26 September 2009

Analisa kerusakan stik PS

(Postingan ini telah direvisi tgl 9 September 2010)

Bisnis rental PlayStation sekarang ini memang sudah bukan booming lagi. Bahkan pada kota-kota tertentu dapat dikatakan sudah pada titik anti klimaks. Artinya sudah pada grafik menurun yang akhirnya menurunnya omzet, pada akhirnya terpaksa gulung tikar.

Saya ambil contoh di Blitar. Tarif rental pada awal kemunculan PS2 masih 2500 per jam. Kemudian seiring banyaknya yang buka usaha rental akhirnya turun menjadi 2000 per jam. Kemudian saat ini sudah hampir pada titik impas yaitu 1500 per jam.

Padahal usaha ini juga memiliki resiko cukup besar. Sering jadi incaran pencuri dan kerusakan dari PSnya sendiri, terutama stiknya. Karenanya, pemilik rental dituntut harus bisa memperbaiki kerusakan stik sendiri bila masih ingin bertahan di usaha ini.

Berikut cara-cara menganalisa kerusakan stik, berikut solusinya.

Untuk mengecek stik, dapat menggunakan game Winning Eleven, meski kemampuan game ini untuk mendeteksi kerusakan tidak bisa 100%. Namun sebagai deteksi awal sudah mencukupi. Pilih game WE pada posisi 2 player sedang memilih club. Untuk deteksi kerusakan, terutama tombol analog, akan lebih akurat bila stick dicoba main game GTA San Andreas. Bila pada analog kiri ada kerusakan maka respon yang mungkin muncul adalah CJ bergerak sendiri, tidak mau bergerak ke arah sesuai arah analog, dan mau bergerak tapi tersendat-sendat (tidak normal). Bila analog kanan yang rusak maka respon yang mungkin muncul pandangan kamera terus ke arah tertentu, pandangan kamera tidak mau berubah sesuai arah analog.

Tidak ada satupun tombol yang respon
Pertama, periksa kabel stik (ada 8 kabel) dengan AVO meter, pakai digital lebih baik. AVO meter pada posisi ohm meter, kondisi normal harus menunjukkan angka mendekati 0 ohm, maksimal 5 ohm. Bila ada kabel yang menunjukkan nilai ohm besar berarti kabel tersebut putus. Coba potong pada ujung kabel kira-kira 10 cm, lalu periksa lagi kabel yang putus tadi. Bila sudah dipastikan kabel tidak ada yang putus maka sambung kabel ke pcb. Jangan lupa urutan pemasangannya jangan sampai keliru. Bila kabel tetap putus, tidak ada pilihan harus ganti kabel baru. Bila dari pemeriksaan tidak ada kabel yang putus, coba ganti kabel dengan yang baru (pastikan tidak ada yang putus). Dan bila tetap tidak menyelesaikan masalah maka berarti ada kerusakan ic pada pcb stick. Bila ini terjadi maka stick sudah tidak bisa diperbaiki lagi. Namun kita masih dapat memanfaatkan komponen lain yang masih bagus, misalnya kebelnya, karet, analog, dan wadah stick-nya sendiri.


Arah bergerak sendiri (lari)
Ini disebabkan analog ada yang rusak, yaitu pada analog sebelah kiri. Dengan AVO pada posisi 20 kilo ohm (AVO digital), ukur kaki elektroda resistor analog yang tengah dengan kaki elektroda yang pinggir (kiri dan kanan). Normalnya menunjukkan angka 2,5 - 4 kilo ohm, diukur saat analog masih terpasang pada pcbnya . Bila dibawah 2 kilo ohm atau melebihi 6 kilo ohm maka resistor tadi sudah tidak normal. Resistor yang terukur melebihi 6 kilo ohm, langkah pertama kita semprot dengan contact cleaner lalu tombol analog kita gerak-gerakan. Coba ukur lagi apa sudah normal. Bila mekaniknya analog masih layak pakai, maka kita dapat hanya mengganti resistor saja. Cari analog yang bekas, ukur dulu resistornya apa masih normal. Kaki tengah dengan pinggirnya nilainya sekitar 5 kilo ohm (bila diukur terlepas dari rangkaian pcb). Selanjutnya kita ganti resistor yang rusak dengan yang normal tadi. Bila kondisi semua resistor dari analog masih normal, tapi tombol arah masih tetap lari sendiri, maka periksa kabel yang menghubungkan pcb utama dengan pcb tempat analog (pada stik TW atau biasa, pcbnya dari kayu). Apakah ada kabel yang putus, bila ada dapat disambung dengan sistim jumper memakai kabel. Karena kabel selendang susah dicari, dan dari 8 kabel mungkin hanya 1 saja yang putus. Kondisi kabel bagus (tidak ada yang putus), periksa sambungan pada pcb apakah ada yang putus.



