25 September 2009

Resistor atasi MCB listrik jeglek (off)

Bagi rumah tangga yang daya listrik pas-pasan (450 watt), tentu sering mengalami mcb listrik tiba-tiba "jeglek" (off) saat menyalakan tv, atau alat rumah tangga lainnya. Penyebabnya, saat tv mau nyala terjadi lonjakan beban sehingga arus litrik yang terpakai juga ikut naik. Akibatnya mcb langsung off otomatis karena arus sudah melewati batas.

Pada daya 450 watt, atau 2 A, bila tegangan normal 220 volt maka daya maksimum adalah 220 kali 2 = 440 watt. Tapi pada daerah yang jauh dari gardu listrik, apalagi pada beban puncak jam 6 sore sampai 9 malam, tegangan bisa drop menjadi 180 sampai 200 volt saja. Artinya, dengan tegangan 200 volt jadi daya maksimum hanya 200x2 adalah 400 watt saja. Jadi konsumen dirugikan 50 watt.

Bila mcb sering jeglek, coba hitung ulang daya yang sudah terpakai. Hitung berapa watt tiap lampu yang ada, pemakaian kulkas, pompa air, tv, dll. Apakah totalnya sudah melebihi kemampuan mcb? Bila lebih, sudah waktunya Anda mengganti lampu dengan yang wattnya lebih rendah. Jangan menggunakan lampu TL, karena konsumsi listrik mendekati 180% dari daya yang tertulis pada TL. Hal ini karena adanya kumparan pada perangkat box TL. Gunakan lampu hemat energi. Atau berpikir untuk menaikkan daya listrik yang berarti menambah pengeluaran bulanan untuk bayar rekening listrik.

Teliti, perlengkapan listrik mana yang biasa menyebabkan mcb jeglek, biasanya televisi atau pompa air. Misalnya tv, maka pada tv ini kita tambahkan Resistor (tahanan).

Beli resistor di toko elektronik, bentuknya kotak panjang berwarna putih dengan elektroda pada kedua ujungnya. Pada badan resistor biasa tertulis sekian ohm dan wattnya (misal 10 ohm 20 watt). Harga berkisar 1 ribu sampai 3 ribu.

Caranya, kabel listrik dari tv ke jack listrik, ada 2 (satu ground satunya positif) potong salah satu saja. Kemudian resistor tadi disambungkan ke bekas kabel yang kita potong tadi. Sambungan bila perlu disolder, lalu diisolasi. Lebih jelasnya lihat gambar ini.



Hasilnya, coba sendiri. Dijamin listrik gak mudah jeglek lagi.

160 komentar:

  1. listrik memang tidak off lagi jika menyalakan tv yg sudah dipasang starting, tetapi jgn lupa tv anda akan mudah rusak karena tidak mendapatkan suplay listrik yg normal, pernah sy alami

    BalasHapus
  2. memang dengan adanya resistor membuat tegangan suply ke TV turun. Untuk itu dapat diakali dengan memasang saklar yang diparalel dengan resistornya. Saat tv belum nyala, saklar posisi off. Setelah TV nyala, saklar kita on kan. Sehingga arus langsung lewat saklar, tidak melalui resistor lagi. jadi tegangan ke TV tetap

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Saya pernah melakukan hal itu di TV lama, ternyata malah komponen TV saya yg rusak, (transistor)nya....

      Hapus
    3. maaf gan, kalo sy boleh usul resistor adalah cara terbaik untk mengatasi jeglek arena apa resistor bisa menurunkan watt, tp bukan menurunkan strum,, jadi kalo transistor horisontal /ic vertikal tr regulator rusakmungkin sdh waktunya. karna apa di box TV tertulis tangan 110 sampai 220 itu pasti ada. jd menurut sy resistor tidak menjadi masalh

      Hapus
  3. 20OHM 20 WATT UNTUK KOMPUTER. WAH RESISTOR PANASS SEKALI AKU TAKUT PAK JIKA TERJADI SESUATU YANG TIDAK KITA INGINKAN.
    SOLUSINYA BAGAIMANA?

    BalasHapus
  4. pasang aja saklar, diparalelkan dengan resistor. saat computer mau dihidupkan, saklar pada posisi off. Lalu setelah computer nyala, saklar lalu di on-kan. Jadi arus listrik sudah tidak lewat resistor lagi, tapi lewat saklar. Jadi sudah aman deh. Fungsi resistor hanya pada start saja, lalu setelah nyala digantikan dengan saklar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam knl gan..gan sya mu tany bileh g?

      Hapus
    2. Maaf Om bisa minta skema rangkaian nya saklar di pararelkan dengan resistor nya. soalnya saya awam sekali dengan elektro.
      Terimakasih

      Hapus
  5. waaaaaaach.... muantap vsan saran yang maz berikan, saya malam tadi baru liat dan siang tadi saya buktikan hasil'y pun sungguh luar biasa, tv yang saya kasih resistor ketika saya hidupkan bersamaan dengan pompa air sudah tidak njeglek lagi, tapi resistor yang saya gunakan adalah 18 ohm 20 watt karena ditempat saya gak ada yang menjual ukuran 10 ohm 20 watt, apa dengan resistor yang saya pakai itu akan berpengaruh dengan elektronik yang dipasang resistor tersebut??

    dan, saya mau nanya ukuran resistor yang bisa digunakan untuk kulkas dan pompa air ukuran resistor'y berapa ya maz??? daya kuskas 120 watt dan pompa air 125 watt. mohon bantuan'y ya maz... terima kasih semoga sukses selalu dalam berkarya maz...

    alamat email saya (yulianto.teknik@gmail.com)

    BalasHapus
  6. untuk kulkas saya kira tidak perlu dikasih resistor karena biasanya kulkas kan selalu dinyalakan jadi fungsi resistor disini tidak diperlukan. Kecuali untuk pompa air perlu dipasang. Ukuran resistor asal sudah memadai (tidak njeglek) sudah ok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kulkas biasanya ada mode auto standby untuk menjaga suhu tetap, jadi mesinnya hidup mati otomatis

      Hapus
    2. Listrik di rumah 900 watt tp di gunakan untuk mesin las 450 watt kok ttep ngetip... Kalok di kasi resistor itu berapa watt dan berapa jumlah resistornya

      Hapus
    3. Tanya listrik rumah 900 wat di kasih mesin kas 450 kok tetep njeglek

      Hapus
  7. apa bedanya dngn alat star slow yg d jual d psrn shrga 15rb

    BalasHapus
  8. Prinsip sama, bedanya slow start yang dijual di toko = dikemas dalam box, dilengkapi LED, dan Resistor dicor sama semen.

