25 September 2009

Resistor atasi MCB listrik jeglek (off)

Bagi rumah tangga yang daya listrik pas-pasan (450 watt), tentu sering mengalami mcb listrik tiba-tiba "jeglek" (off) saat menyalakan tv, atau alat rumah tangga lainnya. Penyebabnya, saat tv mau nyala terjadi lonjakan beban sehingga arus litrik yang terpakai juga ikut naik. Akibatnya mcb langsung off otomatis karena arus sudah melewati batas.

Pada daya 450 watt, atau 2 A, bila tegangan normal 220 volt maka daya maksimum adalah 220 kali 2 = 440 watt. Tapi pada daerah yang jauh dari gardu listrik, apalagi pada beban puncak jam 6 sore sampai 9 malam, tegangan bisa drop menjadi 180 sampai 200 volt saja. Artinya, dengan tegangan 200 volt jadi daya maksimum hanya 200x2 adalah 400 watt saja. Jadi konsumen dirugikan 50 watt.

Bila mcb sering jeglek, coba hitung ulang daya yang sudah terpakai. Hitung berapa watt tiap lampu yang ada, pemakaian kulkas, pompa air, tv, dll. Apakah totalnya sudah melebihi kemampuan mcb? Bila lebih, sudah waktunya Anda mengganti lampu dengan yang wattnya lebih rendah. Jangan menggunakan lampu TL, karena konsumsi listrik mendekati 180% dari daya yang tertulis pada TL. Hal ini karena adanya kumparan pada perangkat box TL. Gunakan lampu hemat energi. Atau berpikir untuk menaikkan daya listrik yang berarti menambah pengeluaran bulanan untuk bayar rekening listrik.

Teliti, perlengkapan listrik mana yang biasa menyebabkan mcb jeglek, biasanya televisi atau pompa air. Misalnya tv, maka pada tv ini kita tambahkan Resistor (tahanan).

Beli resistor di toko elektronik, bentuknya kotak panjang berwarna putih dengan elektroda pada kedua ujungnya. Pada badan resistor biasa tertulis sekian ohm dan wattnya (misal 10 ohm 20 watt). Harga berkisar 1 ribu sampai 3 ribu.

Caranya, kabel listrik dari tv ke jack listrik, ada 2 (satu ground satunya positif) potong salah satu saja. Kemudian resistor tadi disambungkan ke bekas kabel yang kita potong tadi. Sambungan bila perlu disolder, lalu diisolasi. Lebih jelasnya lihat gambar ini.



Hasilnya, coba sendiri. Dijamin listrik gak mudah jeglek lagi.

69 komentar:

  1. listrik memang tidak off lagi jika menyalakan tv yg sudah dipasang starting, tetapi jgn lupa tv anda akan mudah rusak karena tidak mendapatkan suplay listrik yg normal, pernah sy alami

    BalasHapus
  2. memang dengan adanya resistor membuat tegangan suply ke TV turun. Untuk itu dapat diakali dengan memasang saklar yang diparalel dengan resistornya. Saat tv belum nyala, saklar posisi off. Setelah TV nyala, saklar kita on kan. Sehingga arus langsung lewat saklar, tidak melalui resistor lagi. jadi tegangan ke TV tetap

    BalasHapus
  3. 20OHM 20 WATT UNTUK KOMPUTER. WAH RESISTOR PANASS SEKALI AKU TAKUT PAK JIKA TERJADI SESUATU YANG TIDAK KITA INGINKAN.
    SOLUSINYA BAGAIMANA?

    BalasHapus
  4. pasang aja saklar, diparalelkan dengan resistor. saat computer mau dihidupkan, saklar pada posisi off. Lalu setelah computer nyala, saklar lalu di on-kan. Jadi arus listrik sudah tidak lewat resistor lagi, tapi lewat saklar. Jadi sudah aman deh. Fungsi resistor hanya pada start saja, lalu setelah nyala digantikan dengan saklar.