Arah bergerak sendiri ini bila kerusakan ada pada analog sebelah kiri. Bila yang rusak analog sebelah kanan, maka indikatornya dapat dilihat saat bermain game:
>> Pada game WE, kadang-kadang pemain nendang bola sendiri.
>> Pada game GTA, arah camera bergerak sendiri, atau arah kamera hanya menuju arah tertentu saja.
>> Pada game smackdown pain, pemain gaya-gaya sendiri.

Tombol tidak respon dengan baik atau tidak respon sama sekali
Maksudnya adalah tekanan pada tombol harus keras supaya respon. Periksa apakah karet ada yang rusak/jebol. Bila sudah jebol, ganti dengan baru. Bila belum jebol, dan fisiknya cukup baik, bersihkan carbon pada karet (yang berwarna hitam) dengan cotton bud yang disemprot contact cleaner. Juga bersihkan pcbnya. Bila carbon pada pcb ada yang rusak, olesi lagi dengan carbon cair. Pada stick ori (yang pcbnya terbuat plastik), kerusakan ini bisa disebabkan jalur pada pcb ada yang putus. Tandanya dapat dilihat jalur berwarna agak hitam atau karbon pada pcb sudak koyak/terkelupas.


Tombol R1,R2,L1, atau L2 ada yang tak fungsi
Periksa kabel yang menghubungkan pcbnya dengan pcb utama. Apa ada yang putus.

Semoga petunjuk ini bermanfaat bagi pemilik rental PS.

39 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. bos mau nnya klo analog nya bergerak sendri tapi sudah gnti dengan yg baru gmana solusi nya.??

    BalasHapus
  3. periksa jalur dan kabel dari resistor (pada analog yang bermasalah) pasti ada yang putus.

    BalasHapus
  4. thanks for informasinya,

    :D

    BalasHapus
  5. kalau stick original papan di ganti dengan analog yang baru tapi tetap saja analog sebelah kiri tetap tidak normal arahnya,
    bagaimana solusinya?

    BalasHapus
  6. periksa kabel penghubung antara pcb pd analog dengan pcb utama yg ada ic tempel, juga cek pcb pd analog mungkin ada jalur yg putus

    BalasHapus
  7. kursor bergerak walaupun komponen analog dambil,
    apanya yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Analog dilepas justru menyebabkan gerak sendiri. Coba ganti analog baru, kalau masih gerak sendiri periksa kabel (penghubung antara pcb utama dengan pcb pada analog) dan jalur pcb mungkin ada yg putus.

      Hapus
  8. ps2 kedi-kedip lampu power, solusinya gmna bos?

    BalasHapus
  9. tulung tulung... analog kiri saya gerak sendiri,,,apa itu bisa diperbaiki,,ganti analog yg baru sudah,,,tp tetep saja gerak sendiri,,.

    BalasHapus
  10. tulung tulung... analog kiri saya gerak sendiri,,,apa itu bisa diperbaiki,,ganti analog yg baru sudah,,,tp tetep saja gerak sendiri,,.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Periksa jalur pcb mungkin ada yg putus. Pada stik TW periksa kabel selendang penghubung antara pcb pada analog dengan pcb utama mungkin ada yg putus

      Hapus
  11. boz,mau nnya klu analog arah kiri-kanan g bs gerak.sousinya gmn?makasih

    BalasHapus
  12. mas, analog uda tak ganti baru ampe 3 kali terus kabel uda tak cek gx ada yang putus tetep gerak sendiri ya analog nya.. gimana cara nanganinnya.. pcb juga masih bagus ni

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba
      1.pas pasang dasar analog hrs rata dg pcb.
      2. Cek jalur lampu analog pastikan jgn ada yg terputus.
      3. Ganti variable resistor(3 kaki analog sbh kanan/blkng) yg bermasalah. Biasanya masalahnya disitu.