    BalasHapus
  9. saya mau tanya pak maaf klau keluar dari topik..
    Bagaimana caranya membatasi pemakaian arus listrik maximum 20 atau 50 watt
    di tmpt saya menggunakan kincir air dan listrik dibagi ke 5 rumah
    atas jawaban nya saya ucapkan terimakasih

    BalasHapus
  10. Pembatasan pemakaian listrik yang sebenarnya atas dasar "Arus Listrik" atau ampere. Jadi misal tegangan 110 volt, bila dibatasi pemakaian 50 watt, maka ampere maksimum = 50/110 = 0,45 (anggap saja 0,5 ampere). Maka kita pakai MCB yang 0,5 ampere, tiap rumah dipasang MCB 0,5 A. MCB yang ukuran kecil sepertinya tidak ada di pasaran, dapat dipakai sekering otomatis. Bila di toko adanya cuma 1A, maka pemasangan 2 rumah digabung hanya 1 sekring/MCB. Semoga membantu

    BalasHapus
  11. saya mau tanya pak,rmh saya 450watt tp akhr2 ini setiap menyalakan tv pasti njeglek...sampe pusing yg salah apa?pdhl elektronik cm kulkas,ricecoocker,lampu d hmt enrgi,air g pake cos lstrikny.mhon solusinya terima kasih....

    BalasHapus
  12. Tv saat dinyalakan pertama kali (bukan dari posisi stanby) terjadi lonjakan beban sesaat, akibatnya MCB yg ampere kecil sering jeglek. Solusinya dipakai soft start, banyak dijual di toko dengan harga sekitar 25-50 ribu.

    BalasHapus
  13. salam kenal pak, sufyan. kalo pake 20 watt 18 ohm, kalo masuk pln jadi berapa watt ya komsumsi listriknya? apa ya 20 watt? semisal saya pasang paralel resistornya gimana (semisal resistor masing2 20 watt 18 ohm). trim untuk share pengetahuannya pak....

    BalasHapus
    Balasan
    1. dari pertanyaan bapak, seperti (maaf) bpk belum paham cara hitungan listrik. Ilustrasinya begini, misal dari PLN lewat resistor (20watt 18 ohm) lalu ke TV/beban. Anggap TV konsumsi daya 110watt, bila listrik 220volt maka arus yg diperlukan 0,5A (110/220). Jadi arus 0,5A lewat resistor 18ohm, shg daya yg diserap oleh resistor (kerugian daya = I^2.R) adalah 0,5^2x18 = 5watt. Memakai resistor 20watt (daya kerja maks.) jadi cukup aman.

      Hapus
  14. ukuran resistor yang bisa di pakai tu berapa aja pak brow. maaf aku orang awam untuk urusan elektro. tanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Besar Resistor disesuaikan dengan beban/daya (watt) peralatan elektroniknya. Ukuran watt (resistor) makin besar makin baik. Tersedia di pasaran umumnya 5-20 ohm dan 5-20 watt. Dicoba aja dulu, kalau masih tetap pln trip/njeglek baru dipasang 2 resistor secara seri.

      Hapus
  15. saya beli mixer roti, tertulis 1080/1000 W. listrik di rumah memakai 1300 W. Kalau dinyalakan mixer, MCB jeglek. Saya tambah pakai slowtart 1500 W, (yang ada semennya) , mixer sempat berputar, kira2 15 detik , slowstart terbakar.
    Ada solusi selain menaikkan daya? Tolong mendesak, terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Daya slow start masih kurang besar, tapi karena beban sangat tinggi hanya dengan menambah daya slow start juga riskan slow start terbakar lagi. Solusinya: daya slow start ditambah (kalau masih memungkinkan) dan ditambahkan relay yg dipasang paralel dengan slow start. Cara pakainya (mode manual):saat akan dipakai relay posisi off, nyalakan mixer dan setelah mixer on lalu secepat mungkin relay ditekan shg posisi on.

      Hapus
    2. Terima kasih atas respon cepat mas wira. Mencari slow start dengan daya di atas 1500 W di tempat saya sulit, hampir tidak ada. Apakah menyambung secara seri 2 atau 3 slowstart tersebut bisa bernilai 2 atau 3 x daya slowstart.? Kalau iya, bisa dibantu cara menyambung slowstart secara seri tersebut, terima kasih

      Hapus
  16. Salam kenal pak,..sya mau tanya.dirumah sya listriknya berdaya 900 watt,.peralatan yg dipakai yaitu kulkas,Tv,dvd,mesin cuci,komputer dan Ac dan pemanas nasi..sekali2 sy pernah menyalakan pd waktu yg bersamaan,.tp aman2 saja,..dan sya nyalakan AC,kulkas dan pemanas nasi itu sdh pemakain rutin termasuk tv setiap harinya,.tapi dlm minggu terakhir ini mcb di kwh sering jeglek,(dalam pemakain sdh lebih dari 30 menit).itu kalau saya menyalakan AC ( merk LG terminator 1/2 pk 350watt)...kemudian pd siang hari saya coba tv dimatikan,kulkas dan pemanas dan perabot lainnya tdk digunakan,hanya AC saja yg dinyalakan,ternyata dlm 1 jam mcb kembali jeglek,mcb panas dan berbau,..saya jd bingung masalahnya ada pd AC atau pd mcb pak ? Mohon penjelasannya,.mcb di kwh sdh lebih 10 thn umurnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pemakaian peralatan kalau saya hitung2 (dipakai bersamaan) sudah hampir 900 watt atau mungkin malah lebih, beban yg berlebihan di atas kemampuan MCB akan mempercepat kerusakan MCB. Jadi kesimpulan saya MCBnya yg bermasalah

      Hapus
    2. AC nya itu gan yang perlu diservice.....

      Hapus
  17. Dengan jumlah pemakaian demikian apakah mcb yg nantinya diganti sama ukurannya(ampere)nya dg yg ada atau bolehkah dinaikkan sedikit ukurannya mengingat konsumsi daya yg diperlukan sangat banyak,atau dinaikkan dari 900watt menjadi 1200 watt,.menurut saran bapak ? Trmksh byk atas informasinya,.sangat bermanfaat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagusnya MCB diganti dengan 6A(1300watt). Pergantian MCB berarti tambah daya, tambah pula biaya tagihan bulanan. Tagihan antara 900watt dengan 1300watt dengan pemakaian yg sama, tagihan bisa naik sekitar 30%. Kalau MCB diganti sendiri, tentunya ini menyalahi aturan PLN. Tinggal pilih yg mana aja.

      Hapus
  18. Oke pak terimakasih atas penjelasannya.

    BalasHapus
  19. Slm jaya pak, saya mau tanya. Listrik di rumah saya 450watt sy gunakan utk tv, kmputer, magicom tp ga prnah dgunakan brsamaan. Mslahx minggu2 ini mcb sering jeglek klu utk mencolokan pc/stavol apalagi pc dsambungkan lwt stavol pasti jeglek tp msh bs kl d hdupkan lg, solusi gmana ya biar ga jegleg lg. Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Daya 450W memang riskan MCB sering jeglek, apalagi bila monitor PC masih model CRT. Solusi waktu nyalain PC antara monitor dan CPU harus bergantian. Misal CPU dinyalakan dulu (monitor masih off), kemudian monitor. Bisa juga dgn menambah slowstart. Dari PLN --> slowstart --> stavolt --> PC.