    BalasHapus
  5. waaaaaaach.... muantap vsan saran yang maz berikan, saya malam tadi baru liat dan siang tadi saya buktikan hasil'y pun sungguh luar biasa, tv yang saya kasih resistor ketika saya hidupkan bersamaan dengan pompa air sudah tidak njeglek lagi, tapi resistor yang saya gunakan adalah 18 ohm 20 watt karena ditempat saya gak ada yang menjual ukuran 10 ohm 20 watt, apa dengan resistor yang saya pakai itu akan berpengaruh dengan elektronik yang dipasang resistor tersebut??

    dan, saya mau nanya ukuran resistor yang bisa digunakan untuk kulkas dan pompa air ukuran resistor'y berapa ya maz??? daya kuskas 120 watt dan pompa air 125 watt. mohon bantuan'y ya maz... terima kasih semoga sukses selalu dalam berkarya maz...

    alamat email saya (yulianto.teknik@gmail.com)

    BalasHapus
  6. untuk kulkas saya kira tidak perlu dikasih resistor karena biasanya kulkas kan selalu dinyalakan jadi fungsi resistor disini tidak diperlukan. Kecuali untuk pompa air perlu dipasang. Ukuran resistor asal sudah memadai (tidak njeglek) sudah ok

    BalasHapus
  7. apa bedanya dngn alat star slow yg d jual d psrn shrga 15rb

    BalasHapus
  8. Prinsip sama, bedanya slow start yang dijual di toko = dikemas dalam box, dilengkapi LED, dan Resistor dicor sama semen.

    BalasHapus
  9. saya mau tanya pak maaf klau keluar dari topik..
    Bagaimana caranya membatasi pemakaian arus listrik maximum 20 atau 50 watt
    di tmpt saya menggunakan kincir air dan listrik dibagi ke 5 rumah
    atas jawaban nya saya ucapkan terimakasih

    BalasHapus
  10. Pembatasan pemakaian listrik yang sebenarnya atas dasar "Arus Listrik" atau ampere. Jadi misal tegangan 110 volt, bila dibatasi pemakaian 50 watt, maka ampere maksimum = 50/110 = 0,45 (anggap saja 0,5 ampere). Maka kita pakai MCB yang 0,5 ampere, tiap rumah dipasang MCB 0,5 A. MCB yang ukuran kecil sepertinya tidak ada di pasaran, dapat dipakai sekering otomatis. Bila di toko adanya cuma 1A, maka pemasangan 2 rumah digabung hanya 1 sekring/MCB. Semoga membantu

    BalasHapus
  11. saya mau tanya pak,rmh saya 450watt tp akhr2 ini setiap menyalakan tv pasti njeglek...sampe pusing yg salah apa?pdhl elektronik cm kulkas,ricecoocker,lampu d hmt enrgi,air g pake cos lstrikny.mhon solusinya terima kasih....

    BalasHapus
  12. Tv saat dinyalakan pertama kali (bukan dari posisi stanby) terjadi lonjakan beban sesaat, akibatnya MCB yg ampere kecil sering jeglek. Solusinya dipakai soft start, banyak dijual di toko dengan harga sekitar 25-50 ribu.

    BalasHapus
  13. salam kenal pak, sufyan. kalo pake 20 watt 18 ohm, kalo masuk pln jadi berapa watt ya komsumsi listriknya? apa ya 20 watt? semisal saya pasang paralel resistornya gimana (semisal resistor masing2 20 watt 18 ohm). trim untuk share pengetahuannya pak....

    BalasHapus
    Balasan
    1. dari pertanyaan bapak, seperti (maaf) bpk belum paham cara hitungan listrik. Ilustrasinya begini, misal dari PLN lewat resistor (20watt 18 ohm) lalu ke TV/beban. Anggap TV konsumsi daya 110watt, bila listrik 220volt maka arus yg diperlukan 0,5A (110/220). Jadi arus 0,5A lewat resistor 18ohm, shg daya yg diserap oleh resistor (kerugian daya = I^2.R) adalah 0,5^2x18 = 5watt. Memakai resistor 20watt (daya kerja maks.) jadi cukup aman.