      #Sekedarbantu

      Hapus
  13. mas cara menjamper stik gmn soalnya gk tau jalur2nya

    BalasHapus
  14. mas. stik saya kadang masuk usb kadang gak gimna mas.

    BalasHapus
  15. kabel kadang sambung kadang putus

    BalasHapus
  16. copas doang haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf pak, bila posting saya di web ini hasil copas, mungkin bisa menunjukkan hasil copas dari mana? Terus terang pernyataan Sdr sangat merugikan saya, Sdr tidak menghargai hasil pikiran dan tenaga saya untuk menghasilkan isi postingan. Namun saya tetap bersukur bahwa postingan saya cukup banyak yg membaca (mungkin berguna) bila dillihat dari komentar2 yg masuk.

      Hapus
  17. kalo stik saya lampu analog nya hidup tapi tidak bisa ditombol sama sekali, gimana tuh cara memperbaikinya ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kabel stik pasti ada yg putus, cek dan solder lgi.

      #Sekedarbantu

      Hapus
  18. gan klo analognya mati nyala mati nyala sendiri tuh gmana cra benerinya?

    BalasHapus
  19. Mas, kalo analog kiri rusak, apa bisa di tukarsama yang kanan?.apa kedua analog benar2 sama?. Maka kalau salah satu analog rusak, tinggal di tukar dari kanan ke kiri.... mengingat tang kanan hanya sebagian kecil game saja yang mengunakannya...

    Makasih postingannya, tolong di jawab ya??.

    BalasHapus
  20. Hargailah usaha orng lain Dan ambil hikmahnya Saja yg tidak suka jangn komen ok trimakasih salam ikhlas persahabatan bagi yg punya forum ini sabar y bos cuekin saja

    BalasHapus
  21. Mas stick saya malah beregetar sendiri bagaimana solusinya

    BalasHapus
  22. tuk penggantian analog pada stik ori,harus bagaimana.setiap saya ganti begitu analog diarahkan kekiri dan dilepas slalu bebalik arah dengan sendinya,begitu juga dengan sebliknya,keatas maupun ke bawah.stik ori tipe A.pcb plastik yg di jepit dengan busa

    BalasHapus
  23. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  24. mas, kalo lampun indikator analog suka mati sendiri gmna?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba kaki lampu pada pcb disolder lgi/cek kabel stiknya/karet tombol startnya diganti gan...biasa masalahnya disitu

      Hapus
  25. Tolongi saya gan..
    Stik ane bisa mati sendiri..
    Apa solusinya gan..
    Tipe stick ane stick ori mesin apls 3 kaki..
    Mohon pncerahanya..
    Stick brmslah ada 4 gan..
    Thanks sblmnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo mati sndiri biasanya krn kabel ada yg putus, cb cek/ganti yg kbel yg baru (jenis serat) gan,

      #SekedarBantu

      Hapus
  26. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  27. mau tanya gan, kalo arah kanan kiri atas bawah tidak sesuai (bukan analog), misal di tombol ke kanan tapi geraknya ke kiri apanya yang rusak gan ? udah ganti pcb tp tetep saja.

    BalasHapus
  28. Gan stick saya tidak bisa mematikan mode analog (untuk main di d-pad)

    Kenapa yaa?

    Apa pertanyaan saya membingungkan?

    BalasHapus
  29. Gan kalo udah ganti analog tp dia gamau gerak kenapa?udah disambung jalur tp tetep sama. Analog ps3

    BalasHapus
  30. Mas, apa bedanya ic stik tw, op ,om . menurut mas bagus tw atau op

    BalasHapus

Berikan komentar Anda