      Hapus
  20. Slm... Sy beno, Gan..
    mau tanya klw alat penghemat daya pemakaian listrik apa y...??
    supaya pemakaian bsa maksimal tapi tagiha listrik /bln tidk membengkak...

    mohon d bantu Gan.. (trimaksih)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alat yg dijual (katanya bisa untuk menghemat tagihan listrik) pada dasarnya adalah capasitor bank. Bisa lihat disini lebih jelasnya http://www.ziddu.com/download/17135621/HematlistrikdenganKapasitor_Bank.pdf.html

      Hapus
  21. Monitor saya kenak ciprakan air sedikit terus pas dihidupin MCB nya jeglek terus

    kira kira itu apanya ya bang??
    mohon bantuannya

    BalasHapus
  22. Maksud dari MCB itu MCB PLN bang

    BalasHapus
  23. Ada komponen yg short di monitornya, periksa bagian regulator. Cek transistor

    BalasHapus
    Balasan
    1. pak mau tanya listrik dirumah 1300 peralatan elektronok ada tv 3,majicom 2 hanya menghangatkan ja bukan masakdan pompa air,bila dipasang ac dengan watt 400 apakah kuat?????trmkash

      Hapus
  24. Pak ikut konsultasi ya, saya ingin beli mikser berdaya 800W, tegangan rumah 900. Rencana mikser akan digunakan siang hari saja. Yg saya tanyakan: mungkin tidak daya listrik pada angkatan pertama melebihi 900W sehingga listrik njeglek. Terima kasih infonya.

    BalasHapus
  25. baru kepikir kalau tl 180%. padahal voltage mpe 229 -232 v

    BalasHapus
  26. Pak, saya mau tanya. saya kan baru ini pake mesin cuci, rmh saya berdaya 450 watt. saya sudah mastikan klo listrik dirumah saya sdh tidak ada yg menyala, hanya mesin cuci. tp setelah kurang dr 5 menit listrik jeglek. Saya berniat ganti MCB dgn daya 900 tp apa bener dgn menambah daya MCB harus mengganti kabel jadi lebih besar? dan apa perlu sekring lama (bulat) diganti dgn sekring baru (berbentuk mcb)? ato ada solusi lain selain ganti mcb??

    BalasHapus
  27. pak mohon info bila listrik 1300,dirumah pake tv 3, rpenghangat nasi 2, kipas angin2, pompa air 1,lampu tl 12,dah itu...trus mau tak pasang ac 400 watt apakah kuat????njeglek nggak??? matur nuwun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anggap saja tv 3 (250W), penghangat nasi 2 (40W), kipas angin 2 (120W), pompa air (100W), tl 12 (240W) total 750W tambah ac 400W jadi 1150W. Masih mencukupi.

      Hapus
  28. skring di dalam ampere ikut dgn ampere MCB. Jadi sekring juga harus 4 ampere (900 watt). Prinsipnya, semakin besar beban maka kabel juga makin panas. Kalau kabel sdh yg standart PLN tidak perlu diganti, tapi kalau blm juga ada baiknya kabel diganti.

    BalasHapus
  29. Pak, saya rencana pasang travo 200v 1000watt setelah mcb pln lalu outputnya akan saya gunakan untuk pemakaian semua alat elektronik sehari2 karena kalau langsung dari pln 230v mcb sering turun. Apakah efek terhadap peralatan elektronik d tempat saya dan apakah dg cara ini bisa menghemat pemakaian listrik? Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. makin banyak alat maka konsumsi listrik bertambah, karena setiap alat apapun pasti memakan daya listrik

      Hapus
    2. Maaf pak sy mau tnya, sy ngekos listrik di kosan sy 450 td sy mau pasang ac 3/4pk tp sy coba dulu hasilnya listrik turun.. Yg jd pertanyaam sy, itu ac bekas tmen sy dia jg sama lisyriknya 450 tp di pasang ac itu, kulkas, sm tv tidal turunkog bisa gitu ya pak?
      Terus sy klu mau pasang ac itu sy hrus tmbh daya? Soalnya sy cma ngekos jd syng klu nambah daya orng yg harganya 750rb tolomg tanggapannya pak makasih

      Hapus
  30. Mau tanya dong;
    Di rumah pake daya 900 watt, tp kenapa saat hanya pake AC yg 290 watt sama kulkas 300 watt, listrik sering jeglek?? yg langsung jeglek bukan mcb yg di dalam rumah tapi langsung yg di kilometernya?? Mohon tanggapannya. Trims..

    BalasHapus
  31. Daya tertulis pada AC 290 watt dan kulkas 300 watt adalah daya menurut pabrik pada kondisi peralatan masih bagus. Daya aktual yang terpakai bisa saja lebih besar dari yg tertulis. Untuk tahu konsumsi daya real, diukur arus yg masuk ke AC dan kulkas berapa ampere. Lalu ampere dikalikan tegangan (volt) = daya (watt). Atau bisa juga kondisi mcb di meteran sudah tidak normal, sehingga sebenarnya arus blm melebihi batas daya tapi mcb sudah trip (jeglek)

    BalasHapus
  32. mas sy menyambung pada litrik tetangga yang dayanya 450 w,kemudian saya cuman menggunakan kabel yang ada stromnya sedangkan grounnya saya langsung ambil dari besi yang saya tancapkan ketanah,,mula-mula pemakaiannya bagus setelah setahun kok tv sama kulkas tidak bisa dinyalakan artinya klo dionkan yang kedua tadi listrik jadi droop,,kok bisa gitu ya mass,,apa sih masalahnya?

    BalasHapus
  33. Cara penyambungan jelas salah, 2 kabel dari jaringan PLN harus disambung semua. Bahkan standar PLN sekarang penyambungan dalam rumah sudah harus 3 kabel, yaitu 2 kabel dari jaringan PLN dan 1 kabel dari ground. Hal ini penting utk keselamatan.

    BalasHapus
  34. mau tanya...dirumah saya kebetulan ada warnet dan ada 7 unit komputer, selain itu untuk pemakaian rumah tangga saya pakai mesin air, rice cooker,ac,mesin cuci, dispenser, kulkas dan setrika, tp sya dak pernah nyalain bersamaan kok, klo misalkn ac nyala pasti mesin air dan rice cooker sy cabut atau sebaliknya trus sy pake daya 1300 watt (6 ampere)tapi akhir-akhir ini saya sering dngar bunyi mendesis pada mcb sy....sy jd takut sendiri....kira2 masalahnya dimana yah???apa mcbx perlu diganti atau gmn???? mohon bantuannya

    BalasHapus
  35. mau ikut tanya pak, dirumah pakai listrik pulsa 450w dan baru-baru ini beli kulkas 95w.
    Begitu kulkas dinyalakan listrik lngsung jeglek padahal semua elektronik lainnya sdh dicabut dari stopkontak.
    Apakah beda listrik daya 450w lama (rmh ortu) dg 450w pulsa (rmh saya) coz drumah ortu walo pemakaian bergantian bs pakai kulkas, tv, magicom, dan pompa air.
    Trims tas jawabannya...

    BalasHapus
  36. pak, resistor coil mobil cuma 1,5 ohm. kalau saya ganti 10 ohm 20Watt, efek bagusnya apa ?