      Hapus
  14. ukuran resistor yang bisa di pakai tu berapa aja pak brow. maaf aku orang awam untuk urusan elektro. tanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Besar Resistor disesuaikan dengan beban/daya (watt) peralatan elektroniknya. Ukuran watt (resistor) makin besar makin baik. Tersedia di pasaran umumnya 5-20 ohm dan 5-20 watt. Dicoba aja dulu, kalau masih tetap pln trip/njeglek baru dipasang 2 resistor secara seri.

      Hapus
  15. saya beli mixer roti, tertulis 1080/1000 W. listrik di rumah memakai 1300 W. Kalau dinyalakan mixer, MCB jeglek. Saya tambah pakai slowtart 1500 W, (yang ada semennya) , mixer sempat berputar, kira2 15 detik , slowstart terbakar.
    Ada solusi selain menaikkan daya? Tolong mendesak, terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Daya slow start masih kurang besar, tapi karena beban sangat tinggi hanya dengan menambah daya slow start juga riskan slow start terbakar lagi. Solusinya: daya slow start ditambah (kalau masih memungkinkan) dan ditambahkan relay yg dipasang paralel dengan slow start. Cara pakainya (mode manual):saat akan dipakai relay posisi off, nyalakan mixer dan setelah mixer on lalu secepat mungkin relay ditekan shg posisi on.

      Hapus
    2. Terima kasih atas respon cepat mas wira. Mencari slow start dengan daya di atas 1500 W di tempat saya sulit, hampir tidak ada. Apakah menyambung secara seri 2 atau 3 slowstart tersebut bisa bernilai 2 atau 3 x daya slowstart.? Kalau iya, bisa dibantu cara menyambung slowstart secara seri tersebut, terima kasih

      Hapus
  16. Salam kenal pak,..sya mau tanya.dirumah sya listriknya berdaya 900 watt,.peralatan yg dipakai yaitu kulkas,Tv,dvd,mesin cuci,komputer dan Ac dan pemanas nasi..sekali2 sy pernah menyalakan pd waktu yg bersamaan,.tp aman2 saja,..dan sya nyalakan AC,kulkas dan pemanas nasi itu sdh pemakain rutin termasuk tv setiap harinya,.tapi dlm minggu terakhir ini mcb di kwh sering jeglek,(dalam pemakain sdh lebih dari 30 menit).itu kalau saya menyalakan AC ( merk LG terminator 1/2 pk 350watt)...kemudian pd siang hari saya coba tv dimatikan,kulkas dan pemanas dan perabot lainnya tdk digunakan,hanya AC saja yg dinyalakan,ternyata dlm 1 jam mcb kembali jeglek,mcb panas dan berbau,..saya jd bingung masalahnya ada pd AC atau pd mcb pak ? Mohon penjelasannya,.mcb di kwh sdh lebih 10 thn umurnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pemakaian peralatan kalau saya hitung2 (dipakai bersamaan) sudah hampir 900 watt atau mungkin malah lebih, beban yg berlebihan di atas kemampuan MCB akan mempercepat kerusakan MCB. Jadi kesimpulan saya MCBnya yg bermasalah

      Hapus
  17. Dengan jumlah pemakaian demikian apakah mcb yg nantinya diganti sama ukurannya(ampere)nya dg yg ada atau bolehkah dinaikkan sedikit ukurannya mengingat konsumsi daya yg diperlukan sangat banyak,atau dinaikkan dari 900watt menjadi 1200 watt,.menurut saran bapak ? Trmksh byk atas informasinya,.sangat bermanfaat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagusnya MCB diganti dengan 6A(1300watt). Pergantian MCB berarti tambah daya, tambah pula biaya tagihan bulanan. Tagihan antara 900watt dengan 1300watt dengan pemakaian yg sama, tagihan bisa naik sekitar 30%. Kalau MCB diganti sendiri, tentunya ini menyalahi aturan PLN. Tinggal pilih yg mana aja.

