen tutup tapi elemen bawah tidak panas, kalo elemen bawah saya sambung langsung ke listrik bisa panas, itu solusinya gimana ya? Magic com miyako kecil. Thanks

    BalasHapus
  155. Mau tya mas, magic com sya kalau ud jalan 15 menit mengakibatkan listrikx anjlok, padahal baru dipakai gk p2, baru baru ini mungkin ud 7 hrian listrik anjlok trus, awalx anjlok sekali, teus 2 kali, terakhir ini 3 kali mas apax yg rusak? Trims sebelumx

    BalasHapus
  156. Kalo majigcom saya menanak nasi normal,,tapi giliran ngangetin cuma tutupnya yg anget,bodinya dingin jdi ber air nasinyA,mohon bantuanya,,,makasih

    BalasHapus
  157. Misi ms..mau nanya,,, magicom miyako MCM 706 eror lampu indikator menyala semua,,gmn y solusinya... thanks ms

    BalasHapus
  158. Mas kalau termaostat nya rusak gimana mas,bisa di perbaiki lg apa gak mas.atau apa ada di jual mas.

    Mohon jawabannya mas.?

    BalasHapus
  159. Mas ini lampu led yg cook kenapa ya ga bisa nyala trs apa tdk ada aliran arusnya nasi jd ga matang dong mas kenapa ya?

    BalasHapus
  160. Mas ini lampu led yg cook kenapa ya ga bisa nyala trs apa tdk ada aliran arusnya nasi jd ga matang dong mas kenapa ya?

    BalasHapus
  161. Mas mau tanya dong ricecooker saya mati total setelah saya gunakan memggoreng makanan kecil sebentar bagaimana cara memperbaikinya lampu cook & warm nya juga mati total padahal saya baru beli seminggu yg lalu terimakasih...

    BalasHapus
  162. Pengalaman/Pengamatan saya: Menanak Nasi dengan RC cenderung harus agak "PERA" alias Airnya agak dikurangi. Kebanyakan Air bisa menyebabkan Nasi mudah Berkerak dan juga mudah berbau karena lingkungan masih agak Lembab. Coba di eksperimen dengan Air yang agak dikurangi dan menanaknya jangan terlalu banyak, cukup untuk sekali makan saja, toh menanak nasi dengan RC hanya memerlukan waktu yang singkat.
    Ada baiknya memakai 2 (dua) Rice Cooker ukuran kecil yang dipakai secara bergantian.
    Trims

    BalasHapus
  163. Rice cooker saya tidak bisa masak. Kira-kira kenapa ya? Terima kasih

    BalasHapus
  164. Saya mau tanya kenapa rice cooker saya kok nyetru itu kenapa gan

    BalasHapus
  165. Saya mau tanya kenapa rice cooker saya kok nyetru itu kenapa gan

    BalasHapus
  166. mas jika termostat nya sudah diganti tapi nasi tetap ceat kering itu apa maslahnya yha mas

    BalasHapus
  167. mas jika termostat nya sudah diganti tapi nasi tetap ceat kering itu apa maslahnya yha mas

    BalasHapus
  168. Mas, RC saya hidup ,tapi tidak bisa untuk memasak,lampu cooking ny juga gak nyala ,tapi lampu warming nya nyala, itu rusak nya dimana ya bos, tolong bantu bos

    BalasHapus
  169. Gan RC ane termalfusenya putus 10A 133C smntara ditmpt ane cma ada 10A 125C dan 10A 150C..bisahakah diganti dgn yg 125 atau 150??mohon petunjuknya gan..

    BalasHapus
  170. kalu magicom elemen tutup kabelnya ikut yang elemen bawah atau elemen samping,atau langsung tanpa melalui saklar,mohon penjelasan

    BalasHapus

Berikan komentar Anda