    BalasHapus
  37. mau nanya. di rumah saya terpasang listrik pulsa 1300 watt. selama ini tidak pernah mengalami masalah soal 'jeglek'. nah baru2 ini, saya membeli mesin cuci front load. yang jadi masalah, pada saat pertama kali colokan/steker mesin cuci tersebut terpasang di terminal, maka listrik akan jeglek. dan hal ini berlangsung 2 kali (menyalakan MCB langsung jeglek 2 kali). pada saat menyalakan MCB yang ketiga kalinya, lancar. kira2, masalahnya dimana ya..??

    BalasHapus
  38. Pakai soft start aja, banyak dijual di toko elektronik. AC PLN --> soft start --> mesin cuci

    BalasHapus
  39. Assalamu'alaikum pak wira, mohon penjelasannya, rumah saya pakai daya 1300 w, instalasi ke rumah saya bagi dari mcb pln c6 saya pasang jalur stop kontak ϑàή saklar lampu dua mcb c6, jalur ac 1 pk saya loskan langsung mcb meteran pln, masalahnya tiap saya nyalakan acnya selalu mcb di meteran turun/jeglek. Di rumah saya pakai dispenser, tv, kulkas ϑàή lampu yang selalu on, pernah saya coba hanya ac yang menyala tapi mcb meteran selalu jeglek, pertanyaan saya apakah ada salah instalasinya atau daya listrik yang kurang, mohon penjelasannya, terima kasih

    BalasHapus
  40. Berapa daya ac sesuai spesifikasi dari pabriknya? kalau dayanya mendekati 1300 atau malah lebih sudah pasti mcb njeglek terus. Kalau daya ac masih di bawah 1000W, maka patut dicurigai bahwa mcb yg terpasang sudah tidak sesuai. Bapak bisa lapor ke pln untuk minta penggantian mcb dengan alasan tersebut.

    BalasHapus
  41. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  42. Mohon pencerahan nya Pak Wira, saya baru saja beli mesin sedot lumpur, daya 4Kw (3phase) untuk kebutuhan kolam ikan. listrik PLN 6600va (3phase), tapi begitu mesin mau ditest ga sampe 1 detik langsung nge-jeglek MCB di meteran.. Saya bingung kenapa gak kuat ya? Listik 6600 volt, daya mesin 4Kw, harusnya cukup pak atau kurang pak? Saya sudah matikan semua peralatan listrik yg lain, tapi tetep ngejeglek, memang tarikan awal kalo mesin nya 4kw butuh berapa ya pak, 6600volt kurang ya?
    Atau mungkin pak wira ada tips en trick, atau rekomendasi alat yang bisa mengatasai beban tarikan awal? trims sebelumnya

    BalasHapus
  43. malam pak.. mohon bantuan.. di rmh saya ketika nyalakan pompa air atau kulkas berjalan normal tapi ketika nyalakan tv atau ngechas hp atau nyolokin laptoo..mcb di meteran langsung jegleg.. kenapa yah?
    catatan: pemakaian elektronik sudah secara bergantianl dan daya di rmh 450va

    BalasHapus
  44. MF mau tanya mas .Sejak saya punya mesin cuci otomatis front load pompa air juga dipasang otomatis.ketika mesin cuci beroperasi, otomatis pompa otomatis juga kerja scr otomatis. tapi mengapa saat itu MCB sering anjlok/jeglek saat pompa on-off beberapa kali dalam waktu singkat karena kerja pompa otomatis diatur oleh mesin cuci otomatis.Gimana solusinya? dulu pompa tidak pakai otomatis & jarang anjlok/jeglek. Trmksh byk sharenya.

    BalasHapus
  45. numpang tanya
    saya punya lampu led 12v dengan sumber aki kering 12v 7.2ah
    saat lampu nyala sy ukur arus sekitar 1,8ampere, apakah ada cara menurunkan arusnya misal jadi 1A saja dengan harapan bisa nyala lebih lama, lampu jadi agak redup gak masalah asal lampu bisa nyala lebih lama

    BalasHapus
    Balasan
    1. dari aki sebelum msk ke led dilewatkan dulu resistor. Ini ada hitungannya berapa ohm yg harus dipakai, coba brosing sdh banyak yg post

      Hapus
  46. maaf sya mw tanya dan tlg sy minta jwbanx,.sya usaha warnet n fotocopy di saat posisi warnet full dg 7 pc trus sy nyalakan ftcopy dg daya 900 watt psti jegelek pdhl daya sdh 2200watt n sya bagi 2 mcbnya tetpi yg jglek cm 1 mcbnya sja yg pake sekering otomatis presto mhon untuk pendapatnya gmn biar tidak jeglek lg tq

    BalasHapus
  47. 7pc dan mesin fotocopy 900watt mestinya cukup dengan daya 2200watt. Tapi waktu start mesin fotocopy terjadi lonjakan arus shg mcb trip. Solusi pada mesin fotocopy harus memakai softstart, pakai yg softstart ada relaynya. Kalau cuma resistor saja bisa cepat putus karena daya besar

    BalasHapus
  48. maaf sya mu nanya ..sya punya dinamo listrik sring mati pas di nyalain.. listrik dirumah 900 wat .. kalo pake metode bapak .. bisa nga resistor nya kira" berapa ukuranya ..terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
  49. Mas mau tanya. Kebetulan saya bikin bengkel las. Skrg ini daya sudah saya naikkan jd 2200 tp utk mesin pemotong listrik sering turun. Gmn solusinya yah mas

    BalasHapus
  50. maaf pa saya mau bertanya, kalau listrik tiba2 jeklek padahal di rumah tidak sedang menggunakan alat berat dan cuma tv aza yang nyala, dimana permasalahan nya ? terima kasih

    BalasHapus
  51. TANPA BERJUALAN, TANPA IKUT INVESTASI, TANPA IKUT MLM..!
    Anda bisa juga dapat uang dari facebook dari Rp.200.000 s/d
    Rp.2000.000 perbulan. BUKAN BOHONGAN atau TIPUAN...!!!
    Yg ingin tahu caranya,jawab dulu pertanyaan berikut ini.
    Jangan lupa nama & emailnya Klik disini>> http://bit.ly/1flxHnP

    BalasHapus
  52. maf pak mau tanya.di rumah saya listriknya 450 W. hanya di nyalakan serkel(pemotong keramik) 300W langsung jeglek.di coba di tetangga yang 450W gak ada masalah.padahal punya tetangga itu sambungan dari kilometernya jauh sekiar 150meter.kira-kira gimana solusinya pak listrik yang di rumah saya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. punya tetangga mungkin MCB sudah diganti. Kalau MCB msh normal 450 W (2A) dapat dipastikan jeglek untuk ngangkat beban serkel 300W

      Hapus
    2. Pak wira salam kenal,saya mau tanya resiator 20watt 22ohm bisa menahan beban berapa watt ya pak? Kalo saya butuh beban 1kw harus pakai resistor brp yg harus saya pararel.mohon pencerahannya

      Hapus
  53. Salam Kenal. Saya J Karo S dari Medan.
    Karena di Medan sering mati lampu saya pakai Power Inverter merek TOP-UP 1000w merek Cina. Anehnya lampu hemat LED merek Philip dan Hannok jadi putus. Tetapi lampu hemat yang bukan LED tidak putus. Pertanyaannya :
    1. Kenapa lampu LED yg garansi nya 15 tahun tidak tahan?.
    2. Adakah alat untuk mengamankan supaya lampu LED yang lain tidak putus lagi?. Karena sudah terlanjur saya beli lampu LED. Teriakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam, pengalaman saya bahwa lampu LED tidak bisa bertahan seperti lampu lain, padahal promosinya bertahan sampai 2 atau 15 tahun. ternyata tidak sesuai kenyataannya. semoga produsen LED impor membaca keluhan ini. saran saya jangan beli lampu LED, tapi kalau harus beli lampu LED sekalian beli buatan Indonesia yang daya tahannya bisa diperkirakan dari pada lampu LED bermerek luar (bohong). terimakasih.