      Hapus
  18. Oke pak terimakasih atas penjelasannya.

    BalasHapus
  19. Slm jaya pak, saya mau tanya. Listrik di rumah saya 450watt sy gunakan utk tv, kmputer, magicom tp ga prnah dgunakan brsamaan. Mslahx minggu2 ini mcb sering jeglek klu utk mencolokan pc/stavol apalagi pc dsambungkan lwt stavol pasti jeglek tp msh bs kl d hdupkan lg, solusi gmana ya biar ga jegleg lg. Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Daya 450W memang riskan MCB sering jeglek, apalagi bila monitor PC masih model CRT. Solusi waktu nyalain PC antara monitor dan CPU harus bergantian. Misal CPU dinyalakan dulu (monitor masih off), kemudian monitor. Bisa juga dgn menambah slowstart. Dari PLN --> slowstart --> stavolt --> PC.

      Hapus
  20. Slm... Sy beno, Gan..
    mau tanya klw alat penghemat daya pemakaian listrik apa y...??
    supaya pemakaian bsa maksimal tapi tagiha listrik /bln tidk membengkak...

    mohon d bantu Gan.. (trimaksih)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alat yg dijual (katanya bisa untuk menghemat tagihan listrik) pada dasarnya adalah capasitor bank. Bisa lihat disini lebih jelasnya http://www.ziddu.com/download/17135621/HematlistrikdenganKapasitor_Bank.pdf.html

      Hapus
  21. Monitor saya kenak ciprakan air sedikit terus pas dihidupin MCB nya jeglek terus

    kira kira itu apanya ya bang??
    mohon bantuannya

    BalasHapus
  22. Maksud dari MCB itu MCB PLN bang

    BalasHapus
  23. Ada komponen yg short di monitornya, periksa bagian regulator. Cek transistor

    BalasHapus
    Balasan
    1. pak mau tanya listrik dirumah 1300 peralatan elektronok ada tv 3,majicom 2 hanya menghangatkan ja bukan masakdan pompa air,bila dipasang ac dengan watt 400 apakah kuat?????trmkash

      Hapus
  24. Pak ikut konsultasi ya, saya ingin beli mikser berdaya 800W, tegangan rumah 900. Rencana mikser akan digunakan siang hari saja. Yg saya tanyakan: mungkin tidak daya listrik pada angkatan pertama melebihi 900W sehingga listrik njeglek. Terima kasih infonya.

    BalasHapus
  25. baru kepikir kalau tl 180%. padahal voltage mpe 229 -232 v

    BalasHapus
  26. Pak, saya mau tanya. saya kan baru ini pake mesin cuci, rmh saya berdaya 450 watt. saya sudah mastikan klo listrik dirumah saya sdh tidak ada yg menyala, hanya mesin cuci. tp setelah kurang dr 5 menit listrik jeglek. Saya berniat ganti MCB dgn daya 900 tp apa bener dgn menambah daya MCB harus mengganti kabel jadi lebih besar? dan apa perlu sekring lama (bulat) diganti dgn sekring baru (berbentuk mcb)? ato ada solusi lain selain ganti mcb??

    BalasHapus
  27. pak mohon info bila listrik 1300,dirumah pake tv 3, rpenghangat nasi 2, kipas angin2, pompa air 1,lampu tl 12,dah itu...trus mau tak pasang ac 400 watt apakah kuat????njeglek nggak??? matur nuwun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anggap saja tv 3 (250W), penghangat nasi 2 (40W), kipas angin 2 (120W), pompa air (100W), tl 12 (240W) total 750W tambah ac 400W jadi 1150W. Masih mencukupi.

      Hapus
  28. skring di dalam ampere ikut dgn ampere MCB. Jadi sekring juga harus 4 ampere (900 watt). Prinsipnya, semakin besar beban maka kabel juga makin panas. Kalau kabel sdh yg standart PLN tidak perlu diganti, tapi kalau blm juga ada baiknya kabel diganti.

