26 September 2009

Putar DVD tanpa kaset (virtual)

Saat ini film-film dalam format DVD seakan-akan sudah wajib hukumnya. Karenanya, PC harus ada DVD playernya. Kalo tidak tentu tak akan dapat menikmati film-film barat, maupun indo yang umumnya sudah dalam format DVD.

Tapi, jika DVD player sering dipakai untuk memutar kaset DVD, jangan harap akan memiliki umur lama. Hal ini karena optiknya untuk baca DVD sudah lemah. Sehingga sudah tidak mampu membaca kaset dalam format DVD, tetapi VCD/CD masih bisa. Untuk itu, ada trik gimana memutar kaset DVD tanpa membuat optik DVD bekerja sehingga umur DVD player pun akan lama.

Prinsipnya, mengubah isi kaset DVD menjadi file ISO. Kemudian menggunakan tool/software yang mampu membuat file ISO tadi seolah-olah terbaca seperti halnya kaset DVD (virtual DVD player). Lebih jelasnya, sebagai berikut:

Pertama, Install dulu software yang diperlukan, yaitu burnatonce dan daemon. Burnatonce adalah software untuk mengubah file-file DVD menjadi ISO. Bisa juga memakai UltraIso atau DVD Decrypter. Sedang daemon adalah software untuk membuat virtual DVD player.

Download daemon tool klik disini
Download burnatonce klik disini

Kedua, setelah langkah pertama sukses, dengan menggunakan burnatonce/DVD Decrypter ubah file DVD menjadi file ISO. Beri nama file ISOnya.

Ketiga, bila daemon sudah terinstal, maka akan ada icon di pojok bawah kanan. Klik kanan, pilih mount image, lalu browser ke arah file ISO tersimpan.

Keempat, jalankan PowerDVD. Pilih media ke virtual DVD yang telah kita buat.

Terakhir, selamat enjoy menikmati film kesayangan, tanpa takut optik DVD lemah.

Semoga bermanfaat.

1 komentar:

  1. trim's infonya mas... dicoba nich...langsung ke TKP.

    BalasHapus

Berikan komentar Anda