      Hapus
  54. Di lampu LED ada rangkaian power suply utk merubah teg AC 220 volt menjadi DC. Led putus berarti teg DCnya over/melebihi batas, bisa disebabkan input teg AC melebihi 220 volt, atau rangkaian power suply yg kurang sempurna (frekwensi AC PLN dan inverter berbeda)

    BalasHapus
  55. Aslkm,pak mw tanya pompa kolam renang 2 pk klo dihidupkan pake tegngan listrik 3 phase 16 kva kok cuma bunyi gak nyala tp klo pake genzet 200 kva hidup apa mslahnya

    BalasHapus
  56. mas klo makai antena Tv yg di luar/yg biasa make bambu itu ngaruh gak ya ke kekuatan listrik ???

    BalasHapus
  57. Mau tanya,listrik dirumah saya jeglek kalo mesin cuci dinyalakan.Daya dirumah saya1300watt,menurut teknisinya kalo dalam keadaan mencuci watt yg diperlukan 55 watt tapi tarikan awalnya bisa 2000 watt. Apa bisa pake auuto start/soft start? Klo bisa,tolong recomend untuk merk yg sesuai dan bagus agar mesin cuci saya tidak rusak

    BalasHapus
  58. pak saya mau tanya nih,,saya tinggal d kontrakan listrik pra bayar daya 450,,saya mau pasang ac yang 1/2pk inputnya 390watt kira@ kuat g y,,,dkntrakan saya cuma ada tv 60wtt,,lampu 2 dispenser 1,,,
    kalau g kuat cara ngakalinnya gimana y?

    BalasHapus
  59. pak saya mau tanya nih,,saya tinggal d kontrakan listrik pra bayar daya 450,,saya mau pasang ac yang 1/2pk inputnya 390watt kira@ kuat g y,,,dkntrakan saya cuma ada tv 60wtt,,lampu 2 dispenser 1,,,
    kalau g kuat cara ngakalinnya gimana y?

    BalasHapus
    Balasan
    1. mas wira mohon bantuannya karena saya juga mengalami hal yg serupa dengan mas ade...

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. Mas Ade Ruchiyat dan Reizan Kurnia, anda mengalami masalah yg serupa dengan saya beberapa saat yang lalu dan Alhmdllh sekarang telah teratasi, coba sedikit saya ceritakan kepada teman-teman sekalian..

      Saya tinggal dirumah kontrakan sebagai anak kost dua petak dengan listrik 450VA (Biasa dibilang 450Watt meski agak keliru),
      Iklim yg panas mbuat kepala mau pecah saat libur n istirahat melepas lelah selama seharian bekerja baik malam maupun siang hari.


      terlebih saya penikmat hidup dengan suka berdiam dirumah seharian dan malam dengan menikmati DVD terbaru.

      keadaan iklim yg panas mebuat saya membeli AC (merk.....) 320 Watt ditoko dekat Kantor.
      sebelumnya saya tanya ke penjual bahwa adakah AC yg mampu dipasang pada listrik 450VA??, dengan sigap dia menyarankan ini dan mengklaim bisa dipasang.
      hampir satu minggu barang ini belum juga diantar dan dipasang dengan alasan yg beraneka Ragam, sampai satu ketika saya di kabari untuk mengambil kembali duit ini.

      mengapa???,, dari Teknisi yg biasa pasang AC bersikeras tidak akan memasang!!!, sebab walaupun dayanya tertera 320Watt pada unit AC Lowatt, namun ttp tidak bisa dipasang meski yg menyala hanya AC saja saat itu. percuma dipasang capek2 kalau ternyata tidak bisa digunakan n nanti saya juga yg malu, ujarnya....


      oke, duit saya ambil tanpa bilang terimaksih karena benci telah menunggu selama sepekan..

      selang 2 hr, saya kembali membeli AC dilain tempat, dengan kriteria n kondisi listrik yg saya jelaskan mereka menyarankan (AC merk,,,,320Watt)

      320Watt juga namun beda merk.

      Bisa dipasang ujarnya...
      saya bayar minus 200rb n baru akan saya bayar setelah barang terpasang.
      setelah menunggu 2minggu barang ini tidak juga dipasang dengan berbagai macam alasan..

      dengan Modal 200rb saya pinta tikang AC pinggir jl untuk memasang, sialnya gk mau juga mereka.. malah sy dsuruh nambah daya dulu ke 900VA, nti setelah naik ksi j lagi,, palalu emod dlam hti.. rumah kontrakan ribed, kita mau yg punya kontrakan gk mw naikin meski byy saya yg nanggung.,,

      malas sudah,,
      akhirnya dengan bermodal sedikit usaha dan duit, saya beli alat pasang AC sendiri, setelah jadi ternyata memang tidak bisa!!!!..

      saat indoor hidup, 3 menit berikutnya Relay bekerja untuk memerintahkan unit Outdoor untuk menyala.. saat itu juga MCB 450VA, 2 Ampere dimeteran depan rumah Trip atau Jeglek.,.,

      Jengkel!!!!..

      Sedikit ide n Analisa, ternyata Terjadi Fenomena Inrush Current saat Outdoor Hidup.. Lonjakan ini berdaya berkali2 lipat dari yg semestinya, terbaca histori sesaat dengan Tang Ampere sekitar 3,6 A atau 792 Watt yg menyebabkan MCB Trip, setelah hidup baru daya turun ke 320Watt 1.45 Ampere...





      Intinya, Pantes para teknisi AC gk ad yg berani mengambil Resiko untuk pasang AC Lowatt meski 320 watt untuk rumah 450Watt, reputasinya bs trcoreng x...


      secara matematis bisa namun faktanya tidak bisa..

      dengan sedikit doa n usaha pantang meyerah akhirnya AC ini dapat hidup Normal sebagaimana mestinya. setelah AC hidup Kulkas Mini, Megicjar dan 3 lampu terpasang tanpa MCB Trip dari sore setelah pulang kerja sampai pagi saat bagun tidur tanpa tambah daya n tanpa colong2 listrik (meski hal itu menjadi salah satu ide gila saya.. hahah).

      intinya tidak bisa dipasang jika hanya ap adanya dipasang.

      n tetap bisa dipasang karena saya telah melakukannya, (mungkin pabrikanpun tau ini dan telah merancang namun sebagai market plan mereka kedepan n belum dirilis ke pasaran,, dengan market product perumahan sangat sederhana).