    BalasHapus
  29. Pak, saya rencana pasang travo 200v 1000watt setelah mcb pln lalu outputnya akan saya gunakan untuk pemakaian semua alat elektronik sehari2 karena kalau langsung dari pln 230v mcb sering turun. Apakah efek terhadap peralatan elektronik d tempat saya dan apakah dg cara ini bisa menghemat pemakaian listrik? Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. makin banyak alat maka konsumsi listrik bertambah, karena setiap alat apapun pasti memakan daya listrik

      Hapus
  30. Mau tanya dong;
    Di rumah pake daya 900 watt, tp kenapa saat hanya pake AC yg 290 watt sama kulkas 300 watt, listrik sering jeglek?? yg langsung jeglek bukan mcb yg di dalam rumah tapi langsung yg di kilometernya?? Mohon tanggapannya. Trims..

    BalasHapus
  31. Daya tertulis pada AC 290 watt dan kulkas 300 watt adalah daya menurut pabrik pada kondisi peralatan masih bagus. Daya aktual yang terpakai bisa saja lebih besar dari yg tertulis. Untuk tahu konsumsi daya real, diukur arus yg masuk ke AC dan kulkas berapa ampere. Lalu ampere dikalikan tegangan (volt) = daya (watt). Atau bisa juga kondisi mcb di meteran sudah tidak normal, sehingga sebenarnya arus blm melebihi batas daya tapi mcb sudah trip (jeglek)

    BalasHapus
  32. mas sy menyambung pada litrik tetangga yang dayanya 450 w,kemudian saya cuman menggunakan kabel yang ada stromnya sedangkan grounnya saya langsung ambil dari besi yang saya tancapkan ketanah,,mula-mula pemakaiannya bagus setelah setahun kok tv sama kulkas tidak bisa dinyalakan artinya klo dionkan yang kedua tadi listrik jadi droop,,kok bisa gitu ya mass,,apa sih masalahnya?

    BalasHapus
  33. Cara penyambungan jelas salah, 2 kabel dari jaringan PLN harus disambung semua. Bahkan standar PLN sekarang penyambungan dalam rumah sudah harus 3 kabel, yaitu 2 kabel dari jaringan PLN dan 1 kabel dari ground. Hal ini penting utk keselamatan.

    BalasHapus
  34. mau tanya...dirumah saya kebetulan ada warnet dan ada 7 unit komputer, selain itu untuk pemakaian rumah tangga saya pakai mesin air, rice cooker,ac,mesin cuci, dispenser, kulkas dan setrika, tp sya dak pernah nyalain bersamaan kok, klo misalkn ac nyala pasti mesin air dan rice cooker sy cabut atau sebaliknya trus sy pake daya 1300 watt (6 ampere)tapi akhir-akhir ini saya sering dngar bunyi mendesis pada mcb sy....sy jd takut sendiri....kira2 masalahnya dimana yah???apa mcbx perlu diganti atau gmn???? mohon bantuannya

    BalasHapus
  35. mau ikut tanya pak, dirumah pakai listrik pulsa 450w dan baru-baru ini beli kulkas 95w.
    Begitu kulkas dinyalakan listrik lngsung jeglek padahal semua elektronik lainnya sdh dicabut dari stopkontak.
    Apakah beda listrik daya 450w lama (rmh ortu) dg 450w pulsa (rmh saya) coz drumah ortu walo pemakaian bergantian bs pakai kulkas, tv, magicom, dan pompa air.
    Trims tas jawabannya...

    BalasHapus
  36. pak, resistor coil mobil cuma 1,5 ohm. kalau saya ganti 10 ohm 20Watt, efek bagusnya apa ?