      Salam,

      Hapus
    4. Cara'e gmna mas kok bisa ac'ny nyala..
      Mohon jawabannya

      Hapus
    5. Padahal d kontrakan saya juga 450 watt. Tp saya pasang AC 330 Low Watt masih saja nggak kuat.. padahal smua sudah saya matikan. Mohon penjelasannya ya mas

      Hapus
  60. Mohon bantuannya... Sebulan kemarin punya oven dengan besar 4,5 Ampere. Saya matikan semua alat elektronik dan lampu tetapi setelah 2 menit listrik njeglek. Daya listrik rumah 900 V. Bgmn agar tdk njeglek lagi... Trima ksh

    BalasHapus
  61. Soft start berfungsi hanya pada sesaat peralatan elektronik akan dihidupkan. Kalau daya oven lebih besar dari 900VA sudah pasti MCB trip/njeglek. Daya oven = 220V x 4,5A = 990VA. Solusi harus tambah daya menjadi 1300VA

    BalasHapus
  62. numpang tanya pak,,tv fujitec ku mati total...tegangan 220 tidak sampai ke dioda ,,,apa penyebabnya trim

    BalasHapus
  63. Mohon bantuannya pak, saya anak kosan dengan daya 1300w, ingin membeli induction cooker (kompor listrik) dengan daya 120w-2100w. Dayanya bisa disesuaikan sesuai dengan kebutuhan (kalau hanya menghangatkan makanan bisa 120 an watt sedang kalau memasak makanan berat bisa 2000an watt). Tapi saya paling hanya akan menggunakan daya yang rendah saja. Pertanyaannya, bagaimana cara saya mengetahui tarikan listrik pertama kali dari barang elektronik seperti ini? Takutnya listrik tetap jeglek karena tarikan pertama kalinya besar (padahal saya hanya menggunakan untuk menghangatkan makanan misalnya). Makasi banyak pak.

    BalasHapus
  64. mas bono, saya mau tanya, berapakah harga resmi mcb dari PLN untuk 1300wat untuk rumah dua lantai? Tombol mcb jd ada dua, untuk lantai atas dan bawah. Terimakasih

    BalasHapus
  65. Mau tanya pak.. antara kabel netral dengan kabel grounding itu sebaiknya disatukan atau terpisah,
    Terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
  66. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  67. kenapa MCB ditempat sy tiba2 njeglek (listriknya Korslet) akibat dari lampu hemat energy pd suatu ruangan. kira2 komponen apa yg rusak daari lampu tsb.

    BalasHapus
  68. salam kenal,listrik saya 10A/2200 beban pemakaian,1 AC 1 pk,1 kulkas,1 dispenser,pompa air 250 watt,25 titik lampu,4 TV,saya pasang AC 1 pk lg lisrtik saya masih normal tapi setelah pompa air menyala listrik saya langsung trip apakah daya saya sudah tidak cukup.trims

    BalasHapus
  69. dear pak wira....Tombol on/off tv sy dol dan oleh tk service di bypass shg posisi power tv on terus (standby aktif). masalahnya bila kabel tv dicabut atau mati lampu pas nyalain lg MCB PLN jeglak/turun terus.kudu 3-4x baru bisa. apakah soft starter bisa jadi solusi pak krn spart on off tv sdh tdk ada yg jual.tq

    BalasHapus
  70. Pagi pak,saya mau tanya kenapa ya MCB dirumah saya tidak mau hidup?? Pertamanya sering jeglek, dinyalain 3-4 jam berikutnya jeglek,sekarang malah total ndak mau dihidupkan padahal semua lampu dan elektronik sudah saya matikan,bohlam juga sudah saya lepas,tp kenapa tetep ndak mau hidup ya..terimakasih

    BalasHapus
  71. Pak kasih solusi ya, malam hari, listrik 900watt tipe pulsa, semua lampu ato elektro semua off, pas nyalakan komputer saja kok bisa Trip ya.. Spek i7 4790, psu corsair 650watt, gpu msi gtx 760 hawk, rak dan sekalian hardisk pasti gk ngecek kan, monitor pake LED

    BalasHapus
  72. Pak sya juga mau tanya, saya baru beli mesin pemotong batu 1/2 hp. Awal2 pemakaian mesin brjalan lancar trus poli mesin ny saya ganti dg ukuran yg lbih besar n saat itulah listrik sya sering jeglek trutama mlam hari.. minta solusi ny pak bgaimana sbaik ny, kalau bisa mesin sya pke poli yg bsar n listrik gak jeglek lagi... drumah sya pake tv 2 bh, ps 1 bh, kulkas, rice cooker n listrik 900...
    Trims

    BalasHapus
  73. gan,daya 450 mau beli inverter las 900 w kuat gak

    BalasHapus
  74. Salam .. mas tolongin saya lagi bingung. AC 1PK tertulis Daya/Arus Masukan 1200watt/5.45 A .. saya browsing ke situs merknya dengan model yg saya ketikan tertulis spechnya lalu sya baca untuk suplainya rate input 925 watt ..mas berapakah daya ac saya sebenarnya ? Setelah 15 menit listrik trip... pemakain 6A .. 1 tv led tertulis daya 1.15 A, kulkas tertulis daya 0.75 A, Pompa air 150watt , lampu total 110 dan ac 1200watt/5.45 A ... terima kasih banyak mas .

    BalasHapus
  75. di rmh saya dayanya hanya 450 w. ketika cars laptop dicolokin mbc nya sering trip. tapi ketika di on lagi udah bisa. ketika tv 21 inc di on mbc nya trip lagi padahal tdk ada alat elektronik lain yg dipasang. saya lakukan sampai 4x baru itu tv nya bisa. tapi kemudian harinya siang hari saya menghidupkan tv mbc nya trip lagi. tapi kali ini sudah berkali2 dicoba tetap sama hasilnya. mohon solusinya.. thanks before

    BalasHapus
  76. saya mau tanya pak.Saya menggunakan listrik prabayar.Tiap kali ada pemadaman listrik kemudian setelah listrik hidup kembali maka MCB saya langsung trip/jatuh kecuali peralatan elektronik dilepas dulu baru MCB bisa di hidupkan.Kalau boleh saya minta no hp bapak.Sekian terimakasih.

    BalasHapus
  77. Saya mau tanya pak. daya listrik di rumah saya 1300, baru2 ini beli mesin cuci, di awal2 pemasangan saya pakai mesin cuci saat star pertama berjalan lancar listrik tdk jeglek walaupun dipakai malam hari. namun akhir2 ini setiap start awal mesin cuci, MCB PLN jeglek padahal dipakai pagi hari, alat elektronik tdk ada yg nyala kecuali kulkas. apakah ada masalah dgn mesin cuci atau MCB PLN nya. MCB umurnya 8 th. apa yang harus saya lakukan? terima kasih atas tanggapannya.

    BalasHapus
  78. saya tambahkan, Setelah saya on kan kembali MCBnya, saya start ulang masin cuci, bisa beoperasi normal. apa kira2 yg penyebabnya ya. tks

    BalasHapus
  79. kalau beban nya pemanas air/ dryer bisa kah alat berfungsi dgn tambahan tersbt

    BalasHapus
  80. Maav saya mau tanya bagaimana mengatasi monitor komputer selalu nyala mati saat nyala bersamaan dengan mesin jahit?