    BalasHapus
  37. mau nanya. di rumah saya terpasang listrik pulsa 1300 watt. selama ini tidak pernah mengalami masalah soal 'jeglek'. nah baru2 ini, saya membeli mesin cuci front load. yang jadi masalah, pada saat pertama kali colokan/steker mesin cuci tersebut terpasang di terminal, maka listrik akan jeglek. dan hal ini berlangsung 2 kali (menyalakan MCB langsung jeglek 2 kali). pada saat menyalakan MCB yang ketiga kalinya, lancar. kira2, masalahnya dimana ya..??

    BalasHapus
  38. Pakai soft start aja, banyak dijual di toko elektronik. AC PLN --> soft start --> mesin cuci

    BalasHapus
  39. Assalamu'alaikum pak wira, mohon penjelasannya, rumah saya pakai daya 1300 w, instalasi ke rumah saya bagi dari mcb pln c6 saya pasang jalur stop kontak ϑàή saklar lampu dua mcb c6, jalur ac 1 pk saya loskan langsung mcb meteran pln, masalahnya tiap saya nyalakan acnya selalu mcb di meteran turun/jeglek. Di rumah saya pakai dispenser, tv, kulkas ϑàή lampu yang selalu on, pernah saya coba hanya ac yang menyala tapi mcb meteran selalu jeglek, pertanyaan saya apakah ada salah instalasinya atau daya listrik yang kurang, mohon penjelasannya, terima kasih

    BalasHapus
  40. Berapa daya ac sesuai spesifikasi dari pabriknya? kalau dayanya mendekati 1300 atau malah lebih sudah pasti mcb njeglek terus. Kalau daya ac masih di bawah 1000W, maka patut dicurigai bahwa mcb yg terpasang sudah tidak sesuai. Bapak bisa lapor ke pln untuk minta penggantian mcb dengan alasan tersebut.

    BalasHapus
  41. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
  42. Mohon pencerahan nya Pak Wira, saya baru saja beli mesin sedot lumpur, daya 4Kw (3phase) untuk kebutuhan kolam ikan. listrik PLN 6600va (3phase), tapi begitu mesin mau ditest ga sampe 1 detik langsung nge-jeglek MCB di meteran.. Saya bingung kenapa gak kuat ya? Listik 6600 volt, daya mesin 4Kw, harusnya cukup pak atau kurang pak? Saya sudah matikan semua peralatan listrik yg lain, tapi tetep ngejeglek, memang tarikan awal kalo mesin nya 4kw butuh berapa ya pak, 6600volt kurang ya?
    Atau mungkin pak wira ada tips en trick, atau rekomendasi alat yang bisa mengatasai beban tarikan awal? trims sebelumnya

    BalasHapus
  43. malam pak.. mohon bantuan.. di rmh saya ketika nyalakan pompa air atau kulkas berjalan normal tapi ketika nyalakan tv atau ngechas hp atau nyolokin laptoo..mcb di meteran langsung jegleg.. kenapa yah?
    catatan: pemakaian elektronik sudah secara bergantianl dan daya di rmh 450va

    BalasHapus
  44. MF mau tanya mas .Sejak saya punya mesin cuci otomatis front load pompa air juga dipasang otomatis.ketika mesin cuci beroperasi, otomatis pompa otomatis juga kerja scr otomatis. tapi mengapa saat itu MCB sering anjlok/jeglek saat pompa on-off beberapa kali dalam waktu singkat karena kerja pompa otomatis diatur oleh mesin cuci otomatis.Gimana solusinya? dulu pompa tidak pakai otomatis & jarang anjlok/jeglek. Trmksh byk sharenya.

    BalasHapus
  45. numpang tanya
    saya punya lampu led 12v dengan sumber aki kering 12v 7.2ah
    saat lampu nyala sy ukur arus sekitar 1,8ampere, apakah ada cara menurunkan arusnya misal jadi 1A saja dengan harapan bisa nyala lebih lama, lampu jadi agak redup gak masalah asal lampu bisa nyala lebih lama

    BalasHapus
    Balasan
    1. dari aki sebelum msk ke led dilewatkan dulu resistor. Ini ada hitungannya berapa ohm yg harus dipakai, coba brosing sdh banyak yg post