    BalasHapus
  81. terimakasih atas infonya , salam kenal juga kunjungi balik website kami ke http://www.rajalistrik.com/
    terdapat peralatan - peralatan yang berkaitan dengan listrik.

    BalasHapus
  82. salam,selamat siang pak,akhir2 ini dlm beberapa minggu d rmh sy Mcb nya sering trip/jeglek apabila Ac 1pk d hidupkan,padahal sy hidupkan cma malam hari muali jam 10 malam dngan kondisi semua padam termasuk kulkas pun sy cabut,tp tetap aja jeglek,pdahal sebelumnya tdk sperti,pertanyaan sy apakah kondisi ac sy yg rusak atau arus listrik d rmh sy yg tdk kuat?dn apakah hrus tmbh daya,pdahal bulan2 sblm nya bisa,dan klo pun sy pasang alat,apa nama nya pak,dn cara pemasangan nya sperti apa,terima kasih atas jwb nya.

    BalasHapus
  83. selamat siang pak,sy pnya Ac d rmh 1 pk dngan 900 watt d rmh,akhir2 ini sering trip/jeglek padahal sy cuma hidupkan malam hr sekitar jam 10,dengan kondisi semua elektronik d rmh smua padam dan kulkas pun jg sdh d cabut,padahal sblm2 nya bisa.
    pertanyaan sy,apakah Mcb sy rusak atau apakh sy hrus tmbh daya,atau klo mmg ada alat nya,apakah nama nya dan cara pemasangan nya sprti apa pak,maaf sy sngat awam mngenai listrik,sblm nya sy ucapkn terima kasih

    BalasHapus
  84. pake NTC (negatip temperatur control) aj para master untuk TV, biasanya dah rusak sehingga mudah turun MCB nya. dijamin gak akan turun listriknya, komponen semacam resistor apabila dingin akan ada hambatan, jika sudah tv nyala hambatanya akan 0 ohm

    BalasHapus
  85. Asslm.
    Selamat pagi pak.
    sya mau tax. bru2 ini d rmah sya di pasang Listrik Pintar yg 450W. tpi setelah digunakan untuk memutar TV, MCB dri PLN langsung off. mohon solusinya pak. Trims....

    BalasHapus
  86. Selamat Siang Pak,
    Saya mau tanya nih... dirumah saya menggunakan listrik khusus untuk AC dengan daya 1300 Watt. sementara untuk Ac itu sendiri pemakaian daya 920 Watt... akan tetapi MCB dari PLN sering off, mohon solusinya Pak.

    BalasHapus
  87. terimakasih banyak gan infonya

    salam Rajalistrik.com

    BalasHapus
  88. Malam bang. Listrik sya daya 900, pemakaian Sudan 8 tahunan, elektronik Yang sya gunakan, ac 2 uk. Setengah PK, dispenser, mejig, tv Dan kulkas. Semua sya nyalakan listrik ngga jeglek, tetapi bru satu minggu Yang lalu mcb sya diganti orang pln dengan daya Yang sama, setelah diganti ac sya hanya bisa nyala 1buah' dispenser Dan mejig ngga dicoloki listriknya, hanya kukas Yang colokin, setiap saya nyalain ac Yang 1 lagi berjelang 1 menit listriknya past I jeglek. trus sya coba cabut colokan kulkas, tapi tetap jegleg bang, mohon sarannya bang biar ac sya bisa digunakan keduanya. Terimaksih

    BalasHapus
  89. oke terma ksh besok coba

    BalasHapus
  90. oke besok saya coba saran2nya teima ksh selamat malam

    BalasHapus
  91. mau tanya daya listrik saya 900watt mau beli dinamo yang 1/2 pk apa ngak njeglek

    BalasHapus
  92. Saya beli cut off 2000 watt, listrik saya 2200 watt dan tidak kuat (jeglek). Ukuran tahanan berapa yg cocok agar gak jeglek lagi.

    BalasHapus
  93. Gan saya pumya kompresor 750 watt trus gimana caranya agar di pakai di listrik rumahan yg hanya mempunyai daya 450VA supaya tidak ngeglak

    BalasHapus
  94. mau nanya pak, daya daya listrik saya cuma 450 watt, lampu TL ada 3,masing2 40 watt,jadi 120 watt buat lampu,dan saya ada ac 690 watt.. solusinya gmna biar tidak jeglek

    BalasHapus
  95. 1 ampere pada mcb cukup tidak untuk menyalakan 2 komputer saja ?

    BalasHapus
  96. Pa rumah saya teganganya 450 va . saya pake kulkas .tv led, tv tabung, magicom ,sama strika ....alat elektronik mana yang harus di pasang resistor/star slow

    BalasHapus
  97. Dirumahku listriknya hanya 450 wat dan punya oven yg 1000wat bagaimana caranya.agar tidak jeglek mhn infonya terimakasih

    BalasHapus
  98. ass.saya ingin membeli MCB karna kipas angin saya pas jam 18.00 putaran kipas menjadi pelan tapi kalo di pagi hari putaran kipas menjadi kenceng..
    dirumah saya ada TV21inch-kipas angin miyako-exsos kecil merk maspion-majig jar-dispenser-lampu hanya satu-spikeraktip-dan lampu led 12v aquarium-pompaaquarium?...
    jadi MCB yang saya beli berapa amper?...
    saya mohon dengan sangat beri jawaban nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. setiap perabot listrik ada lebel keterangan Daya .anda catat semua dan di jumlah
      sehingga daya total dibagi tegangan 220v = ..
      ..Ampere itulah Ampere mcb nya

      Hapus
  99. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  100. Kalau listrik dengan daya 450va di pakai kulkas, tv, ricecooker tadinya nyala kok tiba riba mati sendiri igu gimana cara mengatasinya.???

    BalasHapus
  101. Aww untuk 2200 watt, ukuran kapasitas bpr yg cocok sebagai softstar ?

    BalasHapus
  102. Salam kenal pak ,saya baru beli kulkas tapi voltase di rumah saya cuma 210 v padahal kulkas tu harus membutuhkan 220 v ,saya sudah pakai stavol tapi belum bisa mencapai 220 v ,di rumah saya mempunyai 900 watt ,tolong dong pak solusinya bagaimana menambah voltasenya agar bisa mencapai 220 v atau lebih biar kulkas saya hidup normal tanpa kurang voltasenya trims.

    BalasHapus
  103. Terimakasih infonya yg ads di blog ini pak, Daya mo bertannya listrik fi rumah saya mcb di meteran non digital 2amper (450watt) sekring yg kotak hitam itu saya ganti pake mcb 2amper merek broco, tapi kalo konslet kok yg njeglek mcb di meteran bukan yg saya ganti lg ya mohon infonya.

    BalasHapus
  104. Mohon Bantuannya karena saya tidak begitu paham dengan Listrik. Di rumah saya daya listrik 1300Watt, saya memakai TV,Dispenser,Kipas Angin,Kulkas dan beberapa Lampu, Tetapi pada saat saya menghidupkan MESIN CUCI (ditambahkan Stabilizer Listrik),listrik dirumah saya langsung Jeglek/Turun.