      Hapus
  46. maaf sya mw tanya dan tlg sy minta jwbanx,.sya usaha warnet n fotocopy di saat posisi warnet full dg 7 pc trus sy nyalakan ftcopy dg daya 900 watt psti jegelek pdhl daya sdh 2200watt n sya bagi 2 mcbnya tetpi yg jglek cm 1 mcbnya sja yg pake sekering otomatis presto mhon untuk pendapatnya gmn biar tidak jeglek lg tq

    BalasHapus
  47. 7pc dan mesin fotocopy 900watt mestinya cukup dengan daya 2200watt. Tapi waktu start mesin fotocopy terjadi lonjakan arus shg mcb trip. Solusi pada mesin fotocopy harus memakai softstart, pakai yg softstart ada relaynya. Kalau cuma resistor saja bisa cepat putus karena daya besar

    BalasHapus
  48. maaf sya mu nanya ..sya punya dinamo listrik sring mati pas di nyalain.. listrik dirumah 900 wat .. kalo pake metode bapak .. bisa nga resistor nya kira" berapa ukuranya ..terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
  49. Mas mau tanya. Kebetulan saya bikin bengkel las. Skrg ini daya sudah saya naikkan jd 2200 tp utk mesin pemotong listrik sering turun. Gmn solusinya yah mas

    BalasHapus
  50. maaf pa saya mau bertanya, kalau listrik tiba2 jeklek padahal di rumah tidak sedang menggunakan alat berat dan cuma tv aza yang nyala, dimana permasalahan nya ? terima kasih

    BalasHapus
  51. TANPA BERJUALAN, TANPA IKUT INVESTASI, TANPA IKUT MLM..!
    Anda bisa juga dapat uang dari facebook dari Rp.200.000 s/d
    Rp.2000.000 perbulan. BUKAN BOHONGAN atau TIPUAN...!!!
    Yg ingin tahu caranya,jawab dulu pertanyaan berikut ini.
    Jangan lupa nama & emailnya Klik disini>> http://bit.ly/1flxHnP

    BalasHapus
  52. maf pak mau tanya.di rumah saya listriknya 450 W. hanya di nyalakan serkel(pemotong keramik) 300W langsung jeglek.di coba di tetangga yang 450W gak ada masalah.padahal punya tetangga itu sambungan dari kilometernya jauh sekiar 150meter.kira-kira gimana solusinya pak listrik yang di rumah saya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. punya tetangga mungkin MCB sudah diganti. Kalau MCB msh normal 450 W (2A) dapat dipastikan jeglek untuk ngangkat beban serkel 300W

      Hapus
  53. Salam Kenal. Saya J Karo S dari Medan.
    Karena di Medan sering mati lampu saya pakai Power Inverter merek TOP-UP 1000w merek Cina. Anehnya lampu hemat LED merek Philip dan Hannok jadi putus. Tetapi lampu hemat yang bukan LED tidak putus. Pertanyaannya :
    1. Kenapa lampu LED yg garansi nya 15 tahun tidak tahan?.
    2. Adakah alat untuk mengamankan supaya lampu LED yang lain tidak putus lagi?. Karena sudah terlanjur saya beli lampu LED. Teriakasih.

    BalasHapus
  54. Di lampu LED ada rangkaian power suply utk merubah teg AC 220 volt menjadi DC. Led putus berarti teg DCnya over/melebihi batas, bisa disebabkan input teg AC melebihi 220 volt, atau rangkaian power suply yg kurang sempurna (frekwensi AC PLN dan inverter berbeda)

    BalasHapus
  55. Aslkm,pak mw tanya pompa kolam renang 2 pk klo dihidupkan pake tegngan listrik 3 phase 16 kva kok cuma bunyi gak nyala tp klo pake genzet 200 kva hidup apa mslahnya

    BalasHapus
  56. mas klo makai antena Tv yg di luar/yg biasa make bambu itu ngaruh gak ya ke kekuatan listrik ???

    BalasHapus

Berikan komentar Anda