    Tetapi ditempat orang tua saya yg daya listriknya hanya 900Watt, pemakaian sama bahkan lebih banyak dari saya, tetapi pada saat menghidupkan mesin cuci (ditambahkan stabilizer listrik) tidak pernah Turun.

    Mohon bantuannya dan sarannya. Saya harus bagaimana mengatasi masalah ini supaya listrik dirumah saya tidak Jeglek/Turun lagi.

    Mohon info ke email saya :
    rahcman23@gmail.com

    BalasHapus
  105. tanya mas
    apa bedanya soft start dan slow start

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama aja, soft starter, slow starter, power starting, inverator, kalo penjual toko taunya power starting.

      Hapus
  106. salm kenl sy mau tanya pln di rumah saya 450.W. dirumah saya ad kulkas tv, dan respoker kenapa setiap kulkas naik MCB PLN selalu turun dan kalu malm selalu turun walau padhal semua udh di cabut /cuma kulkas aj yg masih nyala......
    mahon batuannya/
    makasih sebelumnya

    BalasHapus
  107. Salam kenal maaf saya mau tanya listrik rumahku dayanya 450 watt elektronik di rumahku tv,kulkas,mesin cuci,sanyo,kipas,pemanak nasi dan lampu rumah kenapa setiap ingin mnyalakan pemanak nasi kok ngejepret yaa .. padahl tv gk nyala kondisi stnd by yg nyala hanya kulkas itupun pke stabilizer yg 1000N kok masih ke jempret yaa listriknya .. sampai tv pun di cabut tetap saja ngejepret sampai 5 kali.. saya bingung apanya yaa ...apa perlu di pasang juga pemanak nasi juga di pasang stabilizer supaya tidak ngejepret lg.. saya mnta solusinya mas makasih ..

    BalasHapus
  108. Saya mau tanya, listrik dirumah saya 1300va(6A),tp di tempat saya sering listrik mati, pada saat listrik hidup mcb langsung gnjelek padahal pemakaian saya cek cuma sekitar 500w,(saya menggunakan stavol 3000va)sebelum masuk jaringan rumah, kira2 dimana masalahnya mas..

    BalasHapus
  109. Klo untuk pompa air resistor ny berapa ohm berapa war mas

    BalasHapus
  110. RAHMAD
    Sebenarnya, kata yang palung umum digunakan utk Menyebut MCB Trip, apakah MCB Turun,MCB Jepret, MCB Jeglek, atau apa, ya?

    Apakah gk beresiko TV cepat rusak?

    Thanks

    BalasHapus
  111. Bukan sulap bukan sihir, daya 450w yg dulunya sering jeglek , skrng tdk lagiii ... kulkas, mesin cuci 2 tabung, tv, lampu2 rice cooker, kipas 3, pompa air, dinyalain berbarengan tdk jeglek, asli 100% sy tdk tau gimana caranya, hanya bayar 500rb ke tukang PLN , smua masalah teratasi, daya tetap 450 tp penggunaan tak kalah dg 1300, coba konsultasi sm tukang PLN rata2 tau ...

    BalasHapus
  112. Maf bg mau tanya klw listrik 1300 wat untuk AC 1 PK sma kulkas ko masih sering ceglek ya

    BalasHapus
  113. pemasangan resistor 5 -10 ohm cukup aman apalagi di cor dengan semen hanya terasa hangat dan tidak akan merusak peralatan elektronik. tapi jika sudah melebihi 10 ohm, misal 12,15 atau 20 ohm, alat akan panas dan bisa merusak alat itu sendiri atau alat elektronik, karena supplai tegangan jadi berkurang.

    BalasHapus
  114. Mas mau tanya saya bikin bengkel las terus saya punya mesin kating 2000 watt sedangkan daya pln 2200 watt kira kira pakai resistor ukuran berapa biar ga jatoh meterannyaa

    BalasHapus
  115. sy mau tanya,rmh sy 450watt Tp setiap nyalakan tv pasti njeglek ga pagi ga mlm. Tp saat mlm pdhl cm kulkas. Pompa air dan lampu2 tetep njeglek stelah 15-30 mnt pdhal elektronik yg lain ga ada yg nyala. Mohon solusinya terima kasih

    BalasHapus
  116. Mau nanya Pak. Jadi klo listriknya 900 w harus sekringnya yang 4A yah. Sekering di rumah saya sekring batu. Masalahnya di sekitar t4 tinggal saya gak ada yg jual sekring 4A. Apa saran Bapak. Maksih

    BalasHapus
  117. Pa kilometer saya pasang baru 1300 untuk menunjang pemasangan frezer 220 watt knapa ga kuat padahal d coba ke kilometer tetangga yg dayanya sama kuat apa ada modifikasi waktu pemasangan kilometer tersebut makasih

    BalasHapus
  118. Bos mau tnya listrik drmh kan 2200 di pkek buat mesin potong besi merk magtek 2000watt ketika dinyalakan mcb lngsung trip... dulu udah prnh q beliin soft start shrga 70rb dan itu tidak bisa di pakai dengan lama cuma berthan 1mnggu... tolong saranya ya gan trimakasih

    BalasHapus
  119. Bos mau tnya listrik drmh kan 2200 di pkek buat mesin potong besi merk magtek 2000watt ketika dinyalakan mcb lngsung trip... dulu udah prnh q beliin soft start shrga 70rb dan itu tidak bisa di pakai dengan lama cuma berthan 1mnggu... tolong saranya ya gan trimakasih

    BalasHapus
  120. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  121. assalamu'alaikum bos....saya mau tanya ini gimana y saya punya jet pump berdaya listrik 550 watt tapi listrik saya berdaya 450.saya udah tau itu mustahil bisa yala jet pump y.tapi saya terlanjur udah beli ini solusinya giman y biar jet pumpnya bisa nyala di tegangan 450 watt.makasih sebelumnya

    BalasHapus
  122. Mau nanya gan... Fungsi baut L pada mcb apa ya...??

    BalasHapus
  123. Tnya gan jika daya rumh 900 watt dipakai mesin las biar tidak jeglek ..gmna...padahal smua posisi off...hnya saya buat mesin las aja...namun tetap jeglek...

    BalasHapus
  124. mo tanya pa...saya barusa. pakai reistor kapur 2 buah ukuran 20watt 20ohm untuk jet pump 250watt kebetulan pakt listrik cuma 450wtt
    ..kenapa ristor selalu kebakar mhn solusinya trimaksih pa

    BalasHapus
  125. Mau tanya pak ini listrik saya 450watt trus saya beli stabilizer 500watt(5amper)untuk kulkas krna listrik saya drop cm 175va tp saya pasang stabilizer ke kulkas kok mcb nya jeglek ya minta solusinya pak trimakasih

    BalasHapus
  126. Bos mau tanya listri lampu untuk jalan rt saya sering trip padaeaktu awal dinyalakan nyalanya langsung jadi sati untuk kwh meter mcb 4 amp lampu mya 15 pcs × 30 watt kalau di kasi resisto soft startet berapa omh fan watt

    BalasHapus

Berikan komentar Anda